fbpx

Daftar 3 Universitas Terbaik Malaysia untuk Kuliah Jurusan Hukum

Menempuh studi hukum dapat memberikan kamu kesempatan untuk mengembangkan berbagai bentuk kemampuan yang dibutuhkan di dunia kerja. Selain itu, kamu juga bisa mendalami berbagai aspek dalam kehidupan manusia. Dengan demikian, para pelajar di jurusan hukum bisa mendalami dan memahami lebih jauh berbagai hal di bidang ilmu sosial dan humaniora. Kali ini, kami akan membahas lebih lanjut mengenai 3 universitas terbaik di Malaysia untuk jurusan hukum. 

Universitas mana saja kah yang masuk ke dalam daftar kali ini? Berikut pembahasan lengkap kami.

1. Universiti Malaya

Sumber: nst.com.my

Sebagai salah satu universitas terbaik di Malaysia, tak heran apabila jurusan hukum dari Unversiti Malaya juga menjadi primadona. Berdasarkan pemeringkatan QS World University Rankings by Subject 2020 Law and Legal Studies, Universiti Malaya berhasil menduduki peringkat ke 51-100. Peringkat tersebut menjadi pencapaian tertinggi di antara universitas-universitas yang ada di Malaysia.

Fakultas Hukum dari Universiti Malaya menyediakan pendidikan liberal di bidang hukum. Fakultas satu ini melengkapi para pelajar dengan kemampuan praktis dan juga etis di bidang hukum. 

Sejak tahun 1972, FH UM telah menawarkan program Bachelor of Laws. Kemudian, untuk program pascasarjana, kamu bisa menemukan program Master of Laws Programme (LLM), Masters in Criminal Justice (MCJ), Doctor of Philosophy (PhD), dan Doctor of Laws (LLD).

Para lulusan dari FH UM dapat langsung berkarir di pengadilan tinggi Malaysia setelah menjalani sejumlah pelatihan. Kemudian, ketika menjalani perkuliahan, para pelajar bisa mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan perkuliahan atau seminar dari para profesional di bidang hukum.

2. Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM)

Sumber: ukm.my

Peringkat kedua untuk universitas dengan jurusan hukum terbaik di Malaysia jatuh kepada Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM). Berdasarkan pemeringkatan QS, jurusan hukum dari UKM menduduki peringkat ke 201-250 dunia. 

Fakultas Hukum dari UKM telah berdiri sejak 33 tahun yang lalu. Fakultas sau ini menawarkan berbagai program, mulai dari program sarjana hingga pascasarjana. Untuk program pascasarjana, kamu bisa menemukan program PhD, Master of Business Law (MBL), Master of Laws Programme (LLM), dan Masters of Intellectual Property (MIP).

Salah satu ciri khas dari FH UKM adalah, mereka menawarkan program yang menggabungkan hukum sipil dan juga syariah. Dengan demikian, para pelajar FH UKM bisa mendapatkan pembekalan kemampuan legal dan profesional selama menjalani masa studi empat tahun di sana.

FH UKM juga dikenal akan reputasinya di bidang penelitian. Setidaknya, terdapat empat pusat penelitian yang ada di FH UKM, yakni sebagai berikut:

  1. Centre for International Law and Siyar (CILAS)
  2. Centre for Consumerism, Environmental Safety and Public Health
  3. Centre for Wealth Management and Corporate Governance
  4. Centre for Education and Legal profession (CELLPRO)

3. International Islamic University Malaysia

Sumber: medium.com

Universitas terakhir yang masuk ke dalam daftar ini adalah International Islamic University Malaysia (IIUM). Berdasarkan pemeringkatan QS, IIUM masih termasuk ke dalam daftar 300 universitas dengan jurusan hukum terbaik dunia.

Sama seperti dengan UKM, jurusan hukum di IIUM juga akan menyediakan pembahasan hukum sipil dan syariah. Tentunya, hal ini akan sangat berguna bagi pengembangan karir ke depannya. 

Untuk program sarjana hukum di IIUM, durasi perkuliahan akan memakan waktu setidaknya empat tahun. Kemudian, kamu juga harus menyelesaikan 72 sks selama menempuh studi di sana.

Setelah lulus dari FH IIUM, kamu berhak untuk berkarir untuk menjadi praktisi hukum, pengacara, maupun peneliti di bidang hukum. Yang pasti, kamu bisa menjalankan peran baik di bidang hukum sipil maupun syariah.

Pada dasarnya, salah satu ciri khas dari jurusan hukum yang ada di Malaysia adalah upaya mereka dalam menggabungkan bidang hukum sipil dan syariah. Hal ini disebabkan oleh status Malaysia sendiri sebagai negara islam. Akan tetapi, jurusan ini tetap terbuka bagi siapa saja tanpa memandang keagamaan mereka. Jadi, cukup menarik, bukan?

Baca juga alasan mengapa kamu harus belajar hukum di Belanda.

For Your Information

Apa ciri khas jurusan hukum di Malaysia?

Selain mendalami hukum sipil, kamu juga bisa mempelajar hukum syariah.

Dimana jurusan hukum terbaik di Malaysia berada?

Temukan daftar lengkapnya di artikel ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Kuala Lumpur?