fbpx

Daftar 5 Universitas Terbaik di Inggris untuk Jurusan Bisnis

Selain Amerika, tentu Inggris menjadi salah satu negara favorit para pelajar internasional. Kualitas pendidikan tinggi di negara satu ini pun tidak perlu diragukan lagi. Tak heran apabila jumlah pelajar internasional di Inggris terus meningkat. Kali ini, kami akan membahas lebih lanjut mengenai daftar 5 universitas terbaik di Inggris untuk jurusan bisnis. Mengapa bisnis? Karena, ternyata banyak sekali universitas di Inggris yang mumpuni dan bereputasi untuk jurusan satu ini.

1. London Business School

Sumber: economist.com

Posisi pertama untuk universitas terbaik dalam jurusan bisnis diduduki oleh London Business School. Sekolah bisnis yang telah berdiri sejak tahun 1964 ini menduduki peringkat ketiga dunia dalam QS World University Rankings by Subject 2020.

Pada dasarnya, London Business School merupakan komunitas bisnis global dan paling berwarna di London. Dengan cara pandang yang beragam, LBS telah menjadi salah satu sekolah bisnis yang menginspirasi dan memberikan pengaruh terhadap dunia bisnis di seluruh dunia.

Dengan berkuliah di LBS, maka kamu tidak perlu khawatir termarginalisasi. Karena, berdasarkan statistik yang ada, 90% pelajar MBA di LBS merupakan pelajar internasional. Kemudian, beasiswa yang diberikan oleh LBS kepada mahasiswanya mencapai €22 juta pada tahun akademis 2019-2020.

Sejumlah program yang bisa kamu temukan di LBS adalah sebagai berikut:

  1. Masters in Management
  2. Global Masters in Management
  3. Masters in Analytics and Management
  4. Masters in Financial Analysis
  5. MBA
  6. Masters in Finance
  7. LBS Sloan Masters in Leadership and Strategy
  8. Program PhD

2. Cambridge Judge Business School, University of Cambridge

Sumber: psychometrics.cam.ac.uk

Cambridge Judge Business School merupakan sekolah bisnis yang ada di University of Cambridge. Sekolah ini merupakan penyedia pendidikan manajemen dan secara konsisten masuk ke dalam daftar sekolah bisnis terbaik di dunia. Dalam pemeringkatan QS, JBS menduduki peringkat ke-8 dunia dan kedua di Inggris.

Pada dasarnya, kualitas dan reputasi dari JBS ini didorong oleh ekosistem kewirausahaan yang ada. Sebagai bagian dari universitas riset berkelas dunia, JBS juga mendapatkan keuntungan dari komunitas bisnis lokal yang ada. 

Cambridge University sendiri dikelilingi oleh berbagai pusat sains, ekonomi, bisnis, dan teknologi. Banyak dari institusi bisnis yang ada di Cambridge menjalin kemitraan dengan JBS. Hal ini menjadikan University of Cambridge terus bertambah dan dikenal sebagai Cambridge Phenomenon.

Sejumlah program yang bisa kamu temukan di JBS adalah sebagai berikut:

  1. MBA
  2. Master of Finance
  3. Master of Studies in Entrepreneurship
  4. MPhil in Management
  5. PhD
  6. Business Doctorate
  7. Executive MBA
  8. Master of Accounting
  9. Master of Studies in Social Innovation
  10. MPhil in Technology Policy

3. London School of Economics and Political Science (LSE)

Sumber: lse.ac.uk

Departemen Manajemen dari LSE baru berdiri pada tahun 2006 dan terdiri dari empat unit akademis lainnya, yakni Employment Relations and Organisational Behavior, Information Systems and Innovation, Managerial Economics and Strategy dan Management Science.

Setiap tahunnya, sekolah bisnis satu ini terus menduduki peringkat terbaik di Eropa. Secara konsisten, sekolah bisnis di LSE selalu masuk dalam daftar 15 besar universitas terbaik di dunia. Untuk tahun ini, LSE berhasil menduduki peringkat ke-10 dan mengungguli University of Oxford. Pada akhirnya, LSE menjadi universitas terbaik ketiga di Inggris untuk jurusan bisnis.

Dengan berkuliah di LSE, maka kamu bisa mendapatkan kesempatan unik untuk mempelajari ilmu sosial di institusi terbaik dunia sembari menikmati berbagai fasilitas budaya, sosial, dan rekreasional di London.

