fbpx

Daftar Lengkap Beasiswa Pilihan untuk Kuliah di Australia

Sekarang ini, Australia menjadi negara tujuan terbesar ketiga bagi para pelajar internasional setelah Amerika Serikat dan Inggris. Biaya hidup dan perkuliahan yang relatif lebih murah membuat Australia cukup populer. Untuk kamu yang tertarik untuk kuliah di Australia, berikut daftar sejumlah beasiswa yang dapat kamu pertimbangkan.

Beasiswa yang terangkum dalam daftar ini termasuk beasiswa yang ditawarkan oleh Pemerintah Australia dan juga dari masing-masing universitas.

Australia Awards Scholarship (AAS)

Sumber: australiawardsindonesia.org

Salah satu beasiswa favorit di Australia adalah Australia Awards Sholarship (AAS). Beasiswa ini ditujukan bagi para pelajar yang ingin melanjutkan studi S2 dan S3 di Australia.

Apabila kamu mendapatkan beasiswa ini, maka biaya perkuliahanmu akan ditanggung sepenuhnya oleh Pemerintah Asutralia. Beasiswa ini berlaku selama dua hingga empat tahun masa studi.

Untuk informasi lengkapnya, kamu bisa membacanya di sini.

Australian Government Research Training Program (RTP)

Sumber: thriveopportunities.com

Australian Government Research Training Program hadir sebagai pengganti International Postgraduate Research Scholarship. Beasiswa ini pada dasarnya ditujukan bagi para mahasiswa pascasarjana yang melanjutkan studi mereka di Australia.

Sejumlah keuntungan bisa kamu dapatkan apabila menjadi penerima beasiswa ini. Tentunya kamu akan terbebas dari biaya perkuliahan. Kemudian, kamu juga akan mendapatkan uang saku dan juga asuransi.

Sejumlah universitas di Australia menjadi institusi mitra untuk beasiswa ini. Beberapa di antaranya adalah Charles Darwin University, Deakin University, Griffith University, Monash University, dan Queesnland University of Technology.

Destination Australia

Sumber: une.edu.au

Melalui Destination Australia Program, Pemerintah Australia menyediakan beasiswa bagi para mahasiswa lokal maupun internasional yang ingin melanjutkan studi di Daerah Regional Australia.

Tujuan dari diadakannya program ini adalah untuk menarik minat dan mendukung mahasiswa untuk belajar di daerah Regional Australia. Nantinya, setiap penerima beasiswa bisa mendapatkan dana beasiswa mencapai AU$15.000 per tahunnya.

Informasi lebih lanjut mengenai beasiswa ini dapat kamu baca di sini.

Beasiswa dari masing-masing universitas

Adelaide Scholarships International, beasiswa S2 dan S3 di University of Adelaide

Sumber: mbanews.com.au

Beasiswa satu ini ditujukan khusus bagi para pelajar internasional yang akan menempuh studi S2 dan S3 di University of Adelaide. Salah satu persyaratan untuk mendaftar beasiswa ini adalah, kamu harus lulus sarjana dengan predikat First Class Honours.

Tentunya, sebelum mendaftar beasiswa ini, kamu harus terlebih dahulu mendaftar salah satu program yang ditawarkan oleh University of Adelaide.

ANU Global Diversity Scholarship, beasiswa untuk pelajar internasional di Australian National University (ANU)

Sumber: icon.co

Setiap tahunnya, ANU melalui ANU Global Diversity Scholarship memberikan kurang-lebih 150 beasiswa untuk pelajar internasional. Penerima beasiswa nantinya akan mendapatkan dana beasiswa sebesar $25.000 (Rp238.559.000,-) per tahunnya. Pembayaran akan dilakukan per semester dan diperuntukkan untuk durasi perkuliahan selama 2 tahun.

Para pelajar Indonesia menjadi istimewa untuk skema beasiswa ini karena termasuk ke dalam daftar ANU Targeted Diversity Regions.

Beasiswa PhD Teknik Komputer di University of Queensland

Sumber: choosebribane.com.au

Pada dasarnya, beasiswa ini termasuk bagian dari proyek terbaru milik Oracle Labs Australia. Nantinya, penerima beasiswa akan mendapatkan dana beasiswa sebesar AU$40.000 per tahun.

Untuk bisa mendaftar beasiswa ini, kamu haruslah memenuhi persyaratan untuk menjadi mahasiswa PhD di University of Queensland. Selain itu, diharapkan kamu memiliki gelar yang relevan dengan jurusan yang kamu ambil.

