fbpx

Daftar 5 Universitas Terbaik di Australia untuk Kuliah Jurusan Kedokteran

Australia merupakan salah satu negara yang menjadi negara tujuan para pelajar di Indonesia. Apalagi, banyak sekali beasiswa yang ditawarkan, termasuk beasiswa AAS yang jadi incaran banyak pelajar Indonesia. Universitas di Australia ini juga menyediakan banyak sekali jurusan yang menarik, termasuk jurusan Kedokteran.

Nah, kalau kamu tertarik untuk kuliah jurusan kedokteran di Australia, kamu bisa mempertimbangkan 5 universitas berikut ini, Kawan Rantau.

University of Melbourne (Melbourne)

jurusan kedokteran University of Melbourne
Sumber: twitter.com

Jurusan kedokteran dari University of Melbourne merupakan jurusan kedokteran terbaik di Australia. Dalam pemeringkatan QS World University Rankings by Subject 2020, University of Melbourne menduduki peringkat ke-16. Pencapaian tersebut membuat University of Melbourne mendapat peringkat lebih tinggi dari National University of Singapore (Singapura) dan McGill University (Kanada).

Di bawah naungan Faculty of Medicine, Dentistry, and Health Sciences, jurusan kedokteran dari University of Melbourne telah berkontribusi pada masyarakat selama lebih dari 150 tahun.

Apabila kamu mengambil program Bachelor of Medical Science (BMedSci) di University of Melbourne, kamu akan menjalani program satu tahun untuk mendalami seluruh seluk-beluk dunia kesehatan secara umum. Kemudian, kamu bisa mengambil peminatan sesuai dengan minat kamu. Kamu bisa memilih antara ortopedi, bedah, dermatologi, kardiologi, psikiatri, pediatrik, nefrologi, dan juga endokrinologi.

University of Sydney (Sydney)

Sumber: sydney.edu.au

Berbeda dua peringkat dari University of Melbourne, jurusan kedokteran dari University of Sydney berhasil menduduki posisi ke-18 dalam pemeringkatan QS. Hal ini menjadikan jurusan kedokteran di University of Sydney menempati posisi kedua terbaik di Australia.

Pada dasarnya, Sydney Medical School telah berdiri sejak tahun 1865. Setiap tahunnya, Sydney Medical School mengajar lebih dari 2.000 mahasiswa S1 di berbagai bidang kesehatan, mulai dari kedokteran hingga kesehatan masyarakat. Kemudian, mereka juga mewadahi 1.200 mahasiswa pascasarjana di bidang kedokteran.

Apabila kamu menjalani studi kedokteran di University of Sydney, maka setidak-tidaknya kamu harus menghabiskan waktu 7 tahun untuk menyelesaikannya. Uniknya, di University of Sydney kamu bisa mengambil program Double Degree yang menggabungkan studi S1 kamu, baik Bachelor of Arts maupun Bachelor of Science, dengan Doctor of Medicine (MD).

Lalu, untuk kemampuan berbahasa Inggris, minimal nilai TOEFL-IBT yang harus kamu penuhi adalah 96 dengan rincian minimal 23 untuk reading, listening, dan speaking, serta 25 untuk writing. Sedangkan, untuk tes IELT, kamu harus memiliki nilai minimal 7.0 untuk keseluruhan dan masing-masing aspek.

Monash University (Melbourne)

jurusan kedokteran - monash university
Sumber: sunway.com

Berada tepat di bawah University of Amsterdam (Belanda), Monash University berhasil meraih peringkat ke-31 di pemeringkatan QS. Pencapaian Monash University ini berhasil mengungguli sekolah kedokteran terbaik di Korea Selatan, yakni Seoul National University.

Monash School of Medicine hadir untuk memberikan pendidikan kelas dunia. Fokus dari Monash School of Medicine adalah keselamatan pasien dari praktik profesional sehingga kamu akan siap menjadi lulusan yang berguna bagi komunitas dunia.

Sejak tahun 2017, Bachelor of Medical Science and Doctor of Medicine (MD) akan menggantikan Bachelor of Medicine and Bachelor of Surgery (Honours) MBBS. Program baru ini akan lebih banyak berfokus untuk mencetak lulusan Monash yang mampu berkontribusi pada kesehatan masyarakat secara lokal maupun global. 

