Erasmus Mundus, Membawa Kamu Kuliah di Dua Negara Sekaligus!

Selain LPDP, beasiswa yang satu ini bisa mewujudkan mimpi kamu lho untuk kuliah di Uni Eropa! Adalah Erasmus Mundus atau biasa disingkat EM, program beasiswa penuh yang diberikan oleh pemerintah Uni Eropa kepada seluruh mahasiswa internasional yang ingin melanjutkan pendidikan ke tingkat master atau doktoral. Kamu sebagai penerima beasiswa nantinya akan disebut sebagai EM Awardeeyang langsung didanai oleh European Commision. Bagaimana, tertarik?

Sumber: Kovloq

Tapi sebelum buru-buru mendaftar, mari kita bahas fakta seputar beasiswa bergengsi yang satu ini!

3. Erasmus Mundus memungkinkan kamu untuk kuliah di dua negara atau lebih di Uni Eropa. Wow!

Sumber: Kompasiana.com

Sebagai beasiswa yang ditawarkan oleh dua atau lebih konsorium instirusi pendidikan di Uni Eropa, sangat mungkin banget kamu mendalami satu jurusan di universitas atau bahkan negara yang berbeda. Sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui! Sebagai program beasiswa yang bertujuan untuk menciptakan kerja sama antara institusi Eropa dan Non Eropa, EM khusus ditawarkan kepada seluruh mahasiswa di luar negara Uni Eropa.

2. Erasmus Mundus termasuk ke dalam golongan program beasiswa penuh, lho.

Sumber: Womantalk.com

Seluruh biaya pendidikan seperti tiket pesawat dari home country ke host country (PP), health insurance, uang bulanan, airport TAX, hingga biaya pembuatan VISA akan ditanggung oleh European Commision. Beasiswa EM terbagi menjadi dua, EM Action 1 dan EM Action 2. EM Action 1 merupakan program object pendidikan langsung menjurus ke jenis program studinya, kamu dapat memilih dari 116 program yang ditawarkan, sedangkan EM Action 2  merupakan program kerjasama antar institusi pendidikan Uni Eropa dan negara di luar Uni Eropa.

1. Persaingan untuk mendapatkan beasiswa EM lebih ketat karena saingan kamu adalah pelajar di seluruh dunia.

Sumber: Viva

Hal mutlak pertama yang harus kamu lalui sebelum mendaftar EM adalah sudah menyelesaikan studi S1 dan belum pernah melakukan kegiatan belajar atau bekerja di negara Uni Eropa selama lebih dari 12 bulan dalam 5 tahun terakhir. Selebihnya kamu cukup membuat akun online, mengisis lengkap formulir online, dan melampirkan semua dokumen yang diminta. Trik khususnya, kamu harus mempersiapkan dokumen dengan teliti dan seakurat mungkin. Transkrip nilai, CV dalam format Eropa (Europass CV), language certificate, letter of motivation, surat rekomendasi,  serta dokumen pendukung (seminar, kursus, prestasi, dll).

Jika kamu saat ini masih dalam tahap menyelesaikan S1, jangan lupa mempersiapkan diri sebaik mungkin. Perhatikan IPK setiap semesternya, menggali potensi di luar akademik, dan tentu saja mengasah kemampuan bahasa asing. Pastikan untuk terus memantau informasi di website resminya ya! Sekali lagi, selamat berjuang, semoga kamu berksempatan kuliah di universitas terbaik dunia!