fbpx

Daftar 5 Universitas Terbaik di Amerika untuk Jurusan Hukum

Selain bisnis dan kedokteran, jurusan hukum di Amerika juga menarik perhatian para pelajar internasional. Apalagi, banyak sekali sekolah hukum prestisius yang ada di Amerika. Apabila kamu tertarik untuk melanjutkan kuliah jurusan hukum di Amerika, maka berikut kami paparkan 5 universitas terbaik yang bisa kamu pilih.

Harvard Law School, Harvard University

Sumber: today.law.harvard.edu

Ketika membicarakan sekolah hukum terbaik di Amerika, atau bahkan dunia, kita tidak bisa begitu saja melewatkan Harvard Law School. (HLS) Berdasarkan pemeringkatan QS World University Rankings 2020 By Subject, Harvard University berhasil menduduki peringkat pertama dunia. Otomatis, Harvard University menjadi universitas terbaik di Amerika untuk jurusan hukum.

Pada dasarnya, HLS telah berdiri sejak tahun 1817 dan diakui sebagai salah satu sekolah hukum tertua di Amerika. Kemudian, HLS juga menjadi rumah bagi perpustakaan hukum terbesar di dunia. 

Diperkirakan, setidaknya ada 1.990 mahasiswa di HLS setiap tahunnya. Dari jumlah tersebut, terdapat 1.750 mahasiswa Juris Doctor (J.D.), 180 mahasiswa Master of Laws (LL.M.), dan 60 mahasiswa Doctor of Juridical Science (S.J.D.).

Sejumlah tokoh terkenal yang merupakan lulusan dari HLS beberapa di antaranya adalah, Barack Obama (Presiden Amerika Serikat ke-44), Michelle Obama (Ibu Negara Amerika Serikat ke-44), dan Anne-Marie Slaughter (analis kebijakan publik dan dekan dari Princeton School of Public Policy).

Yale Law School, Yale University

Sumber: nslcleaders.org

Peringkat kedua untuk sekolah hukum terbaik di Amerika diraih oleh Yale Law School, Yale University. YLS dikenal sebagai salah satu sekolah hukum yang menawarkan lingkungan terbaik untuk mempelajari hukum.

Baik kamu yang tertarik dengan hukum konstitusional maupun pidana, kamu bisa menemukan bahwa YLS merupakan tempat terbaik bagimu untuk menimba ilmu. Setidaknya, terdapat hampir 200 mata kuliah yang diajarkan di YLS. Seluruh mata kuliah tersebut diajarkan oleh para ahli di bidang akademis maupun praktis.

Sejumlah bidang yang dapat kamu temukan di YLS adalah sebagai berikut:

  1. Hukum administrasi
  2. Hukum tata negara
  3. Hukum korporasi dan perniagaan
  4. Peradilan pidana
  5. Hukum lingkungan
  6. Hukum Hak Asasi Manusia
  7. Hukum teknologi informasi
  8. Hukum internasional
  9. Hukum dan kesehatan
  10. Hukum dan Media
  11. Pengajaran hukum
  12. Hukum kepentingan publik

Stanford Law School, Stanford University

Sumber: law.com

Berada tepat di bawah YLS, Stanford Law School (SLS) hadir sebagai sekolah hukum terbaik ketiga di Amerika. Berdasarkan pemeringkatan QS, SLS berhasil mengungguli London School of Economics and Political Science (LSE), Inggris.

SLS telah berdiri sejak tahun 1893 dan bertujuan menyediakan wadah bagi para pelajar yang ingin meniti karir di bidang hukum. Di SLS kamu bisa menemukan sejumlah program, yakni Doctor of Jurisprudence (J.D.), Master of Laws (L.L.M), Master of the Science of Law (J.S.M), Doctor of the Science of Law (J.S.D), dan program non-degree, Master of Legal Studies (M.L.S).

