fbpx

Dari Bisnis hingga Psikologi, Berikut 5 Jurusan Favorit di Amerika

Tak dapat dipungkiri bahwa Amerika Serikat termasuk negara favorit tujuan para pelajar internasional. Berbagai perguruan tinggi terbaik dunia berada di Negeri Paman Sam. Kali ini, kami akan membahas lebih lanjut mengenai jurusan-jurusan favorit yang diminati di Amerika Serikat. Penasaran jurusan apa saja yang termasuk di dalam daftar ini? Simak baik-baik, ya.

Bisnis

Harvard Business School. Sumber: hbr.org

Berdasarkan data yang dihimpun oleh National Center for Education Statistics, pada tahun 2017-2018 jumlah pelajar yang memilih jurusan bisnis mencapai 363.741. Hal ini menjadikan jurusan bisnis menjadi salah satu jurusan  paling diminati di Amerika Serikat.

Salah satu alasan mengapa jurusan bisnis sangat diminati adalah keyakinan bahwa institusi pendidikan di Amerika akan memberikan pembekalan yang baik di dunia kerja. Banyak yang menganggap bahwa dengan menempuh jurusan bisnis di Amerika Serikat, maka daya kompetisi dari seorang pelajar akan terus meningkat. 

Minat para pelajar yang memilih jurusan bisnis di Amerika Serikat dapat dibilang selalu ada setiap tahunnya. Jadi, pemilihan jurusan bisnis ini bukan sekadar tentang fad, Kawan Rantau.

Jurusan-jurusan bisnis terbaik di Amerika dapat kamu temukan di universitas berikut ini:

  1. Harvard University
  2. Massachusetts Institute of Technology (MIT)
  3. Stanford University
  4. University of Pennsylvania
  5. University of California, Berkeley (UCB)

Kesehatan

Stanford Medical School, Stanford University. Sumber: google.com

Selanjutnya, kamu bisa mencoba untuk mengambil jurusan kesehatan ketika ingin melanjutkan studi di Amerika Serikat. Jurusan kesehatan ini sangat diminati karena banyak sekali peminatannya, mulai dari kedokteran, keperawatan, kesehatan masyarakat, hingga farmasi.

Memang perkuliahan di bidang kesehatan akan memakan waktu yang cukup panjang, akan tetapi, hasil yang didapatkan akan sangat memuaskan. Apabila kamu memang berminat untuk berkarir di bidang kesehatan, maka memilih jurusan kesehatan di Amerika bisa menjadi pilihanmu.

Jurusan-jurusan kesehatan terbaik di Amerika dapat kamu temukan di universitas berikut ini:

  1. Harvard University
  2. Stanford University
  3. John Hopkins University
  4. Yale University
  5. Columbia University

Ilmu Sosial

Massachusetts Institute of Technology (MIT). Sumber: thought.co

Ilmu Sosial termasuk ilmu yang yang sangat populer di kalangan pelajar. Jurusan-jurusan yang termasuk ke dalamnya pun sangat beragam, mulai dari akuntansi, pekerja sosial, ilmu politik, sosiologi, hingga ilmu hubungan internasional.

Pada dasarnya, kebanyakan jurusan ilmu sosial di Amerika berbasis pada matematika. Akan tetapi, dijamin banyak sekali jenis jurusan yang bisa kamu ambil di universitas terbaik di Amerika.

Berikut universitas di Amerika yang tawarkan jurusan-jurusan ilmu sosial terbaik:

  1. Harvard University
  2. Stanford University
  3. Massachusetts Institute of Technology (MIT)
  4. University of California Berkeley (UCB)
  5. Yale University

Psikologi

Departemen Psikologi, UC Berkeley. Sumber: psychology.berkeley.edu

Selanjutnya, jurusan favorit lainnya yang ada di Amerika Serikat adalah psikologi. Dengan adanya kesadaran bahwa kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik, maka minat para pelajar untuk mempelajari psikologi semakin meningkat. 

Kemudian, pada dasarnya jurusan psikologi akan membuka banyak sekali peluang karir. Kamu tidak hanya bisa menjadi seorang psikolog atau psikiater, tapi kamu juga bisa bekerja di perusahaan ataupun badan pemerintahan.

Jurusan-jurusan psikologi terbaik di Amerika dapat kamu temukan di universitas-universitas berikut ini:

  1. Harvard University
  2. Stanford University
  3. University of California, Berkeley (UCB)
  4. University of California, Los Angeles (UCLA)
  5. Yale University

Biologi

Biology Tower di Yale University. Sumber: wikpedia.org

Apabila kamu tertarik di bidang ilmu alam dan sains, maka kamu bisa memilih jurusan biologi. Biologi sebagai salah satu ilmu kehidupan merupakan salah satu ilmu yang sangat penting sekarang ini. Apalagi, dengan adanya pemutakhiran teknologi yang memunculkan biologi molekuler dan bioteknologi, jurusan biologi menjadi sangat diminati.

Dengan memiliki gelar di bidang biologi, kamu bisa berkarir di berbagai bidang. Kamu bisa menjadi seorang peneliti, ahli kesehatan, hingga berkarir sebagai pengajar.

Jurusan-jurusan biologi terbaik di Amerika dapat kamu temukan di universitas-universitas berikut ini:

  1. Harvard University
  2. Massachusetts Institute of Technology (MIT)
  3. Stanford University
  4. University of California, berkeley (UCB)
  5. Yale University

Nah, demikianlah sejumlah jurusan favorit yang ada di Amerika Serikat, Kawan Rantau. Selain kelima jurusan di atas, jurusan-jurusan seperti teknik, ilmu komunikasi, dan juga seni juga menjadi jurusan yang cukup diminati di Amerika Serikat. Jadi, manakah jurusan yang ingin kamu dalami di Negeri Paman Sam?

Baca juga jurusan-jurusan favorit yang ada di Kanada. Mulai dari bisnis hingga ilmu bumi, lho!

For Your Information

Apa saja jurusan favorit yang ada di Amerika?

Beragam, Kawan Rantau. Lengkapnya kamu bisa baca di artikel ini.

Mengapa jurusan bisnis di Amerika begitu diminati?

Selain karena reputasi sekolah bisnis Amerika yang mendunia, banyak yang meyakini bahwa dengan kuliah bisnis di Amerika, maka ia akan mendapatkan keahlian yang berguna di dunia kerja.

Ingin mengetahui cerita lain di Boston?