Sejumlah program yang tersedia di LSE adalah sebagai berikut:

  1. Masters in Management
  2. MSc Marketing
  3. MSc Social Innovation and Entrepreneurship
  4. MSc Human Resources and Organisations
  5. MSc Management of Information Systems and Digital Innovation
  6. MSc Management and Strategy
  7. MSc Economics and Management

4. Saïd Business School, University of Oxford

Sumber: sbs.ox.ac.uk

Saïd Business School merupakan sekolah bisnis di University of Oxford dan dinamai menurut salah satu milyuner Syria-Saudi Arabia, Wafic Saïd. Oxford Saïd pada dasarnya merupakan pusat pembelajaran untuk jenjang sarjana dan pascasarjana di bidang bisnis, manajemen, dan keuangan.

Pada dasarnya, University of Oxford tidak mendirikan sekolah bisnis hingga tahun 1965. Padahal, sudah sekitar 150 tahun berlalu sejak kata sekolah bisnis pertama di dunia dibuka di Paris.

Akan tetapi, keberadaan dari Saïd Business School harus diapresiasi karena secara konsisten terus masuk ke dalam jajaran sekolah bisnis terbaik di dunia dalam pemeringkatan QS. 

Salah satu kelebihan dari Saïd Business School adalah lokasinya yang berada di jantung Inggris. Letak dari University of Oxford tidak terlalu jauh dari London, bahkan bisa ditempuh dengan kereta dalam waktu kurang dari satu jam. Kemudian, akses menuju Bandara Heathrow pun juga lebih mudah. Kota-kota besar lainnya di Inggris seperti Birmingham dan Bristol pun juga relatif mudah dicapai.

Pada akhirnya, tidak mengherankan apabila banyak pelajar yang memilih untuk kuliah bisnis di Oxford. Selain kualitas pendidikannya yang baik, juga mudah bagi mereka untuk mendapatkan pekerjaan setelah lulus. Bahkan, mereka juga akan dibekali dengan berbagai kemampuan untuk mendirikan perusahaan start up-nya secara mandiri.

Sejumlah program yang tersedia di Saïd Business School adalah sebagai berikut:

  1. Executive MBA
  2. DpHil Finance
  3. MSc Financial Economics
  4. PGDip FInancial Strategy
  5. PGDip Global Business
  6. MSc Law and Finance
  7. MSc Major Programme Management
  8. DPhil Management
  9. MBA
  10. PGDip Organisational Leadership
  11. PGDip Strategy and Innovation

5. Warwick Business School, University of Warwick

Sumber: pimnetwork.org

Warwick Business School merupakan salah satu departemen bagian dari Faculty of Social Sciences dari Warwick University. Sekolah bisnis satu ini telah berdiri sejak tahun 1967 sebagai School of Industrial and Business Studies. Berdasarkan pemeringkatan QS, Warwick Business School termasuk salah satu sekolah bisnis paling prestisius di dunia.

Memilih berkuliah di WBS berarti memilih terbuka pada gagasan, dan sudut pandang baru. Salah satu hal yang ingin ditekankan oleh WBS adalah mempersiapkan para lulusannya untuk menjadi Changemaker. Dengan latar belakang yang beragam, WBS berkembang menjadi sekolah bisnis yang unik dan penuh dengan inovasi.

Berdasarkan pemeringkatan QS, WBS berhasil menduduki peringkat ke-23 dunia dan mengungguli sejumlah sekolah bisnis lainnya di Inggris seperti Imperial College London da University of Manchester.

Sejumlah program yang tersedia di WBS adalah sebagai berikut:

  1. BSc Accounting & Finances
  2. BSc International Business
  3. BSc International Management
  4. BSc Management
  5. MBA
  6. Executive MBA
  7. PhD Program
  8. Doctor of Business Administration
  9. Postgraduate Program

Demikianlah pembahasan kami mengenai daftar 5 universitas terbaik di Inggris untuk jurusan bisnis, Kawan Rantau. Pilihan sekolah bisnis lainnya yang dapat kamu pilih adalah Imperial College London dan University of Manchester. 

Well, kelima universitas di atas memang memiliki ciri khas masing-masing. Tak heran apabila kelima universitas tersebut sangatlah selektif dan menarik untuk dipilih.

Baca juga daftar 5 sekolah bisnis terbaik di Asia, termasuk INSEAD dan NBS.

For Your Information

Mengapa Inggris menjadi favorit pelajar internasional?

Salah satunya karena kualitas pendidikan tingginya yang sangat baik.

Dimana universitas terbaik di Inggris untuk jurusan bisnis?

Temukan jawaban lengkapnya di artikel ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Cambridge?