fbpx

CN Yang Scholars Programme: Kuliah S1 dengan Beasiswa di NTU

Nanyang Technological University (NTU) menjadi salah satu universitas favorit bagi para pelajar dari Indonesia. Kualitas pendidikan terbaik disandingkan dengan kedekatan jarak, membuat NTU semakin menarik untuk dipilih. Apalagi, ada yang namanya CN Yang Scholars Programme, skema beasiswa S1 yang diberikan oleh NTU untuk seluruh pelajar intenasional.

Tentang CN Yang Scholars Programme

Jadi, Kawan Rantau, CN Yang Scholars Programme merupakan skema beasiswa S1 yang diberikan untuk mahasiswa baru di bidang sains dan teknik. Harapannya, para mahasiswa yang mendapatkan beasiswa ini, nantinya akan menjadi para pemimpin di bidang sains dan teknik, dengan fokus pada inovasi teknologi dan komunikasi ilmiah.

Beasiswa ini tidak hanya akan memberikan bantuan dana pendidikan saja, lho, tapi juga berbagai kesempatan berharga seperti internship dan penelitian.

Siapa yang bisa mendaftar?

Berbahagialah karena beasiswa ini dibuka untuk semua kewarganegaaraan, itu berarti kamu berhak mendaftar. Kemudian, kamu juga harus memiliki kualifikasi yang baik dari sekolah menengah yang telah kamu jalani. Hal ini termasuk ke dalam syarat telah menempuh pendidikan selama 12 tahun atau setara lainnya.

Tak hanya di bidang akademik, kamu juga diharapkan memiliki rekam jejak di bidang ko-kurikuler yang luar biasa. Ditambah dengan potensi serta kualitas kepemimpinan yang kuat.

Apa saja yang bisa saya dapatkan?

NTU Hall of Residence. Sumber: hey.ntu.edu.sg

Beasiswa ini melingkupi seluruh biaya yang kamu perlukan selama menjalani perkuliahan di NTU. Dengan catatan, kamu harus menyelesaikan perkuliahan tepat waktu.

Selama masa perkuliahan, berikut sejumlah manfaat yang bisa kamu dapatkan dari CN Yang Scholars Programme:

  1. Biaya perkuliahan akan seluruhnya ditanggung.
  2. Tunjangan hidup sebesar S$6,500 per tahunnya, atau setara dengan Rp 65 juta.
  3. Tunjangan akomodasi hingga sebesar S$2,000 per tahunnya, atau setara dengan Rp 20 juta. Akomodasi yang diberikan hanya berlaku ketika penerima beasiswa tinggal di hostel yang disediakan oleh NTU.
  4. Tunjangan transportasi hingga S$5.000, atau setara dengan Rp 50 juta untuk program pertukaran ke luar negeri. Tentu dengan syarat dan ketentuan berlaku.
  5. Tunjangan komputer sebesar S$1,750 atau setara dengan Rp 17 juta.
  6. Mendapat jaminan untuk tinggal di NTU Halls of residence selama empat tahun.
  7. Mendapat jaminan untuk melakukan pertukaran pelajar ke luar negeri selama satu semester.
  8. Mendapat jaminan untuk biaya proyek penelitian di tahun akhir.
  9. Kesempatan untuk melakukan penelitian mulai dari tahun pertama serta menghadiri sejumlah konferensi internasional dengan subsidi
  10. Tidak ada ikatan antara penerima beasiswa dengan beasiswa ini.

Apa saja kewajiban para penerima beasiswa?

Sumber: Connectedtoindia.com

Tentu sebagai penerima beasiswa, kamu harus mampu memenuhi sejumlah kewajiban berikut ini:

  1. Beasiswa akan dihentikan apabila kamu tidak lagi terikat dengan CN Yang Scholars Programme.
  2. Penerima beasiswa tidak diperbolehkan mendapatkan jenis beasiswa lainnya tanpa persetujuan dari pihak universitas.
  3. Penerima beasiswa harus mendapatkan IPK mnimal 3.5 dari 4.0 setiap semesternya.
  4. Penerima beasiswa diminta menjadi duta mahasiswa atau peran sejenis lainnya dan bertugas mewakili universitas untuk memberikan menerima tamu, mengatur sejumlah acara, dan lain sebagaimana.
  5. Beasiswa dapat dihentikan sewaktu-waktu apabila tingkah laku dari penerima beasiswa tidak memuaskan.
  6. Apabila penerima beasiswa ingin menghentikan penerimaan ketika berjalan, maka ada kewajiban untuk mengembalikan uang beasiswa yang telah diberikan.

Bagaimana cara saya mendaftar?

Sumber: alltrickshere.com

Yang pertama, kamu harus menyelesaikan pendaftaran perkuliahanmu terlebih dahulu sebelum mendaftar beasiswa ini. Kemudian, kamu harus mendaftar beasiswa ini melalui tautan berikut. Salah satu syarat untuk melengkapi formulir yang terlampir adalah membuat esai personal dengan panjang tidak lebih dari 300 kata. Untuk topiknya sendiri, kamu bisa melihatnya di formulir yang telah dilampoirkan.

Setelah melengkapi formulir pendaftaran, kamu diharuskan mengunggah foto digital berukuran paspor yang kamu miliki. Lalu, surat referensi juga diperlukan untuk proses ini Penilaian tersebut harus diisi oleh guru sekolahmu dan buka merupakan keluarga atau kerabat.

Setelah semuanya selesai, nantinya kamu juga harus menjalani seleksi wawancara yang telah diatur kemudian.

Demikianlah informasi mengenai CN Yang Scholars Programme, skema beasiswa S1 di NTU, Singapura. Dengan semakin banyaknya jenis beasiswa yang dapat kamu daftar, tentu itu berarti banyak sekali kesempatan yang dapat kamu ambil untuk berkuliah di luar negeri. Jadi, kuatkan tekadmu ya, Kawan Rantau.

Kamu juga bisa membaca tentang Asian School of the Environment, salah satu jurusan lingkungan terbaik di Asia Tenggara.

For Your Information

Apakah saya bisa kuliah dengan beasiswa di Singapura?

Sejumlah universitas di Singapura membuka kesempatan bagi para pelajar internasional untuk berkuliah di sana dengan beasiswa. Salah satunya adalah CN Year Scholars Program, sebuah skema beasiswa S1 yang ditawarkan oleh Nanyang Technological University (NTU), Singapura.

Untuk siapa beasiswa CN Year Scholars Programme ditujukan?

Beasiswa ini ditujukan untuk para mahasiswa baru NTU yang mengambil jurusan sains dan teknik.

Bagaimana cara saya mendaftar beasiswa di NTU?

Baca artikel ini untuk mengetahui apa saja persyaratan, kewajiban yang harus dilakukan, dan juga cara mendaftar beasiswa CN Year Scholars Programme.

Ingin mengetahui cerita lain di Singapore?