fbpx

Dampak COVID-19, Berikut Tips Memilih Universitas dari Jarak Jauh

Halo, Kawan Rantau! Apakah kamu akan mendaftar ke universitas di tahun ajaran ini? Dengan adanya pandemi COVID-19, maka tak dapat terhindarkan kalau kamu tak bisa menjalankan aktivitas seperti biasa. Termasuk dalam memilih universitas impian. Biasanya, kamu masih bisa mengikuti tur kampus atau semacam open house yang diadakan. Sayangnya, kali ini kamu tak punya pilihan. Jadi, berikut tips memilih universitas dari jarak jauh.

Ikuti tur virtual

Tips memilih universitas dari jarak jauh  - tur virtual Harvard University
Sumber: gse.harvard.edu

Ternyata, tidak hanya museum saja lho yang membuka tur virtual, tapi universitas juga. Ya, betul sekali. Kamu bisa mendapatkan gambaran langsung mengenai universitas impianmu secara virtual, mulai dari kampus hingga kamar asrama.

Seumlah universitas di Amerika, Inggris, Kanada, China, dan juga Perancis menggunakan CampusTours untuk menyediakan layanan ini. Jadi, tanpa perlu menginjakkan kaki di kampus tersebut, kamu bisa mendapat gambaran bagaimana lingkungan kampusmu nanti.

Mengikuti seminar daring

Karena pandemi COVID-19, banyak universitas di dunia yang membuka sesi seminar daring. Dengan mengikuti seminar ini, kamu bisa bertanya langsung kepada pihak universitas. Media yang digunakan beragam, mulai dari situs resmi universitas tersebut, hingga media sosial.

Cek universitas tujuamu dan catat tanggal kapan mereka mengadakan seminar daring. Persiapkan juga pertannyaan yang sekiranya kamu butuhkan.

Ikuti media sosial universitas tujuanmu

Tips memilih universitas dari jarak jauh - ikuti media sosial
Sumber: econsultancy.com

Dewasa ini, media sosial telah digunakan sedemikian rupa. Tak heran apabila universitas di dunia akan memanfaatkan keberadaan dari media sosial tersebut. Banyak sekali akun resmi universitas yang dapat kamu ikuti. Bahkan, ada juga grup di facebook maupun platform lainnya yang bisa kamu ikuti.

Dengan demikian, kamu bisa mendapatkan kesempatan untuk berkomunikasi dan mendapatkan informasi lebih lanjut dalam suasana yang lebih santai.

Cari informasi dari teman

Apabila kamu memili kawan yang sudah terlebih dahulu masuk ke universitas impianmu tersebut, maka ini kesempatan bagus bagimu untuk melakukan korespondensi. Hubungi kawanmu dan mintalah sejumlah saran dan juga informasi yang kamu butuhkan.

Bertanya pada Perhimpun Pelajar Indonesia di sana juga bisa membantu kamu untuk menentukan pilihan.

Setidaknya, dengan menggunakan tips di atas, kamu bisa memilih universitas pilihanmu dari jarak jauh. Bagi sebagian besar orang, mengunjungi universitas impian secara langsung merupakan suatu keharusan. Sayangnya, hal tersebut sulit dilakukan di tengah kondisi kritis seperti ini.

Baca juga tur virtual museum yang bisa kamu manfaatkan berikut ini.

For Your Information

Apa yang perlu saya persiapkan untuk berkuliah di luar negeri?

Cari informasi sebanyak-banyaknya mengenai universitas impianmu supaya kamu tidak salah langkah.

Bagaimana cara saya memilih universitas impian di luar negeri?

Di tengah pandemi COVID-19 ini, berikut sejumlah tips memilih universitas yang dapat kamu manfaatkan.

Apakah mengikuti tur virtual kampus berguna?

Tentu saja. Setidaknya kamu bisa mendapatkan gambaran mengenai lingkungan kampusmu nantinya.