fbpx

Dear Class of 2020! Jangan Menyerah dan Tetaplah Berusaha

Dear Class of 2020! Tahun ini memang tidaklah mudah bagi kalian. Tak ada upacara wisuda di kampus, menerima ijazah sembari mengenakan toga, ataupun perayaan kelulusan lainnya. Pandemi COVID-19 memang membuat seluruh kegiatan perkuliahan dialihkan dalam bentuk daring.

Melalui YouTube Graduation bertajuk Dear Class of 2020, perayaan wisuda daring terbesar hadir pada 7 Juni 2020. Berbagai tokoh dunia, selebriti, dan para influencer ambil bagian dalam acara ini.

Berikut sejumlah highlight dari Dear Class of 2020.

Beyonce

Beyonce hadir sebagai salah satu pemberi sambutan dalam perayaan ini. Ia membagikan kisahnya dalam membangun perusahaanya sendiri. Bagi Beyonce, memang tidak mudah baginya kala itu. Apalagi dengan fakta bahwa dirinya termasuk golongan minoritas.

“Not enough black women had a seat at the table, so I had to go and chop down that wood and build my own table “

— Beyonce Commencement Speech

Malala Yousafzai

Sebagai salah satu lulusan tahun 2020, Malala juga tak berkesempatan untuk mengikuti upacara wisuda. Malala sendiri menempuh jurusan Philosophy, Politics, and Economics (PPE) di University of Oxford sejak tahun 2017.

Malala menyatakan bahwa COVID-19 memang memaksa kita untuk tetap berada di rumah. Hal ini memang bersifat sementara. Akan tetapi, banyak anak perempuan dari negara berkembang yang kemungkinan tidak akan bisa kembali bersekolah. Maka dari itu Malala mengajak bahwa inilah saatnya bagi lulusan 2020 untuk ikut mengubah dunia

So, I ask you to remember them today as you go out and change the world. Don’t leave them behind. The class of 2020 won’t be defined by what we lost to this virus but by how we responded to it. The world is yours now and I can’t wait to see what you make of it.

– Malala Yousafzai Commencement Speech
Sumber: nypost.com

BTS

Sebagai boy band terbesar di dunia, BTS juga mengambil bagian dalam perayaan kali ini. Masing-masing anggota memberikan sambutan dalam pidato mereka. Beberapa di antara mereka berbagi kisah kelulusan mereka, dan sebagian lagi mengungkapkan perasaan mereka selama menghadapi pandemi kali ini.

“This might not be the grand finale that you had imagined, and a fresh start might seem far away. But I wish to tell you: Please don’t be afraid, don’t worry yourself. The end and beginning, beginning and end are connected.”

– Suga BTS, Commencement Speech

Selain itu, BTS juga mendorong angkatan 2020 untuk selalu percaya pada diri mereka sendiri. Bagaimanapun, merekalah yang memimpin diri mereka sendiri.

“There will be times in your life when you question your own decisions, whether it be about your major or your profession, whether you have made the right choice, whether you are doing well or walking the path of failure. And when you do, remember: You are the leader of your own life, and chant it over and over again. ‘I can do it. You got it. I can do it well. I can do it better than anybody.’ Like this.”

– J-Hope BTS, Commencement Speech
Sumber: YouTube/BANGTANTV

Barack Obama

Salah satu segmen yang paling ditunggu adalah saat Presiden Barack Obama menyampaikan pidatonya. Tentu pandemi COVID-19 bukanlah suatu hal yang dapat diprediksi. Akan tetapi, Obama menyatakan selamat pada angkatan 2020 yang telah berupaya sedemikian rupa menjalani kelas daring dan lainnya.

Salah satu poin penting yang disampaikan oleh Obama adalah, pandemi dan juga protes yang terjadi merupakan wake up call bahwa masih banyak kekurangan dalam sistem yang ada. Maka dari itu, Obama mengajak angkatan 2020 untuk melihat lebih jauh apa yang bisa mereka lakukan.

“So as scary and uncertain as these times may be, they are also a wake-up call, and they are an incredible opportunity for your generation. Because you don’t have to accept what was considered normal before. You don’t have to accept the world as it is. You can make it into the world as it should be and could be.”

– Barack Obama, Commencement Speech
Sumber: YouTube/Obama Foundation

Bagi kamu yang ingin menonton acara ini secara lengkap, kamu bisa langsung menontonnya di sini.

Sumber: YouTube Originals

Well, congratulations Class of 2020! Meskipun tidak mudah, semoga kalian tidak patah semangat dan selalu berusaha. Yakinlah bahwa hari esok akan jadi lebih baik dari hari ini kalau kalian tidak menyerah.

For Your Information

Apa itu Dear Class of 2020?

Dear Class of 2020 merupakan perayaan kelulusan virtual yang diramaikan oleh sejumlah tokoh, selebriti dan para creator. Acara ini merupakan salah satu proyek dari YouTube Originals.

Apa saja yang disampaikan dalam Dear Class of 2020?

Sejumlah highlight dari acara tersebut dapat kamu baca dalam artikel ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Atlanta?