fbpx

Daftar Lengkap Beasiswa Pilihan untuk Kuliah di Jepang

Selain Korea Selatan dan China, Jepang telah lama menjadi negara tujuan favorit para pelajar Indonesia. Selain reputasi akademiknya yang baik, Jepang juga memiliki daya tarik tersendiri. Kebudayaannya yang unik serta teknologinya yang maju membuat Jepang menjadi terdepan dalam bidang pendidikan tinggi. Apabila kamu tertarik untuk berkuliah di Jepang, maka berikut kami akan membahas daftar beasiswa pilihan untuk kuliah di Jepang.

Pembahasan ini akan terbagi menjadi tiga, yakni beasiswa dari Pemerintah Jepang, perusahaan atau organisasi lainnya, dan juga universitas. Mari simak baik-baik, Kawan Rantau!

Beasiswa Pemerintah Jepang

Monbukagakusho atau MEXT

daftar beasiswa jepang - monbukagakusho mext
Sumber: fib.ub.ac.id

Setiap tahunnya, Kedutaan Besar di Jepang di Indonesia membuka beasiswa Monbukagakusho atau MEXT. Beasiswa ini termasuk beasiswa penuh karena membebaskan kamu dari biaya perkuliahan dan juga mendapat tunjangan uang saku. 

Setidaknya, beasiswa ini terbagi menjadi tiga jenis, yakni sebagai berikut:

  1. Program Undergraduate (GAKUBU) 2021, untuk melanjutkan studi S1 dengan masa belajar 5-7 tahun.
  2. Program College of Technology (KOSEN) 2021, dikhususkan bagi pelajar yang ingin melanjutkan studi di bidang teknik. 
  3. Program Specialized Training College (Senshu) 2021, jenjang setara D2 yang dikhususkan bagi lulusan SMK dan SMA sederajat. Beberapa jurusan yang bisa dipilih adalah, perawatan medis, teknologi, budaya, dan pendidikan umum.

Informasi selengkapnya mengenai beasiswa MEXT ini dapat kamu temukan di sini.

Beasiswa perusahaan dan organisasi

Ajinomoto

Beasiswa Ajinomoto ini merupakan beasiswa yang diberikan bagi para pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan studi S2 di Jepang. Pelamar yang lolos seleksi dapat memilih satu dari kampus ternama di Jepang, mulai dari University of Tokyo, Kyoto University, Nagoya University, Tokyo Institute of Technology, Ochanomizu University, Kagawa Nutrition University, atau Waseda University.

Informasi selengkapnya mengenai beasiswa ini dapat kamu baca di sini.

Asian Future Leaders Scholarship Program (AFLSP)

daftar beasiswa jepang - AFLSP
Sumber: linkedin.com

Beasiswa ini memang tidak dikhususkan untuk kuliah di Jepang, akan tetapi sejumlah universitas terkemuka di Jepang menjadi mitra dari AFLSP. Setidaknya, ada tiga universitas yang menjadi mitra, yakni Hitotsubashi University, Kyoto University, dan Waseda University.

Program AFLP tiap tahunnya memberikan beasiswa untuk 105 orang yang berasal dari Kawasan Asia untuk melanjutkan studi di Kawasan Asia Timur. Beasiswa ini terdiri dari beasiswa S1, S2, maupun S3. Hal ini tergantung dari program yang ditawarkan oleh masing-masing universitas mitra.

Informasi selengkapnya mengenai AFLP dapat kamu temukan di sini, Kawan Rantau.

Mitsui Bussan

Beasiswa yang dikhususkan untuk lulusan SMA sederajat ini diberikan oleh hasil kerja sama Mitsui & Co, Ltd., dan Kementerian Pendidikan Republik Indonesia (Kemendikbud RI). Apabila kamu mendapatkan beasiswa ini, maka kamu berhak mendapatkan tunjangan beasiswa selama 5.5 tahun.

Tentu, beasiswa ini termasuk beasiswa penuh karena kamu bisa dibebaskan dari biaya perkuliahan, mendapat uang saku, transportasi, dan akomodasi.

Kalau penasaran dengan beasiswa satu ini, kamu bisa membaca informasi lengkapnya di sini.

Beasiswa dari universitas

Japan Foundation for UN University (JFUNU) Scholarship

daftar beasiswa jepang -  JFUNU Scholarship
Sumber: en.wikipedia.org

JFNU merupakan salah satu skema beasiswa yang diberikan oleh UN University-Institute for the Advanced Study of Sustainability (UNU-IAS), Jepang. Beasiswa ini dikhususkan bagi kamu yang ingin melanjutkan studi di bidang sustainabilities studies.

Dengan menjadi penerima beasiswa ini, maka kamu akan mendapatkan tunjangan beasiswa sebesar JPY ¥120.000 per bulan. Tak lupa, kamu juga akan dibebaskan dari biaya perkuliahan.

Baca informasi selengkapnya mengenai beasiswa ini di sini.

Demikianlah daftar beasiswa untuk kuliah di Jepang kali ini, Kawan Rantau. Apakah kamu sudah siap untuk melanjutkan studi di Negeri Sakura ini? Yang pasti, persiapkan persyaratan beasiswa dengan baik dan jangan lewatkan masing-masing tenggat waktu yang diberikan, ya!

Baca juga daftar lengkap beasiswa pilihan untuk kuliah di Australia berikut ini, Kawan Rantau!

For Your Information

Mengapa Jepang jadi favorit para pelajar Indonesia?

Selain Korea Selatan dan China, Jepang telah lama menjadi negara tujuan favorit para pelajar Indonesia. Hal ini didorong oleh reputasi akademiknya yang baik, dan juga daya tarik tersendiri yang dimiliki oleh Jepang.

Apa saja beasiswa yang dapat saya daftar untuk kuliah di Jepang?

Baca artikel ini untuk tahu jawabannya.

Ingin mengetahui cerita lain di Kyoto?