fbpx

Dari NTU Hingga SKY, Berikut Jurusan Komunikasi Terbaik di Asia

Ilmu komunikasi menjadi ilmu sosial yang memiliki banyak peminat. Apalagi dengan semakin pentingnya literasi informasi, maka para lulusan komunikasi banyak dibutuhkan. Maka, berikut akan kami bahas jurusan-jurusan komunikasi terbaik yang ada di Asia.

Nanyang Technological University (NTU), Singapura

Sumber: linkedin.com

Menduduki peringkat ke-7 dalam QS World University Ranking by Subject 2020, maka NTU menduduki posisi pertama untuk jurusan komunikasi terbaik di Asia. Wee Kim Wee School of Communication and Information menawarkan berbagai program, mulai dari program sarjana hingga pasca sarjana.

Program yang ditawarkan pun beragam, tidak hanya komunikasi, tapi juga ada gabungan antara komunikasi dengan bisnis, ekonomi, maupun psikologi.

Chinese University of Hong Kong, Hong Kong

Sumber: bschool.cuhk.edu.hk

School of Journalism and Communication berhasil menduduki posisi ke-15 di QS World University Rankings by Subject 2020. Telah berdiri sejak tahun 1965, sekolah komunikasi ini telah berkembang sedemikian rupa. Awalnya, hanya ada dua profesor dan enam mahasiswa saja yang ada di sekolah ini. Sedangkan, sekarang telah ada lebih dari 30 pengajar tetap dan juga lebih dari 800 mahasiswa.

Fudan University, China

Sumber: smapse.com

Fudan University merupakan salah satu universitas terbaik di China. Tentu saja universitas yang satu ini juga menawarkan sekolah komunikasi terbaik di Asia. Telah berdiri sejak tahun 1929, terdapat empat departemen yang tersedia di Fudan, yakni:

  1. Jurnalistik
  2. Penyiaran
  3. Periklanan
  4. Komunikasi

SKY University, Korea Selatan

Seoul National University. Sumber: usnews.com

Ketiga universitas paling top di Korea ini ternyata sama-sama menawarkan sekolah komunikasi terbaik di Asia. Posisi pertama dipegang oleh Seoul National University.

Departemen komunikasi SNU berhasil menduduki peringkat ke-43 dalam pemeringkatan QS. Memiliki fokus pada pemahaman teoretis dan praktis akan komunikasi dan media, departemen komunikasi SNU bertujuan mendidik mahasiswanya menjadi ahli di berbagai bidang komunikasi.

Posisi selanjutnya dipegang oleh Korea University dan Yonsei University. Keduanya berada posisi 51-100 dalam pemeringkatan QS.

Dengan demikian, ada banyak sekali universitas pilihan di Asia apabila kamu ingin melanjutkan studi komunikasi. Selain universitas di atas, kamu juga bisa memilih University of Tokyo (Jepang), National Taiwan University (Taiwan), dan juga Universiti Malaya (Malaysia).

Apakah kamu tertarik Kawan Rantau untuk kuliah di jurusan komunikasi terbaik di Asia ini?

Baca juga keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari kuliah jurnalistik.

For Your Information

Mengapa saya harus kuliah komunikasi?

Jurusan komunikasi telah menjadi jurusan yang penting di tengah literasi digital.

Di mana jurusan komunikasi terbaik di Asia berada?

Baca artikel ini untuk tahu jawabanya.

Ingin mengetahui cerita lain di Beijing?