fbpx

Daftar 5 Universitas Terbaik di Amerika untuk Jurusan Bisnis

Amerika Serikat merupakan salah satu pusat pendidikan tinggi di dunia. Salah satu jurusan yang paling banyak diminati adalah bisnis. Berdasarkan data yang dihimpun oleh National Center for Education Statistics, pada tahun 2017-2018, terdapat 363.741 pelajar yang memilih jurusan bisnis. Maka dari itu, berikut merupakan daftar 5 universitas terbaik Amerika untuk jurusan bisnis.

Harvard University

Sumber: thecrimsom.com

Berdasarkan pemeringkatan QS World University Rankings 2020 by Subject, Harvard University menduduki peringkat pertama dunia untuk jurusan bisnis terbaik. 

Pada dasarnya, reputasi dari Harvard Business School memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Berbagai departemen tersedia di HBS, mulai dari akuntansi, ekonomi, keuangan, manajemen sumber daya manusia, manajemen non profit, administrasi publik, dan lainnya.

Dengan menjalani perkuliahan di HBS, maka kamu akan menjalani pembelajaran dengan metode studi kasus. Tentunya, metode tersebut membuat kamu memahami permasalahan  dapat ditemui di kehidupan nyata.

Kemudian, di HBS, kamu juga bisa menjalani joint degree program dengan program di Harvard Law School, Harvard Medical School, maupun Harvard Kennedy School of Government.

Massachusetts Institute of Technology (MIT)

Sumber: mbanews.com.au

MIT memang dikenal sebagai universitas teknik terbaik di dunia. Akan tetapi, jurusan non teknik di MIT juga tak kalah reputasinya. Salah satunya adalah jurusan bisnis dan manajemen di universitas satu ini.

Berdasarkan pemeringkatan QS, jurusan bisnis di MIT berhasil menduduki peringkat ke-4 dunia. Hal ini menjadikan jurusan bisnis MIT menduduki peringkat kedua terbaik di Amerika.

Para lulusan dari jurusan bisnis MIT dapat dikatakan memiliki masa depan yang cerah. Sebagian dari mereka bergabung dengan perusahaan besar dunia seperti McKinsey, Amazon, BCG, Google, Microsoft, dan lainnya. Lalu, ada pula sebagian dari mereka yang memilih untuk memulai bisnisnya sendiri.

Sejumlah alumni terkenal dari jurusan bisnis MIT adalah, Kofi Annan (mantan Sekretaris Jenderal PBB), Benjamin Netanyahu (Perdana Menteri Israel), Carly Fiorina (mantan CEO HP), Allan Mulally (mantan presiden Ford), dan John W. Thomson (pemimpin Microsoft).

Stanford University

Sumber: poetsandquants.com

Berada tepat di bawah MIT, ada Stanford University yang menduduki peringkat 5 dunia dan ketiga terbaik di Amerika.

Pada dasarnya, memilih pendidikan bisnis bisa menjadi investasi sangat berharga bagi masa depanmu. Di Stanford, bagi kamu yang tidak memiliki pengalaman di bidang bisnis, kamu bisa tetap bergabung di Stanford School of Business. 

Dengan berkuliah di Stanford, kamu bisa meningkatkan pengetahuan dan keahlian yang akan berguna bagi karirmu ke depannya. Kemudian, kamu juga bisa membangun jejaring yang kuat dengan kawan maupun staf pengajar Stanford.

Di Stanford, kamu tidak hanya akan mendapatkan gelar dan juga memperindah resume, akan tetapi, kamu akan mendapatkan pembekalan untuk menghadapi berbagai permasalahan ekonomi, sosial, maupun hal lainnya yang tidak terduga.

University of Pennsylvania

Sumber: phillymag.com

Wharton bukanlah sekadar tentang sekolah bisnis. Setidaknya, sepertiga kelas yang kamu ikuti akan berada di luar Wharton. Betul sekali, Kawan Rantau. Dengan mengambil jurusan bisnis di University of Pennsylvania, maka kamu bisa merasakan menjalani program yang sangat fleksibel.

Bayangkan saja, kamu bisa mempelajari bisnis sembari belajar seni dan sains. Menarik, bukan?

Kemudian, ketika kamu telah lulus dari Wharton, kamu bisa mendapatkan kesempatan untuk masuk di berbagai bidang industri dengan 30 jenis pekerjaan yang berbeda. Rata-rata pendapatan tahunan dari lulusan Wharton mencapai $80.354.

Berdasarkan pemeringkatan QS, Wharton School dari University of Pennsylvania menduduki peringkat ke-6 dunia, atau sama dengan peringkat ke-4 di Amerika.

University of California, Berkeley (UCB)

Sumber: haas.berkeley.edu

Sebagai sekolah bisnis tertua kedua di Amerika Serikat, Haas School of Business di UCB telah berkembang sedemikian rupa menjadi sekolah bisnis bereputasi tinggi.

Di Haas, kerja sama dan kolaborasi menjadi sangat ditekankan. Para mahasiswa Haas akan mendapatkan pengalaman perkuliahan yang menggabungkan berbagai gagasan dari latar belakang yang berbeda.

Setiap tahunnya, ada 700 mahasiswa S1 yang mengikuti program administrasi bisnis di Haas. Tentunya, reputasi dari Haas ini menuntun UCB menduduki peringkat ke-12 untuk sekolah bisnis terbaik dunia. Hal ini menjadikan UCB berhasil mendapatkan peringkat ke-5 terbaik untuk jurusan bisnis di Amerika.

Selain kelima universitas di atas, kamu juga bisa mempertimbangkan untuk memilih Northwestern University, Columbia University, Yale University, maupun New York University untuk universitas dengan jurusan bisnis terbaik di Amerika. Jadi, Kawan Rantau, apakah kamu tertarik untuk memilih universitas di atas untuk melanjutkan kuliahmu?

Baca juga mitos dan fakta dari sekolah bisnis yang harus kamu tahu.

For Your Information

Di mana jurusan bisnis terbaik di Amerika berada?

Temukan jawabannya di artikel ini, Kawan Rantau.

Mengapa MIT termasuk ke dalam daftar ini?

Meskipun MIT dikenal sebagai sekolah teknik, jurusan non-teknik di MIT juga tak kalah reputasinya. Informasi lebih lanjut dapat kamu baca di artikel ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Boston?