fbpx

Daftar 5 Universitas Terbaik Amerika dalam Hasilkan Lulusan Siap Kerja

Amerika Serikat telah menjadi salah satu negara tujuan bagi para pelajar Indonesia. Selain reputasi akademiknya yang memang terkemuka, universitas-universitas di Amerika Serikat juga terkenal karena mendominasi pemeringkatan QS Graduate Employability Rankings. Yap, betul sekali, Kawan Rantau, sejumlah universitas di Amerika merupakan universitas terbaik dunia dalam menghasilkan lulusan siap kerja.

Penasaran dengan daftar 5 universitas terbaik Amerika dalam hasilkan lulusan siap kerja? Berikut merupakan pembahasan kamis selengkapnya.

1. Massachusetts Institute of Technology (MIT), Massachusetts

Perpustakaan MIT. Sumber: news.mit.edu

Berdasarkan QS Graduate Employability Rankings 2020, MIT berhasil memimpin dan meraih peringkat pertama.Hal ini pada akhirnya mengukuhkan posisi MIT sebagai universitas terbaik di dunia.

Sebagai kampus yang berfokus pada bidang sains dan teknologi, MIT memang dikenal terdepan akan teknologi yang mereka kembangkan. Bill Clinton selaku mantan Presiden Amerika Serikat pernah menyatakan bahwa MIT memiliki program transfer teknologi terbaik di Amerika Serikat.

Lalu, kelebihan dari MIT lainnya adalah jejaring alumninya yang kuat. Dapat dikatakan bahwa jejaring alumni MIT sangatlah luas. Mereka pun bersedia untuk memberikan bantuan dalam bentuk apapun bagi almamaternya. Hal ini tentu menguntungkan universitas supaya bisa terus berkembang dan memperbaiki diri.

Sejumlah tokoh terkenal yang merupakan lulusan MIT adalah Kofi Annan, mantan sekretaris jenderal PBB, Buzz Aldrin, manusia kedua yang mendarat di bulan, dan juga Edwin Land, pencipta kamera polaroid.

Satu lagi yang harus kamu ingat, Kawan Rantau, meskipun MIT berfokus pada bidang sains dan teknologi, bukan berarti kamu tidak bisa menemukan jurusan lainnya di MIT. Sejumlah jurusan non saintek di MIT juga bisa kamu pertimbangkan karena mereka berhasil menduduki peringkat pertama dunia.

2. Stanford University, California

Sumber: online.stanford.edu

Stanford University merupakan salah satu universitas non Ivy League yang juga memiliki reputasi baik. Tujuan utama dari Stanford University adalah untuk mempersiapkan lulusannya menghadapi dunia kerja secara langsung. Tak heran apabila tradisi keilmuan yang berlaku di Stanford lebih banyak memberikan pengetahuan praktis.

Universitas yang berada di California ini menawarkan berbagai program, mulai dari teknik, humaniora, pendidikan, bisnis, kedokteran, hingga hukum. Salah satu program yang menjadi favorit di Stanford adalah Stanford School of Engineering.

Sejumlah program terbaik Stanford yang bisa kamu pilih adalah sebagai berikut:

  1. Anatomy and Physiology
  2. Chemical Engineering
  3. Education
  4. Computer Science
  5. Electrical and Electronic Management

3. University of California, Los Angeles (UCLA)

Sumber: newsroom.ucla.edu

Meskipun pada QS World University Rankings 2021, UCLA hanya menduduki peringkat ke-36, nyatanya universitas ini berhasil mengambil posisi sangat baik di QS Graduate Employability Rankings. Hal ini terbukti dengan UCLA yang meraih peringkat ke-3, lebih tinggi dari Harvard University.

UCLA selalu memiliki semangat untuk meningkatkan pengetahuan, keahlian, dan pengalaman mahasiswa dalam menempuh karir di bidang profesional. Banyak para lulusan UCLA yang diterima bekerja di perusahaan raksasa dunia seperti Accenture, Amazon, Deloitte, Disney, Facebook, dan Google.

Sejumlah jurusan terbaik yang ada di UCLA adalah sebagai berikut:

  1. Manajemen
  2. Teknik
  3. Hukum
  4. Kedokteran
  5. Perfilman

4. Harvard University

Sumber: collegeconsensus.com

Harvard University memang merupakan universitas yang berfokus pada tradisi keilmuan. Universitas ini berfokus pada penemuan ilmu pengetahuan yang diyakini dapat meningkatkan pengajaran di masa depan.

Meskipun demikian, bukan berarti lulusan Harvard tidak siap kerja. Buktinya, banyak lulusan Harvard yang berkarir di berbagai bidang, mulai dari kedokteran, hukum, hingga pemerintahan. 

Sejumlah jurusan unggulan yang ada di Harvard University adalah sebagai berikut:

  1. Bisnis
  2. Kedokteran
  3. Pendidikan
  4. Hukum
  5. Ilmu pemerintahan

Salah satu keunggulan dari Harvard adalah koleksi perpustakaannya yang sangat beragam. Bahkan, koleksi perpustakaan Harvard dinobatkan sebagai koleksi pribadi terbesar di dunia.

5. New York University

Sumber: as.nyu.edu

New York University merupakan salah satu inovator pendidikan tinggi yang mampu menjangkau kelas menengah, serta menghasilkan lulusan yang profesional.

Sekarang ini, NYU telah menjadi salah satu universitas swasta terbesar di Amerika Serikat dengan menampung lebih dari 50.000 mahasiswa. 

Untuk mendukung para lulusannya, maka NYU membuka Wasserman Center sebagai pusat pengembangan karir. Melalui Wasserman, mahasiswa bisa mendapatkan berbagai pelatihan karir, mulai dari cara pembuatan CV hingga mengatur akun LinkedIn.

Sejumlah jurusan unggulan yang ada di NYU adalah sebagai berikut:

  1. Bisnis
  2. Pendidikan
  3. Hukum
  4. Kedokteran
  5. Matematika

Selain kelima universitas di atas, universitas lainnya di Amerika Serikat yang juga memiliki peringkat baik adalah Cornell University, Yale University, University of Chicago, dan Princeton University. 

Demikianlah pembahasan kali ini mengenai universitas terbaik di Amerika dalam hal menghasilkan lulusan siap kerja. Apakah kamu tertarik untuk memilih salah satu di antaranya? 

Baca juga kota-kota ramah pelajar yang ada di Amerika Serikat.

For Your Information

Apa keunggulan dari MIT?

Dalam pemeringkatan QS World University Rankings 2021 dan QS Graduate Employability Rankings 2020, MIT berhasil menduduki peringkat pertama. Hal ini mengukuhkan posisi MIT sebagai universitas terbaik dunia.

Di mana saja universitas terbaik Amerika dalam hasilkan lulusan siap kerja?

Bacalah pembahasan lengkapnya di artikel berikut ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Boston?