fbpx

Dari Mana Saja Pelajar Internasional yang Boleh Kembali ke Australia?

Apakah pelajar internasional dapat kembali ke Australia? Beberapa minggu sebelumnya, Pemerintah Australia menyatakan bahwa para pelajar internasional akan diizinkan masuk kembali. Akan tetapi, untuk sekarang ini, Pemerintah Australia Selatan tidak dapat mengonfirmasi apakah pelajar yang berasal dari negara dengan risiko tinggi COVID-19 dapat masuk kembali.

Belum ada keputusan

Steven Marshall. Sumber: glamadelaide.com.au

Secara khusus, Gubernur Australia Selatan, Steven Marshall menyatakan belum ada keputusan lebih lanjut pelajar asal negara mana saja yang akan diizinkan masuk.

Meskipun demikian, Marshall memastikan bahwa pihak pemerintah sedang menyelesaikan rencana penyambutan pelajar internasional kembali ke Australia. Untuk sekarang ini, pihak Pemerintah Australia terus mengawasi penyebaran COVID-19 yang ada di negara-negara asal para pelajar internasional.

Sebelum menyelesaikan daftar negara mana saja yang masuk lampu hijau, pemerintah Australia juga harus segera memutuskan kapan para pelajar ini bisa kembali.

Menteri Perdagangan, Simon Birmingham sebelumnya telah memastikan bahwa seluruh mekanisme kembalinya pelajar internasional akan sesuai dengan persyaratan keamanan yang ada. 

Ia pun menambahkan, “Kami telah dengan secara sukses membuktikan, khususnya negara bagian seperti Australia Selatan, bahwa mereka (pelajar internasional) dapat kembali ke Australia dari seluruh penjuru dunia dan secara aman mengarantina mereka.

Pelajar internasional dapat kembali meskipun aturan perbatasan diperketat

Sumber: australia.com

Kota Adelaide di Australia Selatan akan mulai menjalani program percontohan untuk menghidupkan kembali sektor pendidikan tinggi internasional. Untuk saat ini, semua orang yang tidak bekerja di sektor esensial, tidak diizinkan memasuki Australia dari Victoria sejak 21 Agustus 2020.

Perbatasan antar negara bagian di Australia sekarang ini masih ditutup karena meningkatnya jumlah kasus COVID-19. Kebijakan tersebut juga berlaku di Queensland dan sejumlah wilayah negara bagian lainnya di Australia.

Sebelumnya telah dilaporkan bahwa para pelajar internasional yang akan kembali ke Australia diperkirakan berasal dari Asia Tenggara dan Timur, khususnya Singapura, Jepang, Hong Kong, dan China. Sayangnya, untuk Indonesia sendiri, statusnya masih belum ada kejelasan sejauh ini. 

Nah, para pelajar tersebut apabila telah sampai di Adelaide harus menjalani masa karantina selama dua minggu sebelum kembali ke kampus. Seluruh biaya karantina secara penuh akan ditanggung oleh pihak universitas.

Antara Maret hingga Juni 2020, hanya ada 130 pelajar internasional yang tiba di Australia. Sedangkan, jumlah pelajar yang meninggalkan Australia mencapai 22.280. Pada akhirnya, kondisi ini membuat sektor pendidikan tinggi di Australia menjadi tidak stabil.

Baca juga jurusan-jurusan favorit yang ada di Australia.

For Your Information

Apakah Pemerintah Australia memperbolehkan pelajar internasional masuk kembali?

Selama beberapa minggu terakhir, Pemerintah Australia menyatakan bahwa pelajar internasional dapat kembali ke Australia.

Dari mana saja pelajar internasional yang diperbolehkan kembali ke Australia?

Belum ada konfirmasi lebih lanjut mengenai hal ini. Informasi selengkapnya dapat kamu baca di artikel ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Adelaide?