Sejumlah tokoh terkenal yang merupakan lulusan dari SLS adalah, Amanda Brown (penulis novel, termasuk Legally Blonde), Maya Harris (wakil ketua untuk Peace and Social Justice di Ford Foundation), dan Peter Thiel (pendiri PayPal).

Berkeley Law, University of California, Berkeley (UCB)

Sumber: dailycal.org

Terpaut dua posisi dari SLS, kamu bisa menemukan Berkeley Law di peringkat ke-7 pemeringkatan QS. Hal ini menjadikan Berkeley Law menjadi sekolah hukum terbaik keempat di Amerika Serikat.

Berkeley Law merupakan salah satu dari 14 fakultas yang ada di UCB. Secara konsisten, Berkeley Law selalu masuk sebagai salah satu sekolah hukum terbaik. Sejumlah bidang yang dapat dipelajari di Berkeley Law adalah, keadilan sosial dan kepentingan publik, bisnis, hukum dan teknologi, hukum lingkungan, peradilan pidana, hukum internasional, tata negara dan peraturan perundang-undangan, serta hukum dan ekonomi.

Pada dasarnya, Berkeley Law telah menghasilkan sejumlah pemimpin di bidang hukum, pemerintahan, maupun masyarakat. Sejumlah tokoh terkenal yang merupakan lulusan dari Berkeley Law adalah, Mitchell Barker (CEO Mozilla Corporation), Philip Alston (pakar hukum internasional), dan Paula Boggs (Mantan Wakil Direktur Starbucks Corporation).

Columbia Law School, Columbia University

Sumber: businessinsider.com

Terakhir, untuk peringkat kelima dalam daftar universitas terbaik di Amerika untuk jurusan hukum diduduki oleh Columbia University. Sekolah hukum yang berada di New York ini terkenal akan kurikulumnya dan juga banyaknya beasiswa yang diberikan.

Kurikulum yang dimaksud disini adalah kurikulum yang sangat inovatif.  Dengan pengajaran yang serba interdisiplin, maka para lulusan dari Columbia Law School mampu menghadapi tantangan di berbagai sektor. Kemudian, kemitraan yang terjalin antara Columbia University dan sejumlah institusi dapat membantu para lulusan CLS nantinya.

Sampai saat ini, Columbia University telah menjalin kerja sama dengan berbagai perusahaan, organisasi non pemerintahan, hingga institusi pendidikan. Jadi, kamu bisa membayangkan bukan betapa beragamnya pengalaman yang bisa kamu dapatkan ketika berkuliah di sini?

Sejumlah bidang yang dapat kamu pelajari di CLS adalah sebagai berikut: 

  1. Hukum pidana, peraturan perundang-undangan, dan kebijakan publik
  2. Hukum perniagaan
  3. Peradilan pidana
  4. Analisis data
  5. Lingkungan dan energi
  6. Keluarga, gender, dan seksualitas
  7. Hak cipta dan teknologi
  8. Hukum internasional
  9. Hukum ketenagakerjaan
  10. Kepemimpinan
  11. Sejarah dan teori hukum
  12. Penyelesaian konflik dan litigasi
  13. Keamanan dan privasi nasional
  14. Keadilan sosial dan Hak Asasi Manusia (HAM)

Selain kelima universitas di atas, kamu juga bisa memilih New York University, University of Chicago, dan Georgetown University sebagai alternatif pilihan. Menarik, bukan? Jadi, universitas mana yang akan menjadi pilihanmu, Kawan Rantau?

Baca juga daftar 5 universitas terbaik di Australia untuk jurusan hukum.

For Your Information

Apa jurusan favorit yang ada di Amerika?

Selain bisnis dan kedokteran, jurusan hukum juga menjadi jurusan yang diminati oleh para pelajar.

Di mana universitas terbaik di Amerika untuk jurusan hukum?

Baca pembahasannya di artikel ini.

Ingin mengetahui cerita lain di California?