fbpx

Daftar 5 Universitas Terbaik di Mesir yang Bisa Jadi Pilihan Pelajar Indonesia

Percaya atau tidak, berdasarkan data yang dihimpun oleh UNESCO, terdapat sekitar 2.183 pelajar Indonesia yang memilih untuk melanjutkan kuliah di Mesir. Hal ini menjadikan mesir sebagai negara favorit ke-6 bagi para pelajar Indonesia. Nah, kali ini kami akan membahas lebih lanjut mengenai 5 universitas terbaik di Mesir yang bisa menjadi pilihan kamu untuk melanjutkan studi.

5. Al-Azhar University

universitas terbaik di Mesir - Al Azhar University
Sumber: english-religion.info

Salah satu universitas yang paling menjadi favorit bagi pelajar Indonesia di Mesir adalah Al-Azhar University. Universitas yang berada di Kairo ini merupakan salah satu universitas tertua di dunia dan telah berdiri sejak tahun 972.

Al-Azhar University dikenal sebagai universitas islam paling prestisius di dunia. Dengan berkuliah di Al-Azhar, maka siswa dapat mendalami kajian mengenai hukum, logika, dan retorika Islam. Salah satu hal yang membuat Al-Azhar University sangat menarik adalah fakta bahwa ia merupakan satu-satunya universitas kuno di Arab yang bertahan sebagai universitas modern.

Universitas satu ini menawarkan berbagai program untuk jenjang sarjana maupun pascasarjana. Sejumlah fokus dari Al-Azhar University adalah bidang sains dan teknologi, bisnis dan manajemen, seni, bahasa dan humaniora, agrikultur, kedokteran, dan kedokteran gigi.

Perpustakaan di Al-Azhar University dianggap sebagai perpustakaan terpenting kedua di Mesir setelah Egyptian National Library and Archives.

4. Alexandria University

Sumber: pinterest.com

Alexandria University merupakan universitas negeri yang ada di Alexandria, Mesir. Universitas ini telah berdiri sejak tahun 1938 sebagai satelit dari Fouad University dan berdiri secara mandiri pada tahun 1942.

Sekarang ini, Alexandria University menampung lebih dari 150.000 mahasiswa penuh-waktu. Hal ini membuat Alexandria menjadi universitas terbesar kedua di Mesir.

Sejumlah program awal yang ada di Alexandria terdiri dari agrikultur, kedokteran, seni, pemasaran, teknik, hukum, dan seni. Sekarang, program tersebut telah berkembang dan berjumlah 23 secara total. Spesialisasi terbaru dari Alexandria University adalah program pendidikan turisme dan olahraga.

Terletak di Kota Alexandria yang merupakan pusat budaya dan ekonomi Mesir, membuat Alexandria University menjadi begitu istimewa. Kamu bisa langsung merasakan suasana wisata ketika berkuliah di universitas ini, Kawan Rantau. Bagaimanapun, Kota Alexandria sering kali dijuluki sebagai pearl of Mediterranean.

3. Ain Shams University

universitas terbaik di Mesir - Ain Shams University
Sumber: smapse.com

Ain Shams University merupakan universitas ketiga di Mesir dan didirikan pada Juli 1950. Kala itu, universitas ini bernama Ibrahim Pasha University. Ain Shams University memiliki tujuh lokasi kampus. Empat kampus berada di Alabassya, dua di Heliopolis, dan satu kampus di Shubra El Kheima.

Salah satu keunikan dari Ain Shams University adalah bangunan kampusnya yang dibangun di tempat Zaafarana Palace dulunya berada. 

Sejumlah fakultas yang berada di kampus utama Ain Shams adalah seni, hukum, dan sains. Sedangkan, di kampus lainnya, kamu bisa menemukan fakultas pemasaran, teknik, kedokteran, agrikultur, pendidikan, farmasi, kedokteran gigi, komputer dan ilmu informasi, dan keperawatan.

Saat ini, Ain Shams selalu berupaya memberikan kesempatan bagi mahasiswanya untuk belajar di luar negeri. Hal ini dibuktikan dengan upaya kemitraan Ain Shams dengan sejumlah institusi seperti Imperial College London (Inggris), Monash University (Australia), dan McGill University (Kanada).

