fbpx

COVID-19: Apa yang Dilakukan Universitas untuk Melindungi Siswanya?

Akhir-akhir ini, sejumlah larangan terkait COVID-19 telah sedikit demi sedikit diangkat. Perbatasan negara-negara Eropa memang masih ditutup, akan tetapi terdapat wacana akan kemungkinan untuk membukanya kembali pada tengah Juni. Dengan demikian, muncul pertanyaan, bagaimana cara universitas di Eropa ini melindungi siswanya?

Hingga krisis kesehatan global ini berakhir, maka banyak universitas yang akan menjalankan mekanisme new normal.

Dengan demikian, kamu bisa menebak bahwa kebanyakan aktivitas kampus akan ditunda untuk menekan penyebaran virus COVID-19 lebih lanjut.

Meskipun situasi sekarang masih penuh ketidakpastian, berikut sejumlah cara yang diterapkan oleh universitas-universitas di Eropa untuk melindungi siswanya di tengah pandemi COVID-19.

Perkuliahan daring

Sumber: blog.hubspot.com

Perkuliahan daaring memang telah dilaksanakan sejak pandemi ini bermula. Akan tetapi, kemungkinan banyak universitas yang memilih memperpanjang durasi perkuliahan daring hingga semester ke depan. Bahkan, ada pula yang memperpanjang hingga tahun depan.

Dengan demikian, apabila kalian bermaksud untuk melanjutkan kuliah di negara-negara Eropa tahun ini, maka pastikan terlebih dahulu mekanisme perkuliahan seperti apa yang akan diterapkan.

Fasilitas kampus tetap ditutup

Sumber: greenwichtime.com

Banyak universitas di Eropa yang tidak membuka kembali kampus mereka. Selain itu, seluruh fasilitas di kampus tersebut juga akan terus ditutup. Jadi, kamu tidak akan bisa berkunjung ke perpustakaan atau tempat lainnya.

Layanan lainnya kebanyakan dilakukan melalui surel. Apabila kamu ingin meminjam buku di perpustakaan, ada aturan sendiri yang bisa kamu tempuh. Hal ini tergantung dari aturan masing-masing universitas.

Ujian

Sumber: english.com

Kuliah daring? Maka kamu juga harus bersiap dengan pelaksanaan ujian daring. Meskipun terdapat kontroversi mengenai pelaksanaannya, ujian daring kemungkinan akan menjadi alternatif yang dipilih selama masa pandemi ini.

Bagi kamu yang akan melaksanakan ujian daring, pastikan bahwa peralatan yang kamu butuhkan tersedia. Peralatan seperti webcam atau software khusus menjadi beberapa hal yang perlu kamu siapkan. Jangan lupa untuk mencobanya terlebih dahulu sebelum betul-betul menjalani ujian.

Dengan demikian, jelas bahwa pihak universitas berupaya semaksimal mungkin untuk meminimalkan pertemuan tatap muka hingga batas waktu yang belum bisa ditentukan. Pastinya, kondisi terkini mengenai penyebaran COVID-19 merupakan indikator utama untuk menentukan langkah selanjutnya.

Baca juga keputusan pelajar yang menunda awal perkuliahan ke luar negeri akibat COVID-19.

For Your Information

Apa respons universitas terhadap pandemi COVID-19?

Tentu beragam. Akan tetapi, mengutamakan keselamatan para siswa dan pengajar selalu dikedepankan.

Apa upaya universitas untuk melindungi para siswanya di tengah pandemi COVID-19?

Baca keterangannya di artikel berikut ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Worldwide?