fbpx

Daftar Lengkap Beasiswa Pilihan untuk Kuliah di Swedia

Swedia selalu dikenal sebagai negara yang penuh inovasi dan memiliki kualitas pendidikan yang mumpuni. Tak heran apabila negara satu ini menjadi negara favorit tujuan para pelajar Indonesia di Eropa. Pada dasarnya, Swedia sendiri selalu terbuka bagi pelajar internasional. Jadi, kamu bisa tinggal dan belajar dengan nyaman di negara satu ini. Nah, berikut merupakan daftar beasiswa pilihan yang bisa kamu manfaatkan untuk kuliah di Swedia.

Beasiswa Pemerintah

SISGP, beasiswa S2 fully-funded dari pemerintah Swedia

Swedish Institute Scholarship for Global Professionals (SISGP), merupakan skema beasiswa S2 yang diberikan oleh Pemerintah Swedia. Beasiswa ini didanai oleh Kementerian Luar Negeri Swedia dan dikelola oleh Swedish Institute.

Sejumlah universitas ternama Swedia temasuk ke dalam skema beasiswa ini. Sebagai contoh ada Karolinska Institutet, KTH Royal Institute of Technology, Malmo University, dan Stockholm University. Jadi, akan sangat menarik apabila kamu mampu mendapatkan beasiswa ini.

Dengan mendapatkan beasiswa SISGP, maka kamu akan mendapatkan banyak manfaat. Mulai dari pembebasan biaya perkuliahan, hingga tunjangan hidup sebesar SEK 10.000. Selain itu, kamu juga bisa tergabung dengan SI Network Future Global Leaders (NFGL), platform untuk membantu kamu mengembangkan jejaring selama berada di Swedia.

Beasiswa S2

Beasiswa S2 Kesehatan di Umea University

Sumber: umu.se

Setiap tahunnya, Umea University menyediakan beasiswa bagi para pelajar internasional. Beasiswa ini dikhususkan bagi para pelajar bertalenta yang menempuh studi kesehatan masyarakat. Beasiswa satu ini sepenuhnya didanai oleh Yayasan keluarga Erling-Persson.

Dengan mendapatkan beasiswa ini, maka kamu berkesempatan untuk terbebas dari biaya perkuliahan. Kemudian, kamu juga bisa mendapatkan tunjangan sebesar SEK 300 per bulannya (setara dengan IDR 4.300.000). Jadi, beasiswa ini termasuk salah satu beasiswa penuh dalam daftar beasiswa Swedia kali ini.

Biasanya, beasiswa ini dibuka hingga bulan Maret setiap tahunnya.

KI Global Master’s Scholarship, beasiswa S2 di Karolinska Institutet

Setiap tahunnya, Karolinska Institutet memberikan beasiswa untuk para pelajar S2 berprestasi melalui skema KI Global Master’s Scholarship. Jumlah dana beasiswa yang diberikan akan berbeda setiap tahunnya dan dalam jumlah terbatas. 

Sesuai dengan judulnya, maka beasiswa ini dikhususkan bagi para pelajar S2 yang mengambil Global Master’s Programme di Karolinska. Sejumlah program yang dapat kamu pilih adalah sebagai berikut:

  1. Joint Master’s Programme in Health Informatics
  2. Master’s Programme in Bioentrepreneurship
  3. Master’s Programme in Global Health
  4. Master’s Programme in Health Economics, Policy, and Management
  5. Master’s Programme in Molecular Techniques in Life Science
  6. Master’s Programme in Public Health Sciences
  7. Master’s Programme in Toxicology
  8. Master’s Programme in Biomedicine

Biasanya, pendaftaran beasiswa ini akan dibuka hingga waktu pendaftaran perkuliahan berakhir, yakni pada bulan Januari setiap tahunnya.

KTH Scholarship, beasiswa tuition fee di KTH Royal Institute of Technology

Sumber: linkedin.com

KTH Scholarship melingkupi pembebasan biaya perkuliahan selama satu hingga dua tahun saat kamu menjalani program S2 di KTH. Tujuan dari KTH Scholarship adalah menghasilkan pelajar yang berbakat secara akademis dan sadar pada pembangunan berkelanjutan. Tentunya, KTH mengharapkan para penerima beasiswa mampu berkontribusi lebih pada masyarakat yang berkelanjutan.

Dengan mendapatkan beasiswa ini, maka kamu akan terbebas dari biaya perkuliahan. Perlu digarisbawahi bahwa beasiswa ini tidak melingkupi biaya hidup maupun tunjangan lainnya.

UHR Scholarship, beasiswa tuition fee di Swedish Defence University

Pada dasarnya, UHR Scholarship merupakan skema beasiswa yang dikelola oleh Swedish Council for Higher Education (UHR). Akan tetapi, seluruh proses pendaftaran akan langsung dipegang oleh Swedish Defence University.

Dengan mendapatkan beasiswa ini, maka kamu bisa mendapatkan pembebasan biaya perkuliahan. Untuk biaya akomodasi dan kebutuhan lainnya, para pelajar diharapkan mampu membiayai secara mandiri.

Setidaknya, terdapat 2 program studi yang bisa kamu pilih di SEDU untuk mendapat beasiswa ini, yakni:

  1. Master Programme in Politics, Security and War
  2. Master Programme in Defence and Security Systems Development

Tenggat waktu pendaftaran untuk beasiswa ini jatuh pada 1 Februari 2021. Akan tetapi, pastikan kamu telah mendaftar di salah satu program studi di SEDU per 15 Januari 2021.

Uppsala University Global Scholarship, beasiswa S2 di Uppsala University

Sumber: statistik.uu.se

Uppsala University Global Scholarship merupakan skema beasiswa khusus bagi pelajar S2 di Uppsala University. Untuk mendaftar beasiswa ini, maka kamu harus terdaftar terlebih dahulu di salah satu program studi yang ada di Uppsala.

Sayangnya, beasiswa ini juga bukan termasuk beasiswa penuh. Jadi, kamu tidak akan mendapatkan tunjangan biaya hidup selama kamu menempuh studi di Uppsala.

Nantinya, pendaftaran beasiswa akan ditutup pada Januari 2021.

Demikianlah daftar beasiswa pilihan bagi kamu yang tertarik untuk kuliah di Swedia. Yang pasti, menempuh studi di Swedia bisa menjadi pengalaman tersendiri bagimu.

Baca juga daftar lengkap beasiswa pilihan untuk kamu yang ingin kuliah di Inggris.

For Your Information

Apa ciri khas dari Swedia?

Swedia selalu dikenal sebagai negara yang penuh inovasi dan memiliki kualitas pendidikan yang mumpuni. Tak heran apabila negara satu ini menjadi negara favorit tujuan para pelajar Indonesia di Eropa.

Apakah ada beasiswa untuk kuliah di Swedia?

Tentu ada. Kamu bisa menemukan beberapa di antaranya di artikel berikut ini.

Apakah ada beasiswa penuh waktu untuk kuliah di Swedia?

Ada, Kawan Rantau. Sebagai contoh, kamu bisa mencoba mendaftar beasiswa SISGP, beasiswa dari Pemerintah Swedia.

Ingin mengetahui cerita lain di Stockholm?