fbpx

Daftar 9 Universitas Terbaik di Belanda untuk Kuliah Tahun 2021

Selan Inggris, Belanda telah menjadi salah satu negara favorit para pelajar Indonesia. Berbagai jurusan di Belanda juga telah menjadi favorit, seperti jurusan hukum dan juga sejarah. Kali ini, kami akan membahas 9 universitas terbaik di Belanda versi QS World University Rankings 2021. Kira-kira, universitas mana saja ya yang termasuk ke dalam daftar satu ini?

Kalau kamu penasaran, terus simak baik-baik ulasan kami berikut ini.

9. University of Twente

Sumber: igeon.eu

Berdasarkan pemeringkatan QS, University of Twente menempati peringkat ke-9 untuk universitas terbaik di Belanda. Universitas ini merupakan universitas teknik negeri yang berada di Enschede, Belanda.

University of Twente terkenal sebagai universitas yang menawarkan program S2 berkualitas dan menghasilkan lulusan yang siap kerja. Setidaknya, terdapat 5 fakultas dengan fokus berbeda yang ada di Twente. 

Fokus utama dari University of Twente adalah, Teknologi Biomedis dan Kesehatan, Teknik, Administrasi Publik Eropa, Teknologi Informasi, Administrasi Bisnis Internasional, Ilmu Tingkah laku, dan Sains dan Teknologi.

Kalau kamu merasa bahasa Belanda kamu masih belum sempurna, maka sangatlah tepat apabila kamu memilih University of Twente. Mengapa? Karena sejak 1 Januari 2020, University of Twente resmi menjadi universitas pertama di Belanda yang menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa utama.

8. Erasmus University Rotterdam

Sumber: wikiwand.com

Di posisi ke-8, kamu bisa menemukan Erasmus University Rotterdam. Sesuai dengan namanya, universitas satu ini terletak di Rotterdam. Uniknya, nama universitas ini dinamakan berdasarkan nama seorang humanis dan ahli teologi pada abad ke-15, Desiderius Erasmus Roterodamus.

Erasmus University Rotterdam merupakan salah satu kampus internasional. Setidaknya, ada lebih dari 6.000 pelajar internasional yang berada di universitas ini. Banyak sekali program-program yang ditawarkan diajarkan menggunakan bahasa Inggris. Jadi, kamu tidak akan terlalu kesulitan, Kawan Rantau.

Salah satu keunggulan dari Erasmus University Rotterdam adalah reputasi sekolah bisnis dan ekonomi mereka yang sempat menduduki peringkat pertama dalam QS World University Rankings by Subject 2018.

Oh, iya, kalau kamu memilih universitas satu ini, maka kamu akan mengikuti jejak Bung Hatta yang notabene merupakan wakil presiden pertama kita, Kawan Rantau.

7. University of Groningen

Sumber: studyinholland.co.uk

Pada peringkat ke-7 dari daftar 9 universitas terbaik di Belanda, kamu bisa menemukan University of Groningen. Tentu saja universitas satu ini terletak di Groningen dan merupakan universitas tertua kedua di Belanda. Iya, University of Groningen telah berdiri sejak tahun 1614.

Kota Groningen merupakan salah satu kota pelajar di Belanda. Seperempat penghuni Kota Groningen merupakan pelajar. Jadi, kamu bisa tinggal dengan nyaman di kota satu ini. Tentunya, banyak sekali tempat wisata yang dapat kamu kunjungi di Groningen. Berbagai macam museum, festival musik dan seni, serta destinasi kuliner dapat kamu temukan di Groningen.

Kemudian, University of Groningen akan menawarkan berbagai program yang bisa kamu pilih, mulai dari sejarah, seni, hingga bisnis internasional.

6. Leiden University

Sumber: universiteitleiden.nl

Pada dasarnya, pendirian Leiden University pada tahun 1575 merupakan bentuk hadiah pihak Kerajaan kepada kota Leiden karena upaya mereka dalam menahan serangan Spanyol pada saat Perang Delapan Tahun. Dengan demikian, Leiden University menjadi universitas tertua di Belanda.

Sebagai universitas riset, maka Leiden University telah menarik sejumlah peneliti berbakat untuk bergabung dengan Leiden. Kamu sebagai mahasiswa pun bisa mendapat kesempatan untuk mengembangkan kemampuan kamu dalam meneliti saat berkuliah di Leiden.

Kemudian, Leiden University juga merupakan salah satu kampus internasional. Jadi, tentu kamu akan banyak menemukan pelajar internasional di universitas ini.

