fbpx

Daftar 5 Tokoh Fiksi yang Jadi Lulusan dari Universitas Terkenal Dunia

Ketika kita membicarakan mengenai dunia fiksi, baik novel maupun film, salah satu poin yang menarik adalah latar belakang dari tokoh-tokohnya. Terkadang, tokoh-tokoh fiksi tersebut digambarkan merupakan lulusan dari salah satu universitas terkenal dunia. 

Nama-nama seperti Harvard, MIT, maupun Caltech sering kali muncul dalam sejumlah karya seni. Berikut merupakan daftar tokoh fiksi yang digambarkan menempuh studi di universitas terkenal di dunia.

Elle Woods, Legally Blonde – Harvard University

Elle Woods. Sumber: hollywoodreporter.com

Legally Blonde merupakan film komedi romantis yang dibintangi oleh Reese Witherspoon. Dalam film ini, Witherspoon memerankan Elle Woods, sorang queen bee yang populer di sekolahnya.

Akan tetapi, kehidupan Elle berubah saat ia berupaya untuk mengambil hati mantan pacarnya kembali dengan masuk Harvard Law School. Dalam hal ini, Elle ingin membuktikan bahwa cewek pirang juga bisa menjadi pengacara sukses dan tidak sekadar mengandalkan kecantikan saja.

Pada dasarnya, buku ini diadaptasi langsung dari novel karangan Amanda Brown dengan judul yang sama. Novel tersebut berisikan pengalaman nyata Amanda saat berkuliah di Stanford Law School. Pada saat itu, ia juga ingin membuktikan bahwa seorang perempuan yang juga tertarik pada dunia kecantikan juga bisa tetap menempuh studi hukum.

T’Challa, Black Panther – University of Oxford

T’Challa. Sumber: whatculture.com

Masih ingat betapa mendebarkannya film Black Panther maupun Marvel Cinematic Universe lainnya? Ternyata, T’Challa yang merupakan raja dari Wakanda juga menempuh studi di universitas terkenal dunia, lho.

Tokoh T’Challa digambarkan mengambil program PhD bidang fisika di University of Oxford. Tidak hanya itu, Kawan Rantau, T’Challa juga mempelajari bidang teknik, ekonomi, ilmu politik, dan juga psikologi. Tentu seluruh hal yang ia pelajari tersebut dapat mendukung keahliannya dalam memimpin Wakanda, bukan?

Tony Stark, Iron Man – Massachusetts Institute of Technology (MIT)

Tony Stark. Sumber: screerant.com

Salah satu tokoh terpintar di Marvel Cinematic Universe? Maka kamu tidak bisa memalingkan muka dari sosok Tony Stark. 

Tony Stark yang diperankan oleh Robert Downey Jr., tentu saja digambarkan sebagai lulusan dari universitas terbaik dunia. Tentu saja, yang dimaksud adalah Massachusetts Institute of Technology (MIT). 

Memang tidak ada keterangan jelas program apa yang ditempuh oleh Tony Stark di MIT. Dalam komik, Stark digambarkan telah mendapatkan dua gelar magister di bidang teknik pada umur 19 tahun. Sedangkan, dari sumber lainnya, disebutkan bahwa Stark memiliki gelar doktor di bidang teknik fisika dan kecerdasan artifisial.

Meskipun demikian, sosok Tony Stark tetap menjadi salah satu alumni fiksi paling terkenal dari MIT.

Bruce Banner, Hulk – California Institute of Technology (Caltech)

tokoh fiksi lulusan universitas
Sumber: myinfosuperhero.blogspot.com

Selain Tony Stark, Dr. Bruce Banner juga merupakan salah satu tokoh paling cerdas di MCU. Sebelum menjadi Hulk, Banner digambarkan menempuh studi di berbagai institusi yang ada di Amerika.

Mulanya, Banner mempelajari fisika nuklir di salah universitas fiksi bernama Desert State University sebelum berpindah ke Harvard University dan Pennsylvania State University. Kemudian, ia juga mendapatkan gelar doktor untuk fisika nuklir dari Caltech yang notabene menjadi rival dari MIT.

Lalu, kalau kamu memperhatikan Thor: Ragnarok (2017) baik-baik, maka kamu bisa mengetahui kalo Bruce Banner digambarkan memiliki 7 gelar PhD! Luar biasa, bukan?

Mia Hall, If I Stay dan Where She Went – Juilliard School

tokoh fiksi lulusan universitas
Mia Hall. Sumber: pinterest.com

Dalam film If I Stay, Mia Hall yang diperankan oleh Chloe Grace Moretz bermimpi untuk bisa masuk Juilliard. Ia berlatih memainkan cello sebaik mungkin supaya bisa masuk sekolah seni terbaik dunia tersebut. Ia mengikuti berbagai audisi dan akhirnya dinyatakan diterima.

Akan tetapi, satu kecelakaan mengenaskan menimpa Mia. Lalu, apakah Mia tetap akan melanjutkan studinya di Juilliard?

Dari film hal tersebut memang tidak dijelaskan. Akan tetapi, dalam sekuel dari novel karya Gayle Forman ini, Where She Went, setelah berhasil sembuh dari kecelakaan yang menimpanya, Mia melanjutkan mimpinya dan berkuliah di Juilliard.

Nah, itulah sejumlah tokoh fiksi yang digamabrkan merupakan lulusan dari universitas terkenal dunia, Kawan Rantau. Tentu masih banyak lagi tokoh-tokoh fiksi lainnya. Kalau dari kamu, siapa saja yang termasuk ke dalam daftar ini?

Baca juga sekolah kedokteran ala tokoh-tokoh Grey’s Anatomy.

For Your Information

Apa hal menarik dari latar belakang tokoh fiksi?

Terkadang, tokoh-tokoh fiksi tersebut digambarkan merupakan lulusan dari salah satu universitas terkenal dunia. 

Apakah ada tokoh fiksi yang digambarkan merupakan lulusan MIT?

Ada, Kawan Rantau. Tokoh Tony Stark dalam Marvel Cinematic Universe merupakan salah satunya.

Siapa saja tokoh fiksi yang digambarkan menempuh studi di universitas terkenal dunia?

Temukan jawabannya di artikel ini, Kawan Rantau.

Ingin mengetahui cerita lain di Boston?