fbpx

Daftar 7 Universitas Terbaik di Kanada untuk Kuliah Tahun 2021

Akhir-akhir ini, terdapat tren penurunan jumlah pelajar internasional di Amerika Serikat. Sedangkan, jumlah pelajar internasional di Kanada justru semakin meningkat. Biaya yang jauh lebih terjangkau beserta dengan kualitas yang juga baik, membuat pelajar lebih memilih Kanada dibandingkan Amerika Serikat. Kalau kalian bermaksud untuk melanjutkan studi di Kanada, berikut merupakan daftar 7 universitas terbaik yang ada di sana.

7. University of Waterloo, Waterloo, Ontario

Sumber: waterloochronicle.ca

Di peringkat ke-7, kamu bisa menemukan University of Waterloo. Peringkat tersebut berdasarkan pemeringkatan QS World University Rankings 2021. 

University of Waterloo dikenal sebagai salah satu universitas terbaik dunia. Kemudian, universitas yang berada di Waterloo, Ontario ini merupakan tempat bagi program kooperatif pendidikan untuk pascasarjana terbesar di dunia. 

Dengan demikian, tak heran apabila universitas satu ini mendapat gelar universitas paling inovatif di Kanada berdasarkan survei yang dilakukan Maclean. Tak tanggung-tanggung, University of Waterloo berhasil mempertahankan posisinya tersebut selama 25 tahun terakhir.

Sejumlah jurusan terbaik yang ada di University of Waterloo adalah sebagai berikut:

  1. Ilmu komputer dan sistem informasi
  2. Manajemen perhotelan 
  3. Matematika
  4. Teknik dan teknologi
  5. Fisika dan astronomi

6. McMaster University, Hamilton, Ontario

Sumber: agoda.com

Berada satu tingkat di atas University of Waterloo, maka kamu bisa menemukan McMaster University yang menduduki peringkat ke-6. 

Mulanya, McMaster University didirikan di Toronto pada tahun 1887. Universitas satu ini didirikan oleh Senator William McMaster, salah seorang anggota senat pertama setelah konfederasi dan merupakan pendiri dari Canadian Imperial Bank of Commerce. Baru kemudian pada tahun 1930, McMaster University direlokasi ke Hamilton.

Pada tahun 2018, ada sekitar lebih dari 27% pelajar internasional di McMaster University. Jelas bahwa McMaster termasuk terbuka pada kehadiran pelajar internasional.

Sejumlah jurusan terbaik yang ada di McMaster University adalah sebagai berikut:

  1. Olahraga
  2. Manajemen perpustakaan dan informasi
  3. Kedokteran
  4. Keperawatan
  5. Teologi

5. University of Alberta, Edmonton, Alberta

Sumber: suneducationgroup.com

Berdasarkan pemeringkatan QS, University of Alberta menduduki peringkat ke-119. Hal ini membuat University of Alberta menjadi universitas terbaik ke-5 di Kanada.

UAlberta menjadi begitu menarik karena berada di Edmonton. Edmonton sendiri merupakan salah satu termuda di Kanada yang memiliki pertumbuhan sangat cepat. Di sana, kamu bisa menemukan dinamika budaya dan juga perekonomian yang sangat kuat.

Dengan menjadi mahasiswa UAlberta, kamu mendapatkan kesempatan untuk melakukan program pertukaran pelajar maupun magang di lebih dari 100 negara berbeda. Menarik, bukan?

Jurusan-jurusan terbaik yang ada di University of Alberta adalah sebagai berikut:

  1. Teknik perminyakan
  2. Olahraga
  3. Teknik mineral dan pertambangan
  4. Keperawatan 
  5. Ilmu bumi dan kelautan

4. University of Montreal, Montreal, Quebec

Sumber: timeshighereducation.com

Tepat berada satu tingkat di atas University of Alberta, maka kamu bisa menemukan University of Montreal. Berdasarkan pemeringkatan QS, University of Montreal menduduki peringkat ke-118.

Tujuan utama pendirian UdeM adalah untuk menyediakan institusi pendidikan tinggi di Quebec, Kanada. Selama lebih dari 135 tahun, UdeM berhasil menjadi salah satu institusi penting dalam melayani masyarakat.