5. Utrecht University

Sumber: itinari.com

Sesuai dengan namanya, Utrecht University merupakan universitas negeri yang terletak di Utrecht, Belanda. Telah berdiri sejak tahun 1636, Utrecht University menjadi salah satu universitas tertua yang ada di Belanda.

Setiap tahunnya, ada sekitar kurang-lebih 1.500 pelajar internasional yang memilih Utrecht untuk menempuh studi mereka. Program-program berpengantar bahasa Inggris bisa dipilih oleh para pelajar internasional ini.

Salah satu ciri khas dari Utrecht University adalah adanya Faculty of Social and Behavioural Sciences yang menyediakan enam disiplin ilmu. Keenam disiplin ilmu tersebut adalah, ilmu sosial interdisipliner, antropologi budaya, ilmu pendidikan, ilmu pedagogik, psikologi, dan sosiologi.

4. Eindhoven University of Technology

Sumber: archdaily.com

Berdasarkan pemeringkatan QS, Eindhoven University of Technology (TU/e) berhasil menduduki peringkat ke-4. TU/e merupakan universitas yang berada di Eindhoven dan merupakan salah satu universitas berbasis teknik terbaik di Belanda.

TU/e terkenal sebagai universitas kecil yang menghasilkan dampak besar. Dengan demikian, interaksi kamu di dalam kelas akan menjadi lebih mudah karena baik kamu dengan temanmu maupun para dosen, kamu akan saling mengenal satu sama lain.

Kemudian, TU/e akan membebaskan kamu untuk mengatur struktur perkuliahan kamu. Otomatis, kamu bisa berupaya untuk mulai membentuk karir kamu dari awal.

3. Wageningen University & Research

Sumber: thejakartapost.com

Berdasarkan pemeringkatan QS, Wageningen University & Research (WUR) berhasil menduduki peringkat ke-3 untuk universitas terbaik di Belanda. Akan tetapi, universitas yang berada di Wageningen ini juga terkenal sebagai universitas paling hijau di dunia. 

Universitas satu ini menjadi unik karena merupakan satu-satunya universitas di Belanda yang secara khusus berfokus pada topik “pangan sehat dan lingkungan”. Kebanyakan penelitian serta proses pengajaran di Wageningen menggunakan pendekatan ilmiah dan juga praktik secara langsung.

2. University of Amsterdam

Sumber: lu.linkedin.com

Bagi kamu yang ingin mendalami ilmu komunikasi, maka sangatlah tepat apabila kamu memilih University of Amsterdam sebagai universitas tujuanmu. Berkali-kali, University of Amsterdam berhasil mempertahankan posisinya sebagai sekolah komunikasi terbaik di dunia.

Akan tetapi, pada dasarnya UvA menawarkan berbagai program yang dapat kamu pilih. Dua ratus di antaranya diajarkan menggunakan bahasa Inggris. Jadi, kesempatan bagi kamu yang ingin berkuliah di universitas terbaik kedua di Belanda ini, Kawan Rantau.

Setelah berkuliah di UvA, kamu juga bisa mendapatkan kesempatan berkarir di sejumlah perusahaan besar di Belanda, seperti Philips dan Heineken.

1. Delft University of Technology

Sumber: tudelft.nl

Peringkat pertama universitas terbaik di Belanda ditempati oleh Delft University of Technology. Universitas satu ini terletak di Delft dan merupakan universitas teknik tertua dan terbesar di Belanda.

Ketika kamu berkuliah di TU Delft, maka kamu akan mendapatkan berbagai fasilitas penunjang, mulai dari lab komputer, perpustakaan, fasilitas olahraga, fasilitas seni, dan lainnya. 

Lalu, TU Delft termasuk universitas yang mudah dicapai karena sangat mudah diakses menggunakan transportasi umum. Bahkan, kamu bisa mencapai TU Delft menggunakan sepeda selama 5 menit dari pusat kota Delft.

Demikianlah pembahasan kami mengenai daftar 9 universitas terbaik di Belanda, Kawan Rantau. Apabila kamu ingin berkuliah di Belanda, maka kamu bisa memilih salah satu dari universitas di atas. Universitas pilihan lainnya untuk berkuliah di Belanda adalah, Radboud University, Maastricht University, dan Vrije Universiteit Amsterdam.

Baca juga alasan mengapa kamu harus memilih belajar hukum di Belanda.

For Your Information

Negara mana yang menjadi favorit pelajar di Eropa?

Selain Inggris, kamu bisa memilih Belanda, Kawan Rantau.

Di mana universitas terbaik di Belanda berada?

Temukan jawabannya di artikel ini, Kawan Rantau.

Ingin mengetahui cerita lain di Amsterdam?