Sejumlah alumni terkenal lulusan dari Ain Shams adalah, Perdana Menteri Mesir Abd El Aziz Muhammad Hegazi dan Serif Ismail, serta filsuf Amerika, Charles Butterworth.

2. Cairo University

Sumber: youtube.com

Kalau kamu berkunjung ke Giza, kamu tidak hanya akan menemukan Piramida Mesir, Kawan Rantau, tapi juga universitas terbaik kedua di Mesir, yakni Cairo University. Meskipun bernama Cairo, pada nyatanya Cairo University sama sekali tidak terletak di ibu kota Mesir tersebut. 

Cairo University telah berdiri sejak tahun 1908 dan menjadi tempat dari 23.000 mahasiswa menuntut ilmu. Tiga persen dari jumlah tersebut merupakan para pelajar internasional. Dengan berkuliah di universitas ini, maka para pelajar dapat menikmati biaya hidup yang rendah serta bisa berkunjung ke sejumlah atraksi wisata kuno yang ada di kota ini.

Terdapat lebih dari 25 fakultas yang ada di Cairo University. Fakultas tersebut terdiri dari teknik, kedokteran, agrikultur, dan arekeologi. Meskipun bahasa resmi dari Mesir adalah Bahasa Arab, kamu tidak perlu khawatir, Kawan Rantau, karena bahasa pengantar di Cairo University adalah bahasa Inggris.

Sejumlah alumni terkenal lulusan dari Cairo University adalah Boutros Boutros-Ghali (mantan sekretaris jenderal PBB), Omar Sharif (aktor nominasi Oscar), Mohamed Morsi (mantan presiden Mesir), dan Amr Moussa (sekretaris jenderal dari Arab League pada tahun 2001 hingga 2011).

1. The American University in Cairo

universitas terbaik di Mesir -  The American University in Cairo
Sumber: aucegypt.edu

Universitas yang menawarkan sistem pembelajaran ala Amerika ini berhasil menjadi universitas terbaik di Mesir. Hal ini sesuai dengan pemeringkatan yang dikeluarkan oleh QS World University Rankings 2021.

American University in Cairo (AUC) menawarkan 37 program sarjana, 44 program magister, dan 2 program PhD yang berakan pada pendidikan liberal arts. Hal ini mendorong para siswa untuk mampu berpikir kritis dan menemukan solusi kreatif dari konflik dan tantangan yang dihadapi di kawasan maupun dunia.

Berikut merupakan sejumlah fakultas yang ada di AUC:

  1. Hukum
  2. Ilmu fisika
  3. Seni dan humaniora
  4. Teknik dan teknologi
  5. Pendidikan
  6. Ilmu sosial
  7. Ilmu komuter
  8. Bisnis dan manajemen
  9. Psikologi
  10. Ilmu kehidupan

AUC telah menjadi tempat bagi sejumlah tokoh dunia, seperti Queen Rania Al Abdullah (Ratu Yordania), Maumoon Abdul Gayoom (mantan presiden Maldives), Yurike Koike (gubernur perempuan Jepang pertama, menteri pertahanan Jepang), dan Haifaa Al-Mansour (pembuat film perempuan pertama di Arab Saudi).

Dengan demikian, berakhir sudah pembahasan kami mengenai universitas terbaik di Mesir, Kawan Rantau. Memilih Mesir untuk menjadi negara tujuanmu melanjutkan kuliah bisa menjadi pilihan yang menarik. Yang perlu kamu lakukan adalah berupaya mencari program yang cocok untukmu dan sesuai dengan minatmu.

Baca juga daftar 5 universitas terbaik yang ada di Malaysia.

For Your Information

Mengapa Mesir jadi favorit para pelajar Indonesia?

Salah satunya adalah daya tarik Mesir sebagai salah satu pusat studi Islam terkemuka di dunia.

Di mana universitas terbaik di Mesir berada?

Kamu bisa menemukan jawaban lengkapnya di artikel berikut ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Alexandria?