fbpx

Dampak Covid-19 Terhadap Jutaan Pelajar di Seluruh Dunia

Pandemi Covid 19 yang melanda sekitar 180 negara di seluruh dunia tidak hanya berdampak pada kehidupan sosial dan ekonomi, namun juga berdampak pada dunia pendidikan. Jutaan pelajar mau tak mau harus mengikuti aturan pembatasan sosial dan melaksanakan kegiatan sekolah atau kuliah dari rumah. Untuk lebih jelasnya, simak artikel seputar dampak Covid-19 terhadap jutaan pelajar di seluruh dunia berikut ini.

Di Indonesia sendiri, status tanggap darurat telah diberlakukan sejak bulan Maret lalu. Tak hanya Indonesia, banyak negara lain yang mengeluarkan kebijakan lockdown atau karantina dengan menutup tempat-tempat umum termasuk sekolah dan universitas sebagai upaya memperlambat penyebaran Covid-19.

Akibatnya, anak-anak tidak dapat melakukan proses pembelajaran langsung dan beberapa diantaranya mengganti proses pembelajaran melalui sistem online.

Berapa banyak pelajar yang terdampak Covid-19?

Sumber: https://unsplash.com/@northwoodn

Berdasarkan data UNESCO yang dilansir dari Kompas.com, hingga 13 Maret 2020, terdapat 61 negara di Afrika, Asia, Eropa, Timur Tengah, dan Amerika yang telah menerapkan pembatasan pembelajaran sekolah dan universitas.

Selain itu, terdapat 39 negara yang menerapkan penutupan sekolah. Kebijakan tersebut juga berdampak pada hampir 421,4 juta anak-anak sekolah di seluruh dunia.

Negara-negara tersebut memiliki respons nasional dan menyediakan platform belajar serta pembelajaran jarak jauh menggunakan internet.

Belajar Online di Indonesia

Sumber: https://unsplash.com/@nickmorrison

Di Indonesia sendiri, sudah ada beberapa aplikasi belajar online yang dapat digunakan secara gratis sehingga aktivitas belajar dari rumah dapat berjalan efektif dan kegiatan belajar di sekolah dapat ditunda. Aplikasi tersebut antara lain Ruang Guru, Zenius, dan lainnya.

Di masa pandemi Covid-19 ini, satu hal yang paling penting adalah memastikan proses belajar tetap berlangsung. Dengan sistem belajar online ini, semoga kamu tetap dapat belajar dengan efektif meski berada di rumah.

Selain artikel seputar dampak Covid-19 terhadap jutaan pelajar di seluruh dunia ini, Kawan Rantau juga bisa membaca artikel seputar 4 tips belajar online selama masa pandemi Covid-19.

Semoga pandemi ini dapat segera berakhir dan kegiatan belajar di sekolah maupun universitas dapat dilakukan secara normal kembali, ya. Stay safe, Kawan Rantau!

For Your Information

Bagaimana dampak Covid-19 terhadap para pelajar?

Para pelajar di seluruh dunia harus melaksanakan kegiatan belajar dari rumah secara online.

Berapa banyak negara terdampak Covid-19 ?

Berdasarkan data UNESCO yang dilansir dari Kompas.com, hingga 13 Maret 2020, terdapat 421,4 juta anak-anak sekolah di seluruh dunia yang tak dapat mengikuti pembelajaran secara fisik.

Bagaimana dampak Covid-19 terhadap para pelajar di Indonesia?

Untuk mengetahui seputar dampak Covid-19 terhadap pelajar di Indonesia, kamu bisa temukan infonya di laman Anak Rantau!

Ingin mengetahui cerita lain di Worldwide?