fbpx

Daftar 5 Universitas Terbaik Amerika untuk Jurusan Kedokteran

Sebagai salah satu negara favorit para pelajar internasional, kualitas pendidikan di Amerika Serikat memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Sejumlah jurusan terbaik di dunia memang berada di Amerika, termasuk kedokteran. Kali ini, kami akan mengajak kamu untuk mengenal universitas terbaik di Amerika yang pas untuk jurusan kedokteran. 

Penasaran universitas mana saja yang masuk daftar ini? Simak baik-baik, ya.

Harvard Medical School, Harvard University

Universitas terbaik jurusan kedokteran - Harvard University
Sumber: businessinsider.com

Selain terkenal sebagai sekolah bisnis, Harvard University juga terkenal sebagai sekolah kedokteran. Telah berdiri sejak tahun 1782, Harvard Medical School terus berkembang dan menjadi pionir di bidang kesehatan.

Berdasarkan pemeringkatan QS World University Rankings by Subject 2020, HMS berhasil menjadi jurusan kedokteran terbaik di Amerika.

Mengapa HMS menjadi salah satu sekolah kedokteran terbaik di dunia? Salah satunya karena kualitas pengajaran dan penelitiannya yang telah diakui secara internasional. Sejumlah penemuan penting di dunia kedokteran, seperti vaksin cacar, berasal dari pemikiran para dosen dan juga mahasiswa HMS. Hingga sekarang, telah ada 15 peneliti HMS yang berhasil mendapatkan penghargaan Nobel.

Stanford University School of Medicine

Sumber: med.stanford.edu

Harvard dan Stanford University seringkali dibandingkan satu sama lain, khususnya untuk sekolah kedokteran terbaik di Amerika. Bagaimanapun, jurusan satu ini telah menjadi ciri khas dari masing-masing universitas.

Dalam pemeringkatan QS, Stanford menduduki peringkat ke-4 dunia. Hal ini membuat Stanford menjadi universitas terbaik ke-2 di Amerika untuk jurusan kedokteran.

Salah satu karakteristik dan Stanford University School of Medicine adalah, upaya mereka dalam meningkatkan kesehatan melalui kepemimpinan, keberagaman, dan penemuan kolaboratif di bidang kesehatan.

John Hopkins Medical School, John Hopkins University

Universitas terbaik jurusan kedokteran  - John Hopkins University
Sumber: hopkinsmedicine.org

Terpaut satu posisi dari Stanford University, John Hopkins University menduduki peringkat ke-5 dunia dalam pemeringkatan QS. Pencapaian dari John Hopkins ini disamai oleh Karolinska Institutet yang berada di Swedia.

Reputasi dari John Hopkins Medical School ini memang sudah tidak perlu diragukan lagi, Kawan Rantau. Dengan memanfaatkan teknologi terbaru dan metode pengajaran yang unik, para lulusan John Hopkins diyakini dapat menjadi ahli dan inventor terbaik di bidang kedokteran.

David Geffen School of Medicine, University of California, Los Angeles (UCLA)

Sumber: newsroom.ucla.edu

David Geffen School of Medicine, UCLA telah menjadi salah satu sekolah kedokteran yang unik. Mengapa? Karena sekolah satu ini berhasil menjadi sekolah kedokteran termuda yang berhasil masuk ke dalam daftar 10 besar universitas terbaik untuk jurusan kedokteran di Amerika. Tepatnya, berada di peringkat ke-4.

Pendirian dari David Geffen School of Medicine ini dimulai pada akhir Perang Dunia II. Saat itu, sekelompok dokter memberikan gagasan bahwa University of California membutuhkan sekolah kedokteran. Akhirnya, pada 19 Oktober 1945, sekolah kedokteran di UCLA berhasil didirikan. 

Sekarang ini, reputasi dari David geffen School of Medicine sudah tidak perlu diragukan lagi.

Yale School of Medicine, Yale University

Universitas terbaik jurusan kedokteran  - Yale University
Sumber: news.yale.edu

Sekolah kedokteran yang berhasil menduduki peringkat ke-5 terbaik di Amerika adalah Yale School of Medicine. Diapir oleh University College London dan Imperial College London, YSM berhasil menduduki peringkat ke-9 dalam pemeringkatan QS.

Pada dasarnya, keberadaan YSM ini bisa ditelusuri hingga abad ke-19. Betul sekali, Kawan Rantau. YSM telah berdiri sejak tahun 1810 sebagai Medical Institution of Yale College. Nama YSM sendiri baru resmi digunakan sejak tahun 1918.

Kontribusi YSM untuk bidang kesehatan sangatlah beragam. Penggunaan X-ray pertama kali di Amerika, penggunaan penisilin pertama kali, serta penerapan kemoterapi kanker pertama kali dilakukan di YSM.

Jadi, Kawan Rantau, apabila kamu memilih kelima universitas di atas, maka kamu sama saja dengan memilih jurusan kedokteran terbaik di Amerika dan Dunia. Selain kelima universitas di atas, kamu juga bisa memilih University of California, San Fransisco, Massachusetts Institute of Technology (MIT), dan Columbia University sebagai pilihan.

Jangan lupa juga untuk membaca sekolah kedokteran para karakter di serial televisi Grey’s Anatomy.

For Your Information

Dimana universitas terbaik Amerika untuk jurusan kedokteran?

Baca artikel ini untuk menemukan jawabannya, Kawan Rantau. Yang pasti, Harvard Medical School masih berada pada peringkat pertama.

Apakah semua sekolah kedokteran terbaik di Amerika termasuk ke dalam Ivy League?

Tidak, Kawan Rantau.

Ingin mengetahui cerita lain di Baltimore?