fbpx

Cara Menjadi Polyglot: 7 Tips Cakap dan Kuasai Banyak Bahasa

Pada dasarnya, Kawan Rantau, tidak ada definisi formal dari polyglot. Dalam artian, tidak ada standar seberapa banyak bahasa yang harus kamu kuasai untuk bisa disebut sebagai polyglot. Akan tetapi, secara umum, yang dimaksud dengan polyglot adalah seseorang yang mampu berbicara dalam beberapa bahasa dengan tingkat kelancaran yang baik. Nah, apakah kamu penasaran bagaimana cara menjadi polyglot? Kalau iya, mari simak sejumlah tips berikut ini.

Sebagai catatan, tidak ada cara instan untuk menjadi polyglot. Untuk menguasai satu bahasa, maka kamu membutuhkan dedikasi, waktu, dan juga usaha. Dengan demikian, perjalanan untuk menguasai beberapa bahasa bisa menjadi perjalanan yang bisa kamu lakukan sampai nanti.

1. Mempelajari satu bahasa dalam satu waktu

Sumber: spaneasylearning.com

Salah satu pendekatan terbaik untuk menjadi polyglot adalah menguasai satu bahasa dalam satu waktu. Mengapa hal ini menjadi penting? Karena, apabila kamu mempelajari dua bahasa atau lebih secara bersamaan, tidak akan mudah bagimu untuk menyerap informasi yang ada.

Kemungkinan, kamu malah akan bingung sendiri dan tidak fokus saat mempelajarinya.

2. Mengikuti kelas bahasa

Tentu mempelajari bahasa bisa kamu lakukan dengan mengikuti kelas bahasa. Melalui kelas ini, kamu bisa mempelajari satu bahasa dengan terstruktur. Kamu pun bisa bertanya kepada para pengajar apabila kamu merasa kesulitan menyerap materi tertentu.

Selain pilihan mengikuti kelas bahasa secara tatap muka, kamu juga bisa mempertimbangkan untuk mempelajari bahasa melalui aplikasi mobile yang banyak tersedia. Dengan memanfaatkan aplikasi ini, kamu bisa mendapatkan kesempatan untuk menguasai satu bahasa secara mudah dan gratis.

3. Membaca satu buku dalam banyak bahasa

Sumber: medium.com

Banyak sekali buku-buku klasik yang diterjemahkan ke banyak bahasa. Nah, banyaknya bahasa yang digunakan ini dapat membantu kamu mendalami bahasa yang kamu mempelajari.

Sebagai contoh, kamu bisa mencoba membaca Harry Potter versi bahasa Inggris, Perancis, dan Jerman. 

Akan menjadi pengalaman yang unik juga apabila kamu membaca buku tersebut sembari mendengar versi audio book dari bahasa yang kamu baca. Menarik, bukan?

4. Tentukan jadwal

Seperti yang telah disinggung di atas, pada dasarnya untuk menjadi polyglot membutuhkan dedikasi. Maka dari itu, penting bagimu untuk membuat jadwal belajar setiap harinya. Ingat, Kawan Rantau, dengan terus berlatih setiap hari, maka kamu akan menjadi cepat fasih dalam menggunakan bahasa yang kamu pelajari.

5. Berlatih

Sumber: cnbc.com

Seluruh usaha kamu mempelajari bahasa ini akan percuma apabila kamu tidak berlatih. Maka dari itu, berlatih secara rutin menjadi sangat penting untuk menjadi seorang polyglot. Semakin sering kamu berlatih, maka akan semakin baik pula bagi kemampuanmu.

Supaya lebih mudah, kamu bisa mempertimbangkan untuk mencari teman berlatih. Kamu bisa mengajak teman kamu untuk berlatih bersama setiap harinya.

6. Menggunakan teknik Laddering

Apa itu teknik Laddering? Secara singkat, teknik laddering berarti menempatkan bahasa yang kamu ketahui dalam hierarki. Sebagai contoh, apabila kamu ingin menerjemahkan kalimat dari Bahasa Korea, cobalah untuk tidak langsung mengartikannya langsung ke Bahasa Indonesia. Akan tetapi, terjemahkan dulu ke Bahasa Inggris, baru kemudian ke bahasa Indonesia.

Pada dasarnya, teknik ini akan membantu kamu menghindari kebingungan antar bahasa yang kamu pelajari.

7. Mendengarkan musik dan menonton film dalam bahasa yang kamu pelajari

Apabila kamu bisa mempelajari bahasa Inggris melalui film atau musik, maka kamu bisa menerapkan hal tersebut dengan bahasa lainnya, Kawan Rantau. 

Kalau kamu sedang mempelajari Bahasa Perancis, kamu bisa membiasakan diri menonton film Perancis dengan subtitle Bahasa Perancis. Hal ini akan membantu kamu familiar dengan bahasa yang kamu pelajari.

Demikianlah 7 tips bagi kamu yang ingin menguasai banyak bahasa, Kawan Rantau. Salah satu poin penting dalam menjadi polyglot adalah, kamu mengetahui apa tujuan kamu dalam mempelajari banyak bahasa tersebut. Lalu, jangan lupa untuk selalu bersenang-senang saat mempelajari bahasa. Jangan pernah menganggap hal ini sebagai suatu beban.

Baca juga rekomendasi film untuk membantu kamu belajar Bahasa Inggris.

For Your Information

Apa itu polyglot?

Tidak ada definisi formal dari polyglot. Dalam artian, tidak ada standar seberapa banyak bahasa yang harus kamu kuasai untuk bisa disebut sebagai polyglot. Akan tetapi, secara umum, yang dimaksud dengan polyglot adalah seseorang yang mampu berbicara dalam beberapa bahasa dengan tingkat kelancaran yang baik.

Bagaimana cara menjadi poyglot?

Baca tips dari kami berikut ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Worldwide?