fbpx

Clarendon Fund Scholarship: Beasiswa S2 dan PhD di University of Oxford

Setiap tahunnya, Clarendon Fund memberikan beasiswa penuh bagi kurang-lebih 130 mahasiswa di University of Oxford. Clarendon Fund pertama kali diberikan pada tahun 2001 untuk para pelajar internasional. Kemudian, skema beasiswa ini terus meluas dan pada tahun 2012, para pelajar dari Inggris dan Uni Eropa berhak untuk mendapatkan beasiswa ini. Kali ini, kami akan membahas lebih lanjut mengenai Clarendon Fund Scholarship, beasiswa S2 dan PhD yang cukup kompetitif di University of Oxford, Inggris.

Tentang Clarendon Fund Scholarship

Clarendon Fund Scholarship di University of Oxford
Sumber: ox.ac.uk

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, Clarendon Fund Scholarship termasuk beasiswa yang kompetitif dan juga prestisius di Oxford. Sama halnya dengan berbagai jenis beasiswa penuh waktu di Oxford, Clarendon juga melingkupi biaya perkuliahan dan tunjangan hidup. Beasiswa ini membantu para pelajar untuk meringankan beban finansial bagi mereka untuk kuliah di Oxford.

Setidaknya, terdapat 130 beasiswa yang diberikan oleh Clarendon setiap tahun. Pada dasarnya, tidak ada proses pendaftaran terpisah bagi para pelajar yang mendaftar perkuliahan untuk bulan Januari. Jadi, kamu akan langsung dipertimbangkan untuk mendapatkan beasiswa ini.

Mayoritas para penerima beasiswa Clarendon merupakan para mahasiswa DPhil di Oxford. Akan tetapi, tidak hanya itu, ada juga penerima beasiswa Clarendon yang sedang menempuh studi MPhil, MSc, MBA, atau bahkan MFE.

Untuk program penuh waktu, kamu bisa mendapatkan dana beasiswa hingga £15,009.

Siapa yang bisa mendaftar?

Clarendon Fund Scholarship di University of Oxford
Sumber: oxfordstudent.com

Pada dasarnya, beasiswa ini didasarkan pada pencapaian akademis serta potensi yang dimiliki oleh calon pendaftar. Tidak ada batasan kewarganegaraan untuk bisa dipertimbangkan mendapatkan beasiswa ini. Sampai saat ini, para penerima beasiswa Clarendon berasal dari berbagai kawasan di dunia, yakni Afrika, Amerika Utara, Australia, Amerika Selatan, Asia, Timur-Tengah, dan juga Eropa.

Seluruh pendaftaran harus dikumpulkan pada tenggat waktu pendaftaran bulan Januari, tepatnya pada 22 Januari 2021.

Berikut merupakan sejumlah kriteria kunci yang akan dinilai dalam proses seleksi beasiswa Clarendon.

  • Pencapaian akademik yang baik

Pencapaian akademik menjadi sangat penting dalam proses seleksi beasiswa ini. Setidaknya, kamu harus memiliki nilai IPK minimal 3.7 dari 4.0. Hal ini berlaku bagi para calon pendaftar S2 maupun PhD.

  • Potensi ke depan

Pertimbangan khusus akan diberikan bagi para pendaftar dengan potensi akademis yang baik ke depannya. Kriteria ini dapat ditinjau dari rencana studi serta proposal penelitian yang diserahkan selama pendaftaran.

  • Motivasi pelajar

Tentunya, penilaian beasiswa tidak akan jauh-jauh dari motivasi pelajar ketika memilih program studi yang dituju. Hal ini bisa ditinjau dari pernyataan personal yang dibuat.

Demikianlah pembahasan kami mengenai Clarendon Fund Scholarship di University of Oxford, Kawan Rantau. Apabila kamu tertarik kamu bisa mengunjungi tautan berikut untuk mendapatkan informasi selengkapnya.

Baca juga informasi mengenai Beasiswa Jardine, beasiswa untuk kuliah gratis di Oxford atau Cambridge.

For Your Information

Apa itu Clarendon Fund Scholarship?

Clarendon Fund Scholarship merupakan beasiswa dari Clarendon Fund yang ditujukan bagi pelajar internasional di University of Oxford.

Siapa yang bisa mendaftar beasiswa ini?

Para pelajar internasional dari negara mana saja yang ingin melanjutkan studi S2 atau PhD di Oxford.

Apa saja kriteria penilaian seleksi beasiswa berikut ini?

Temukan jawaban lengkapnya di artikel berikut.

Ingin mengetahui cerita lain di Oxford?