Sejumlah mata kuliah penting yang akan kamu pelajari di Monash School of Medicine adalah, anatomi, fisiologi, biokimia, dan juga neurosains. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan pelatihan klinis untuk seluruh disiplin, termasuk kedokteran, bedah, kesehatan perempuan dan anak, kesehatan mental, dan lainnya. Program kedokteran di Monash School of Medicine ini terbuka bagi pelajar Australia maupun internasional.

University of New South Wales (Sydney)

Sumber: twitter.com

Menduduki posisi ke-46 dalam pemeringkatan QS, telah menjadikan UNSW sebagai sekolah kedokteran terbaik ke-4 di Australia.

Bachelor of Medical Studies/Doctor of Medicine di UNSW merupakan program penuh waktu selama enam tahun yang ditawarkan oleh Faculty of Medicine. Program ini dikenal akan pembelajarannya yang mencampurkan pengalaman klinis dan juga penelitian terfokus. Hal inilah yang membuat jurusan kedokteran UNSW menjadi favorit bagi para lulusan sekolah menengah.

Mulai tahun pertama, kamu dapat merasakan pengalaman langsung untuk belajar di rumah sakit. Hal ini tentu menjadi dasar bagimu untuk mengembangkan kemampuan klinis sedari awal. Kemudian, pada tahun keempat, kamu bisa mengambil Independent Learning Project (ILP) atau proyek penelitian, Melalui proyek ini, kamu diharapkan mampu membekali diri dengan kemampuan serta pengetahuan yang berguna bagi kesehatan masyarakat.

UNSW merupakan satu dari sedikit universitas di Australia yang menawarkan jurusan kedokteran untuk tingkat S1. Jadi, kamu sebagai lulusan SMA, bisa langsung mendaftar jurusan kedokteran di UNSW.

University of Queensland (Brisbane)

jurusan kedokteran university of queensland
Sumber: medicine.uq.edu.au

University of Queensland berhasil menyandang status sebagai sekolah kedokteran terbaik ke-5 di Australia. Universitas yang berada di Brisbane ini memiliki tekad untuk menghasilkan para tenaga kesehatan profesional dan peneliti yang menginginkan perubahan.

Baik sebagai lulusan SMA ataupun S1, kamu bisa memilih UQ untuk mendalami jurusan kedokteran. Kamu bisa menemukan program Doctor of Medicine (MD), Bachelor of Health Sciences, maupun program pascasarjana. 

Untuk program MD, durasi perkuliahan yang harus kamu penuhi adalah empat tahun. Pada tahun pertama dan kedua, kamu akan mempelajari ilmu biomedis, kesehatan masyarakat, etika kedokteran, dan juga pelatihan kemampuan klinis berdasarkan konteks pembelajaran yang ada.

Kemudian, untuk tahun ketiga dan keempat, kamu akan menjalani penempatan klinik di rumah sakit, klinik, maupun tempat praktik kesehatan umum yang berada di Queensland. Setelah lulus dan mendapatkan gelar MD, maka kamu bisa berkarir sebagai dokter umum, dokter bedah, peneliti klinis, hingga manajer kesehatan publik.

Demikianlah penjelasan lengkap kami mengenai jurusan kedokteran terbaik di universitas-universitas yang ada di Australia, Kawan Rantau. Kalau kamu memang berminat untuk melanjutkan studi kedokteran di Australia, kamu bisa mempertimbangkan satu dari universitas yang ada di daftar ini.

Baca juga rekomendasi kuliah kebidanan yang bisa kamu pilih di Australia.

For Your Information

Mengapa Australia jadi negara tujuan favorit pelajar Indonesia?

Selain kedekatan geografis, banyak sekali beasiswa yang ditawarkan di Australia. Apalagi, program yang ditawarkan pun sangat beragam.

Apa jurusan favorit yang ada di Australia?

Salah satu jurusan favorit di Negeri Kanguru ini adalah jurusan kedokteran.

Di mana jurusan kedokteran terbaik di Australia berada?

Temukan jawabannya di artikel berikut ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Brisbane?