fbpx

Daftar Lengkap Beasiswa Pilihan untuk Kuliah di Perancis

Pada masa pandemi ini, Perancis masih mempertahankan keberadaan dari para pelajar internasional. Bahkan, sejak 1 Juli 2020, terdapat berbagai aturan yang dilonggarkan untuk mendukung keberadaan dari pelajar internasional. Apabila kamu tertarik untuk melanjutkan studi ke Perancis, maka berikut merupakan daftar lengkap beasiswa pilihan yang bisa kamu manfaatkan.

Beasiswa Pemerintah Perancis

Eiffel Excellence Scholarship Program, beasiswa S2 dan PhD di Perancis

Daftar beasiswa di Perancis - Eiffel Excellence Scholarship Program
Sumber: http://www.ef.com

Eiffel Excellence Scholarship Program adalah program beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Luar Negeri Perancis. Beasiswa ini ditujukan untuk menarik minat para pelajar internasional dalam mendaftar studi S2 dan PhD di Perancis.

Terdapat sejumlah limitasi program yang bisa kamu daftar melalui skema beasiswa ini. Sebagai contoh, untuk studi S2, kamu bisa memilih bidang teknik, ekonomi dan manajemen, dan hukum dan politik. Sedangkan, untuk studi PhD, kamu hanya bisa memilih bidang sains, ekonomi dan manajemen, dan hukum dan politik.

Beasiswa ini termasuk beasiswa penuh waktu karena melingkupi biaya perkuliahan serta tunjangan hidup.

Informasi selengkapnya dapat kamu baca di sini.

France Excellence, beasiswa S2 dari Pemerintah Perancis

Pada dasarnya, pemerintah Perancis cukup aktif dalam memberikan bantuan beasiswa bagi pelajar internasional. Melalui Institut Francais d’Indonesie (IFI), Pemerintah Perancis membuka kesempatan beasiswa bagi pelajar S2 Indonesia di Perancis. 

Beasiswa ini termasuk beasiswa penuh waktu karena melingkupi biaya perkuliahan, biaya hidup, biaya pembuatan visa, dan lainnya. Kamu hanya perlu terdaftar di salah satu institusi pendidikan tinggi di Perancis untuk bisa mendapatkan beasiswa ini.

Informasi selengkapnya dapat kamu baca di sini.

Beasiswa S1

Emile Boutmy, beasiswa S1 dan S2 di Sciences Po

Daftar beasiswa Perancis - Emile Boutmy
Sumber: sciencespo.fr

Beasiswa Emile Boutmy merupakan beasiswa yang diberikan oleh Sciences Po, salah satu universitas di Perancis yang terkenal akan kajiannya di bidang ilmu politik. Beasiswa ini terbuka di hampir semua departemen yang ada di Sciences Po, jadi kamu tidak perlu khawatir.

Kemudian, beasiswa ini diperuntukkan untuk tingkat S1 dan S2. Akan terdapat perbedaan jumlah dana beasiswa yang diberikan, akan tetapi kemungkinan akan berada pada rentang  €3.000-€19.000. 

Informasi selengkapnya dapat kamu temukan di sini.

Beasiswa S2

Ampere Scholarships of Excellence, beasiswa S2 di ENS Lyon

Ecole normale superieure de Lyon (ENS Lyon) merupakan sekolah pascasarjana negeri yang ada di perancis. Setiap tahunnya, ENS Lyon menawarkan beasiswa bagi para mahasiswa S2. Salah satunya melalui skema Ampere Scholarship for Excellence.

Pada dasarnya, beasiswa satu ini merupakan beasiswa yang ditujukan bagi para pelajar S2 yang mengambil program studi ilmu eksakta, seni, serta ilmu sosial dan humaniora. Apabila kamu mendapatkan beasiswa ini, maka kamu berhak mendapatkan uang saku sebesar EUR 1.000 per bulan selama satu tahun.

Informasi selengkapnya mengenai beasiswa ini dapat kamu baca di sini.

Universite Paris-Saclay International Master’s Scholarship Program, beasiswa S2 di Universite Paris-Saclay

Daftar beasiswa perancis - beasiswa universite Paris-Saclay
Sumber: universite-paris-saclay.fr

Universite Paris-Saclay merupakan salah satu universitas riset di Perancis. Apabila kamu tertarik melanjutkan studi di universitas ini, maka kamu bisa memanfaatkan Universite Paris-Saclay International Master’s Scholarship Program. Beasiswa ini ditujukan untuk para pelajar S2 di Universite Paris-Saclay.

Pada dasarnya, beasiswa ini terbuka untuk semua jurusan. Nantinya, kamu bisa mendapatkan dana beasiswa sebesar EUR 10.000 per tahunnya. Kemudian, kamu juga bisa mendapatkan tambahan dana sebesar ER 1.000 untuk transportasi dan visa.

Informasi selengkapnya mengenai beasiswa ini dapat kamu baca di sini.

Nah, demikianlah daftar beasiswa pilihan yang bisa kamu manfaatkan untuk kuliah di Perancis. Apabila kamu memang ingin melanjutkan studi di Perancis, kamu bisa memilih salah satu di antaranya.

Baca juga kisah Abid A. Adonis yang menjalani studi dual degree di Sciences Po dan LSE.

For Your Information

Apakah saya bisa kuliah dengan beasiswa di Perancis?

Tentu saja bisa. Berikut daftar lengkap beasiswa pilihan untuk kuliah di Perancis yang bisa kamu pilih.

Apa saja beasiswa yang ada di Perancis?

Temukan jawaban lengkapnya di artikel ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Lyon?