fbpx

Dapatkan Kesempatan Student Exchange di Kanada Lewat SEED

Mencari kesempatan untuk mengenyam pendidikan di luar negeri bisa juga melalui program student exchange. Menghabiskan 1 sampai 2 semester di luar negeri tentu akan memberikan pengalaman yang menarik dan menyenangkan, bukan? Apabila kamu ingin melakukan student exchange di Kanada, maka ada kabar baik untukmu. Kanada telah membuka program The Canada-ASEAN Scholarships and Educational Exchanges for Development (SEED).

Apa itu SEED

Student exchange di Kanada
Sumber: saultonline.com

Program SEED merupakan program beasiswa untuk program pertukaran pelajar berdasarkan perjanjian antara Kanada dengan ASEAN. Tujuan utama dari program ini adalah untuk memberantas kemiskinan di negara-negara berkembang yang ada di ASEAN untuk mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) 2020.

Maka dari itu, jurusan-jurusan yang didukung oleh beasiswa ini memang yang berhubungan dengan SDGs, seperti ilmu politik, atropologi, ekonomi, ilmu lingkungan, energi, ataupun kehutanan.

Apa yang harus saya lakukan?

Untuk bisa mendaftar beasiswa ini, maka para calon pendaftar harus menghubungi universitas asal masing-masing untuk:

  1. Menyatakan keinginannya untuk mendaftar program ini.
  2. Mengetahui adanya kerja sama yang terjalin dari universitas asal dengan universitas yang ada.
  3. Meminta informasi mengenai proses pendaftaran dan kriteria seleksi untuk program ini, seperti transkrip nilai, hasil tes kemampuan berbahasa inggris, serta formultir pendaftaran untuk program pertukaran pelajar.

Siapa yang bisa mendaftar?

Para pendaftar yang ingin mendaftar program ini haruslah merupakan warga negara ASEAN, termasuk Brunie Darussalam, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, atau Vietnam.

Kemudian, kamu juga harus terdaftar di sebagai mahasiswa penuh waktu di negara asal dan bertanggung jawab dalam mendapatkan study atau work permit.

Berhubung program ini memiliki tujuan mencapai SDGs, maka pilihlah bidang studi yang akan berkontribusi pada penerapan dari Agenda Pembangunan Berkelanjutan 2020.

Terakhir, kamu juga harus menyiapkan letter of intent sepanjang satu halaman. Di dalam surat tersebut, jelaskan mengapa kamu memilih jurusan yang kamu pilih, jelaskan bagaimana jurusan yang kamu pilih berhubungan dengan SDGs 2020, dan untuk pelajar dari Indonesia, kamu juga dimintar untuk menjelaskan bagaimana masa studimu di Kanada dapat membantu memberantas kemiskinan di negara asalmu.

Dokumen apa saja yang diperlukan?

Student exchange di kanada
Sumber: unb.ca

Untuk melengkapi lamaran secara online, maka kamu akan diminta untuk melampirkan sejumlah dokumen, di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. KTP atau Paspor yang telah diterjemahkan ke bahasa Inggris atau Perancis.
  2. Bukti kamu terdaftar sebagai mahasiswa penuh waktu di universitas asal.
  3. Letter of Intent dalam bahasa Inggris atau Perancis.
  4. Surat dukungan dari universitas asal.
  5. Salinan Memo Saling Pengertian (Memorandum of Understanding/MOU) antara universitas asal dengan universitas mitra.

Untuk mengetahui bagaimana proses pendaftaran program ini lebih lanjut, maka kamu bisa membaca tautan berikut ini. Hanya studi yang berhubungan dan berkontribusi terhadap perwujudan Agenda Pembangunan Berkelanjutan 2030 yang akan dipertimbangkan.

Untuk tenggat waktunya sendiri, kamu masih memiliki waktu hingga 5 Maret 2020. Program ini sediri ditujukan untuk tahun ajaran 2020-2021. Jadi, silakan siapkan sebaik-baiknya. Kamu juga bisa membaca keuntungan-keuntungan yang bisa kamu dapatkan bila berkuliah di Kanada.

For Your Information

Apakah bisa student exchange di luar negeri?

Tentu bisa. Kamu bisa memanfaatkan program SEED, program pertukaran pelajar yang diadakan oleh Kanada dengan negara-negara ASEAN.

Apakah saya bisa mendaftar program SEED?

Sebagai warga negara ASEAN, kamu bisa mendaftar program ini.

Apa saja syarat pendaftaran program SEED?

Tentu ada beberapa dokumen yang harus kamu siapkan. Untuk legkapnya kamu bisa membaca artikel ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Toronto?