UdeM pertama kali didirikan pada tahun 1878 dan terdiri dari tiga fakultas, yakni teologi, hukum, dan kedokteran. Sekarang, kamu bisa menemukan lebih dari 600 program studi di UdeM.

Sejumlah jurusan terbaik yang bisa kamu pilih di UdeM adalah sebagai berikut:

  1. Statistika
  2. Kedokteran hewan
  3. Matematika
  4. Antropologi
  5. Teologi

3. University of British Columbia, Vancouver, British Columbia

Sumber: grad.ubc.ca

University of British Columbia pada tahun 2020 ini berhasil masuk ke peringkat 50 besar dunia. Dalam pemeringkatan QS, UBC berhasil menduduki peringkat ke-45. Hal ini membuat UBC lebih unggul dari University of Queensland (Australia) dan Shanghai Jiao Tong University (China).

UBC telah dikenal sebagai salah satu pusat pengajaran, pembelajaran, dan penelitian global. Salah satu ciri khas dari UBC adalah, universitas satu ini berhasil diakui sebagai universitas paling internasional di Amerika Utara.

Sejumlah jurusan terbaik di UBC beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Geografi
  2. Teknik mineral dan pertambangan
  3. Olahraga
  4. Manajemen perpustakaan dan informasi
  5. Ilmu bumi dan kelautan

2. McGill University, Montreal, Quebec

Sumber: studyabroad.shiksa.com

McGill University merupakan salah satu sekolah kedokteran terbaik di Kanada. Dengan adanya kerja sama antara Fakultas Kedokteran McGill dengan salah satu rumah sakit terbaik di Montreal, membuat McGill menjadi sangat tepat untuk dipilih.

Kemudian, biaya perkuliahan di McGill relatif lebih terjangkau dibanding universitas lainnya di Kanada. Terletak di jantung kota Montreal, membuat McGill menawarkan berbagai macam bentuk atraksi yang menarik.

Berdasarkan pemeringkatan QS, McGill University menduduki peringkat ke-31. Pada dasarnya, McGill berbagai tempat dengan King’s College London, Inggris, yang menduduki peringkat yang sama.

Sejumlah jurusan terbaik yang ada di McGill adalah sebagai berikut:

  1. Anatomi dan fisiologi
  2. Kedokteran
  3. Farmasi dan farmakologi
  4. Hukum
  5. Linguistik

1. University of Toronto, Toronto, Ontario

Sumber: trnto.com

Akhirnya, sampai juga kita di universitas terbaik di Kanada. Kali ini, pencapaian tersebut berhasil diraih oleh University of Toronto. Dalam pemeringkatan QS, University of Toronto menduduki peringkat ke-25. Universitas ini berhasil mengungguli Hong Kong University of Science and Technology (Hong Kong) dan University of Manchester (Inggris).

University of Toronto merupakan universitas negeri yang berada di Toronto, Ontario. Telah berdiri sejak tahun 1827, U of T dikenal sebagai institusi terbaik di bidang kritik sastra dan juga teori komunikasi. Kerap kali, U of T disebut sebagai Toronto School.

Jurusan-jurusan terbaik yang ada di U of T adalah sebagai berikut:

  1. Ilmu komputer dan sistem informasi
  2. Bahasa dan sastra Inggris
  3. Keperawatan
  4. Anatomi dan fisiologi
  5. Farmasi dan Farmakologi

Demikianlah daftar 7 universitas terbaik yang ada di Kanada, Kawan Rantau. Manakah yang menjadi pilihanmu? Yang pasti, universitas yang ada di Kanada ini memiliki karakteristik masing-masing dan tidak kalah dari universitas terbaik lainnya di dunia.

Baca juga keuntungan yang bisa kamu dapatkan apabila berkuliah di Kanada

For Your Information

Mengapa Kanada diminati oleh para pelajar?

Biaya yang jauh lebih terjangkau beserta dengan kualitas yang juga baik menjadi sejumlah alasannya.

Universitas mana saja yang termasuk ke dalam 7 universitas terbaik d Kanada?

Temukan jawaban lengkapnya dia artikel berikut ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Montreal?