fbpx

Dampak Virus Corona: Kuliah Daring Jadi Solusi Universitas di China

Semakin memarahnya kondisi penyebaran virus Corona membuat sejumlah universitas di China maupun negara tetangga memutuskan untuk memulai perkuliahan musim semi melalui kuliah daring. Hal ini dilakukan menyusul tidak mungkinnya kegiatan perkuliahan dapat dilangsungkan secara normal.

Berikut sejumlah universitas yang melaksanakan perkuliahan secara daring menyusul dampak dari virus Corona.

Tsinghua University

Prof. Zhang Li bersama dengan Asisten Prof. Hu Jiazhong. SUmber: Instagram.com/tsinghua_uni

Tsinghua University menjadi salah satu universitas yang memulai perkuliahan secara daring untuk semester musim semi kali ini. Sejak hari Senin (17/02/2020), Tsinghua telah memulai metode ini. Tentunya, metode ini merupakan pilihan yang terbaik karena memang keadaan yang tidak memungkinkan. Bagaimanapun, pengadaan kelas daring ini memang ditujukan untuk keselamatan bersama.

Prof. Zhang Li merupakan salah seorang profesor di Tsinghua University. Prof. Zhang telah berumur 95 tahun. Akan tetapi, ia tetap bersemangat untuk mengajar para mahasiswa Tsinghua. Ini adalah pertama kalinya Prof. Zhang mengajar secara daring.

“Mengadakan kelas daring merupakan hal yang luar biasa,” ujar Prof. Zhang. “Karena para mahasiswa dapat berbicara lebih banyak dan bertanya di group chat, hal tersebut dapat meningkatkan komunikasi antara dosen dan mahasiswa.”

Shanghai Jiao-Tong University

Shanghai Jia-Tong University. Sumber: cca1.org

Dilansir dari situs resminya, Shanghai Jiao-Tong University juga termasuk salah satu universitas yang menyelenggarakan perkuliahan secara daring. Hal ini memang sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh Kementerian Pendidikan China.

Dengan perkuliahan secara daring ini, STJU akan menggunakan berbagai bentuk pengajaran daring, mulai dari live teaching, video assisted teaching, MOOCs assisted teaching, dan juga workshop. Bentuk pengajaran ini akan sesuai bagi mata kuliah teoretik. Maka dari itu, proses belajar-mengajar di STJU untuk semester ini masih dapat berjalan.

Chongqing Medical University

Chongqing Medical University. Sumber: china-admissions.com

Chongqing Medical University merupakan salah satu sekolah kedokteran ternama di China. Sama seperti Tsinghua University, Chongqing Medical University telah mulai mengadakan kelas secara daring sejak hari Senin (17/02/2020).

Hal ini terkonfirmasi dari hasil wawancara Tim Rantau dengan salah satu mahasiswa universitas ini, Nikko Akbar. Nikko menjelaskan bahwa keselamatan bersama merupakan prioritas utama dari pihak universitas. Maka dari itu, pihak universitas memberikan instruksi untuk melarang para mahasiswa kembali ke kampus sampai waktu yang belum ditentukan.

Selain ketiga universitas di atas, sejumlah universitas lainnya di China juga melakukan tindakan pencegahan dengan memundurkan waktu dimulainya semester baru. Para mahasiswa dan juga para staf dilarang kembali ke kampus sampai waktu yang belum ditentukan. Hal ini menyusul perkembangan dari virus Corona yang begitu cepat.

Pada akhirnya, dampak dari penyebar virus Corona ini memang sangatlah besar. Akan tetapi, bukan berarti proses belajar-mengajar akan terhenti. Pelaksanaan kelas daring tentu telah terbantu dengan adanya teknologi yang tersedia. Pada akhirnya, kuliah daring memang menjadi solusi terbaik untuk pelaksanaan perkuliahan di universitas-universitas yang ada di China.

Kamu juga bisa membaca tentang dampak dari virus Corona terhadap pelaksanaan Olimpiade Tokyo 2020.

For Your Information

Apa dampak kasus virus Corona terhadap kegiatan perkuliahan?

Sejumlah universitas di China mengambil tindakan preventif dengan memundurkan jadwal semester baru. Akan tetapi, ada juga yang tetap melaksanakan perkuliahan secara daring.

Apakah perkuliahan daring efektif?

Tentu tidak semua menyetujui bahwa perkuliahan secara daring bisa efektif dilakukan. Akan tetapi, hal ini menjadi solusi terbaik bagi keselamatan bersama.

Universitas mana saja yang melaksanakan perkuliahan secara daring?

Tsinghua University menjadi salah satu pelaksana perkuliahan secara daring. Baca cerita lebih lengkapnya melalui artikel ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Beijing?