fbpx

Daftar 5 Universitas Terbaik di Inggris untuk Jurusan Kedokteran

Berdasarkan data yang dihimpun oleh Higher Education Statistics Agency (HESA), jurusan kedokteran menjadi jurusan yang difavoritkan para pelajar setelah Bisnis di Inggris. Hal ini disebabkan oleh kualitas universitas di Inggris yang menawarkan jurusan kedokteran sangatlah mumpuni. Kelima sekolah kedokteran terbaik di Inggris menduduki posisi 20 besar di dunia. 

Apakah kamu penasaran universitas mana saja yang termasuk ke dalam daftar kali ini? Berikut pembahasan lengkap kami.

Oxford Medical School, University of Oxford

Universitas terbaik di Inggris jurusan kedokteran - University of Oxford
Sumber: medsci.ox.ac.uk

Jurusan kedokteran di University of Oxford telah diakui sebagai salah satu jurusan terbaik di dunia. Berdasarkan pemeringkatan QS World University Rankings by Subject 2020, University of Oxford menduduki peringkat kedua. Hal ini membuat University of Oxford resmi menjadi universitas dengan jurusan kedokteran terbaik di Inggris.

Pembelajaran di Oxford untuk mendapatkan gelar BA in medical science setidaknya akan membutuhkan waktu selama enam tahun. Tiga tahun untuk tahapan pra klinis yang kemudian diikuti tahapan klinis selama tiga tahun.

Perkuliahan di Oxford nantinya akan terdiri dari sejumlah serial pembelajaran, praktik, dan lainnya. Seluruh mata kuliah yang ada di Oxford akan membekali kamu dengan berbagai pemahaman mengenai metode ilmiah dan sains yang berguna saat kamu berkarir nantinya.

School of Clinical Medicine, University of Cambridge

Sumber: medschl.cam.ac.uk

Peringkat kedua untuk universitas dengan jurusan terbaik di Inggris diduduki oleh University of Cambridge. Melalui situs resminya, University of Cambridge menyatakan bahwa jurusan kedokteran mereka menarik secara intelektual dan menantang secara profesional. 

Sebagai seorang mahasiswa kedokteran Cambridge, kamu bisa menjalani berbagai pembelajaran kedokteran yang unik serta kesempatan untuk terlibat dalam proyek maupun penelitian.

Sama seperti di Oxford, perkuliahan kedokteran membutuhkan waktu selama enam tahun, yakni tiga tahun untuk perkuliahan pra-klinis dan tiga tahun berikutnya untuk perkuliahan klinis.

UCL Medical School, University College London

Universitas terbaik di Inggris jurusan kedokteran - UCL
Sumber: ucl.ac.uk

UCL Medical School menjadi universitas terbaik Inggris ketiga di bidang kedokteran. Berdasarkan pemeringkatan QS, UCL berada pada posisi ke-8, yakni tepat satu tingkat mengungguli Yale University.

Program berdurasi enam tahun di UCL Medical School terdiri dari BSc terintegrasi yang menuntut pada Bachelor of Science (BSc) dan Bachelor of Medicine and Bachelor of Surgery (MBBS). 

Kurikulum yang berjalan di UCL berpusat pada masalah kunci kesehatan, presentasi klinis, dan jalur pasien.

Sebagai mahasiswa UCL, maka kamu akan bergabung dengan salah satu sekolah kedokteran paling prestisius di dunia. Pada dasarnya, UCL telah mendidik para dokter terbaik di dunia sejak tahun 1834. Enam dari mahasiswa yang pernah berkuliah di UCL bersama dengan staf mendapatkan Penghargaan Nobel. Hal ini disebabkan oleh penemuan para tim peneliti UCL mengenai adrenalin, sistem imun, hormon aldosterone, dan penyakit auto-imun.

Imperial College London

Sumber: imperial.ac.uk

Terpaut dua posisi dari UCL, ada Imperial College London yang masih masuk 10 besar sekolah kedokteran terbaik dunia. Pembelajaran di Imperial terkenal sebagai percampuran antara metode pembelajaran inovatif dan tradisional. Hal ini tentu menarik untuk ditelaah lebih lanjut. 

Salah satu penekanan di Imperial, proses pengajaran akan berbasis pada kasus dan memberikan pelayanan kepada pasien menjadi prioritas utama. Sama seperti universitas lainnya, pembelajaran di Imperial juga akan memakan waktu selama enam tahun.

Pada dasarnya, Fakultas Kedokteran di Imperial merupakan salah satu yang terbesar di Eropa. Kampusnya sendiri tersebar dari London Utara dan Barat. Sejumlah kemitraan dengan rumah sakit maupun klinik dibentuk oleh Imperial College London untuk mendukung pembelajaran yang ada.

University of Edinburgh

Universitas terbaik di Inggris jurusan kedokteran - University of Edinburg
Sumber: ed.ac.uk

Jurusan kedokteran di Edinburgh akan menawarkan kurikulum yang inovatif dan modern bagi praktik kedokteran kontemporer. Tujuan besar dari Edinburgh adalah menghasilkan dokter yang kompeten, penuh etika, dan reflektif.

Selama berkuliah di Edinburgh, kamu akan dibekali pengetahuan mengenai penelitian medis yang pastinya akan berguna ketika kamu berkarir sebagai dokter. Pada dasarnya, program kedokteran di Edinburgh telah terakreditasi oleh UK General Medical Council dan telah diakui oleh badan akreditasi luar negeri seperti Amerika, Kanada, dan Australia.

Dalam pemeringkatan QS, University of Edinburgh berhasil menduduki peringkat ke-19 dan berhasil mengungguli McGill University (Kanada) dan National university of Singapore (Singapura).

Universitas pilihan lainnya bagi kamu yang ingin melanjutkan studi kedokteran di Inggris adalah, King’s College London dan London School of Hygiene and Tropical Medicine. Jadi, kamu masih tetap bisa mendapatkan pembelajaran kedokteran terbaik di negeri satu ini, Kawan Rantau. Tentu masing-masing memiliki ciri khas, jadi kamulah yang bisa memutuskan mana universitas yang terbaik untuk diri kamu sendiri.

Baca juga daftar 5 universitas terbaik di Amerika untuk jurusan kedokteran. Harvard dan Stanford termasuk, lho!

For Your Information

Mengapa jurusan kedokteran menjadi favorit di Inggris?

Hal ini disebabkan oleh kualitas pendidikan di Inggris sepadan dengan sekolah kedokteran di Amerika. Jadi, tak heran apabila Inggris menjadi pilihan dari para pelajar.

Universitas mana saja yang menawarkan jurusan kedokteran terbaik di Inggris?

Temukan jawaban lengkapnya di artikel ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Cambridge?