fbpx

Ekstensi D3 ke S1 di Jerman untuk Jurusan Teknik, Begini Caranya!

D3 ke S1 di luar negeri merupakan kesempatan luar biasa dan jarang ditemukan. Beberapa negara cocok untuk menjalani perkuliahan jenjang ekstensi dengan syarat tertentu. Ada pula beasiswa khusus ekstensi, akan tetapi masih jarang ditemukan.

Kali ini, Jerman menjadi pilihan bagi lulusan diploma jurusan teknik untuk melanjutkan jenjang pendidikan S1 di luar negeri. Berikut cara dan dokumen yang diperlukan untuk dapat melakukan ekstensi di Jerman:

Dokumen Utama yang Dibutuhkan untuk Ekstensi D3 ke S1 di Jerman

Sumber: Pexels

1. Ijazah diploma

2. Transkrip nilai yang telah dilegalisir

3. Minimal 10 sertifikat yang berkaitan dengan pekerjaan jurusan teknik.

4. Usahakan jurusan saat diploma harus sejalan dengan jurusan yang akan diambil untuk jenjang S1. Perlu diingat juga bahwa tidak semua universitas di Jerman bisa menyetarakan ijazah D3. Antisipasi terburuknya ialah ijazah D3 cukup dianggap setingkat SMA, maka dari itu kamu harus jeli dalam memperhatikan karakteristik universitas tujuan.

Jika ijazah diploma kamu disetarakan setingkat SMA, maka kamu harus mengikuti studkol terlebih dahulu layaknya S1 pada umumnya di Jerman.

Cara Pendaftaran Ekstensi D3 ke S1 di Jerman

Sumber: https://www.studying-in-germany.org/

Untuk beberapa universitas, ada yang bisa mendaftar langsung, ada pula yang harus melalui Uni Assist, yakni sebuah portal untuk membantu kamu dalam mendaftar kampus di Jerman. Jika kamu ingin mendaftar langsung, maka kamu dapat melihat list kampus Jerman di situs resmi DAAD

Situs resmi DAAD: www.daad.de (dapat ditranslasi ke Bahasa Inggris)

Pendaftaran via Uni Assist

Sumber: Pexels

Gali Terlebih Dahulu Informasi Tentang Universitas yang Menerima Ekstensi D3 ke S1

Jika Anda ingin belajar di Jerman dan tertarik pada program Sarjana atau Master, maka lembaga seperti Uni Assist dapat membantu kamu dalam memutuskan kampus tujuan. Pengunjung situs ini dapat mengetahui tentang persyaratan pendaftaran secara lengkap di sini. Kemudian, kamu juga dapat bertanya mengenai kriteria aplikasi untuk program studi yang Anda pilih.

1. Buat Study Plan Ekstensi D3 ke S1

Uni-assist akan membantu kamu dalam menyusun rencana belajar di Jerman. Nantinya kamu akan diberikan tenggat waktu dalam penyerahan dokumen. Hendaknya kamu tinjau terlebih dahulu dokumen penting yang akan kamu lampirkan.

2. Menyusun Dokumen Penting

Lampirkan dokumen dan sertifikasi salinan, bukan dokumen asli. Periksa dokumen apakah memerlukan translasi atau tidak. Jika perlu, maka Uni Assit dapat membantumu dengan disediakan penerjemah tersertifikasi.

3. Unggah Dokumen

Unggah dokumen secara daring dengan memastikan bahwa semuanya sudah memenuhi persyaratan universitas tujuan.

4. Pembayaran

Sehubungan beasiswa ekstensi D3 ke S1 di Jerman masih sangat sulit ditemukan, lalu adanya beberapa kebijakan kampus yang menyetarakan ijazah D3 setingkat SMA, maka bantuan Uni Assist ini berbayar. Biaya untuk pendampingan program studi yang diinginkan pertama sebanyak 75,00 EUR (Rp 1,194,838) dan setiap program studi tambahan yang diinginkan memerlukan biaya sebanyak 30,00 EUR (Rp 477,935).

Itulah beberapa cara untuk mendaftar ekstensi D3 ke S1 di Jerman. Bagi para pejuang ekstensi memang harus berusaha extra untuk bisa kuliah di luar negeri. Selama kamu berusaha untuk pendidikanmu, maka selalu ada jalan. Semangat, ya!

Ada video menarik yang dapat kamu tonton untuk mengulik informasi lainnya mengenai ekstensi D3 ke S1 di Jerman untuk jurusan Teknik.

For Your Information

Apakah bisa ekstensi D3 ke S1 di Jerman?

Bisa, tetapi tidak umum. Perlu diingat bahwa tidak semua universitas di Jerman bisa menyetarakan ijazah D3. Antisipasi terburuknya ialah ijazah D3 cukup dianggap setingkat SMA.

Bagaimana penyetaraan ijazah D3 di Jerman?

Jika ijazah diploma (D3) kamu disetarakan setingkat SMA, maka kamu harus mengikuti studkol terlebih dahulu layaknya S1 pada umumnya di Jerman.

Jurusan apa yang dapat melakukan ekstensi D3 ke S1 di Jerman?

Jurusan engineering atau teknik memiliki kesempatan lebih besar untuk ekstensi D3 ke S1 di Jerman.

Ingin mengetahui cerita lain di Berlin?