fbpx

Daftar Lengkap Beasiswa Pilihan untuk Kuliah di Singapura

Singapura telah lama menjadi negara tujuan favorit para pelajar Indonesia. Hal ini disebabkan oleh kedekatan geografis dari Singapura serta kualitas pendidikan di negara tersebut yang sangat mumpuni. Kemudian, terdapat banyak sekali kesempatan beasiswa yang dapat kamu manfaatkan untuk kuliah di negara ini. Nah, berikut merupakan daftar lengkap beasiswa pilihan bagi kamu yang ingin kuliah di Singapura.

1. ASEAN Undergraduate Scholarship, beasiswa S1 di SMU, Singapura

Sumber: http://www.flickr.com

Sesuai dengan namanya, maka beasiswa ini ditujukan bagi para pelajar asal ASEAN yang menempuh studi di SMU, Singapura. Beasiswa ini ditujukan bagi para pelajar S1. Pada dasarnya, beasiswa ini termasuk beasiswa penuh watu karena melingkupi biaya perkuliahan untuk empat tahun dan tunjangan hidup selama satu tahun.

Beasiswa ini terbuka untuk seluruh pelajar di SMU dari semua jurusan. Jadi, memang tidak ada batasan dalam mendaftar beasiswa ini.

2. Beasiswa Sarjana ASEAN di NTU, Singapura

Beasiswa sarjana ASEAN merupakan beasiswa yang diusung oleh Nanyang Technological University (NTU) untuk warga negara ASEAN. Beasiswa ini mencakup biaya perkuliahan serta uang saku sebesar S$5.800 per tahun. 

Pada dasarnya, beasiswa ini didasarkan oleh pencapaian akademis para pelajar serta penilaian attitude.

3. Lee Kong Chian Scholars Programme (LKCSP), beasiswa S1 di SMU, Singapura

Beasiswa yang ditujukan bagi para mahasiswa S1 di SMU ini diberikan oleh Lee Foundation, salah satu yayasan amal terbesar di Singapura. Yayasan ini menyediakan bantuan untuk memajukan pendidikan, kesehatan, serta kegiatan kebudayaan.

Setiap tahunnya, akan ada 60 orang terpilih untuk bisa mendapatkan beasiswa ini. Apabila kamu menjadi penerima beasiswa LKCSP, maka kamu akan terbebas dari biaya perkuliahan, mendapat tunjangan setiap tahun, serta mendapatkan kesempatan untuk melakukan pertukaran pelajar atau internship di luar negeri.

4. CN Yang Scholars Programme, beasiswa S1 di NTU, Singapura

Sumber: http://www.eonreality.com

CN Yang Scholars Programme merupakan skema beasiswa S1 yang diberikan bagi mahasiswa baru di bidang sains dan teknik. Harapannya, para penerima beasiswa ini nantinya bisa menjadi para pemimpin di bidang sains dan teknik, dengan fokus pada inovasi teknologi dan komunikasi ilmiah.

Ketika kamu menjadi penerima beasiswa ini, kamu akan mendapatkan pembebasan biaya perkuliahan, tunjangan hidup sebesar $6.500 per tahun, tunjangan akomodasi, transportasi, dan lainnya.

5. Tanoto funding – Singapore Management University, beasiswa S1 di SMU, Singapura

Setiap tahunnya, Tanoto Foundation memberikan beasiswa penuh bagi mahasiswa S1 di SMU yang memiliki kewarganegaraan Indonesia atau China. Beasiswa ini ditujukan bagi para mahasiswa yang mengambil jurusan akuntansi, manajemen bisnis, ekonomi, sistem informasi, ilmu komputer, hukum, dan juga ilmu sosial.

Dengan mendapatkan beasiswa ini, maka kamu berhak mendapatkan dana beasiswa sebesar $19.500 per tahunnya, dengan rincian $15.000 untuk biaya perkuliahan dan $4.000 untuk tunjangan. 

6. The Science & Technology (S&T) Undergraduate Scholarship, beasiswa S1 Saintek di NUS, Singapura

Sumber: mattermost.com

Science and Technology (S&T) Undergraduate Scholarship merupakan beasiswa S1 Saintek yang diberikan oleh National University of Singapore (NUS). Beasiswa ini diberikan khusus bagi para pelajar yang berasal dari negara-negara di Asia.

Untuk bisa mendapatkan beasiswa ini, maka kamu haruslah menjadi pelajar berprestasi yang tak hanya pandai di bidang akademis, tapi juga bidang kurikuler.

Apabila kamu beruntung mendapatkan beasiswa ini, maka kamu berhak terbebas dari biaya perkuliahan dan mendapatkan tunjangan hidup tahunan sebesar S$6.000. Kemudian, kamu juga akan mendapat tunjangan akomodasi, transportasi, dan lainnya.

Demikianlah sejumlah beasiswa pilihan yang tersedia di Singapura, Kawan Rantau. Singapura selalu bisa menjadi alternatif pilihan negara tujuan kuliahmu. Negara satu ini memang menjadi salah satu primadona pendidikan tinggi di Kawasan Asia.. Jadi, tidak ada salahnya, kok, apabila kamu ingin melanjutkan studi di negara ini.

Baca juga daftar lengkap beasiswa pilihan untuk kuliah di Jepang.

For Your Information

Mengapa Singapura menjadi negara tujuan favorit para pelajar Indonesia?

Selain dekat secara geografis, Sngapura memiliki kualitas pendidikan yang sangat mumpuni di Kawasan Asia.

Apakah ada beasiswa penuh waktu di Singapura?

Ada banyak, Kawan Rantau. Temukan informasi lengkapnya di artikel ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Singapore?