IWC Scholarship, beasiswa S2 Catchment Science di Griffith University

Sumber: teanabroad.org

International Water Centre (IWC) menawarkan dua beasiswa parsial bagi mahasiswa yang ingin menempuh S2 di bidang Catchment Science, Griffith University. Nilai dari beasiswa ini mencapai AU$56.000 atau setara dengan Rp55.1245.856,-.

Beasiswa yang didapatkan tersebut digunakan untuk pembayaran biaya perkuliaha saja. Sedangkan biaya visa, asurasi, transportasi, akomodasi, dan biaya hidup ditanggung oleh mahasiswa.

Macquarie University International College (MIUC) Scholarship, beasiswa D3/S1 di Macquaire University

Sumber: pv-magazine-australia.com

Macquarie University menawarkan skema beasiswa D3/S1 bagi pelajar internasional yang ingin melanjutkan studi di Macquarie, khususnya di bidang sains, teknologi, teknik, media, dan seni.

Apabila kamu mendapatkan beasiswa ini, maka kamu akan mendapatkan potongan biaya perkuliahan sebesar AU$3.000. Lalu, untuk mendaftar beasiswa ini, kamu haruslah terlebih dahulu memenuhi persyaratan akademis untuk mendaftar program perkuliahan di Macquarie University International College.

Public Health Asia Pacific Scholarship, beasiswa pascasarajana di University of Sydney

Sumber: mcgregorcoxall.com

Pada dasarnya, Public Health Asia Pacific Scholarship merupakan beasiswa postgraduate coursework untuk bidang kesehatan masyarakat di University of Sydney, Australia. Beasiswa ini ditujukan bagi para pelajar yang berasal dari India, Indonesia, Vietnam, SIngapura, dan negara-negara di Kawasan Kepulauan Pasifik.

Sebagai penerima beasiswa, kamu akan mendapatkan dana beasiswa sebesar AUD $10.00 untuk satu semester.

Ric Bouvier International Scholarship, beasiswa parsial studi paramedis di Monash Universty

Sumber: trialsitenews.com

Beasiswa satu ini ditujukan bagi para mahasiswa yang ingin mengambil gelar sarjana paramedis di Monash University. Mulanya, beasiswa ini merupakan bentuk penghargaan terhadap Ric (Frederic) Bouvier, salah satu ikon dari evolusi pelayanan ambulans dan profesi paramedis di Australia.

Dengan mendapatkan beasiswa ini, maka kamu akan mendapatkan beasiswa sebesar AU$9.185 atau sekitar Rp 860 juta. Beasiswa ini termasuk kompetitif karena hanya menyediakan 2 tempat saja untuk penerimanya. 

Scholarships for Research Addressing Social and Economic Disadvantages, beasiswa riset ekonomi di University of Sydney

Sesuai dengan namanya, beasiswa ini ditujukan bagi pelajar yang melakukan riset mengenai kerugian sosial dan ekonomi yang dapat dialami oleh masyarakat. Tentunya, beasiswa ini dikhususkan bagi para pelajar di School of Economics.

Dengan mendapat beasiswa ini, kamu bisa mendapatkan dana beasiswa sebesar $5.000. Pada dasarnya, beasiswa ini didanai oleh  ARC Centre of Excellence for Children and Families over the Life Course.

The University of Sydney Law School Dean’s Scholarship, beasiswa S2 hukum di University of Sydney

Pada dasarnya, The University of Sydney Law School Dean’s Scholarship merupakan beasiswa yang ditujukan bagi para pelajar internasional yang tertarik untuk mengambil program Juris Doctor atau Master of Laws (LLM) di University of Sydney.

Sebagai penerima beasiswa, kamu akan dibebaskan dari biaya perkuliahan sampai kamu lulus. Kemudian, kamu juga akan mendapatkan tunjangan sebesar AUD $10.000 (Rp97.377.330,-) per tahunnya.

Itulah sejumlah daftar beasiswa pilihan yang bisa kamu temukan di Australia, Kawan Rantau. Apakah kamu tertarik untuk mendaftar salah satunya?

For Your Information

Apakah ada beasiswa dari pemerintah Australia khusus untuk pelajar Indonesia?

Ada, Kawan Rantau. Kamu bisa mendapatkannya melalui beasiswa AAS.

Apa saja beasiswa yang bisa saya daftar untuk kuliah di Australia?

Pada umumnya beasiswa kuliah di Australia dibagi menjadi 2 kategori: Beasiswa pemerintah dan beasiswa dari masing-masing universitas. Ada berbagai macam beasiswa yang dapat kamu daftar dan kamu dapat mulai mencari nya dalam artikel ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Canberra?