fbpx

Tips Jitu Membuat Rencana Studi untuk Beasiswa Pemerintah China

Halo, Kawan Rantau! Apakah kamu sedang menyiapkan dokumen untuk mendaftar beasiswa impianmu? Tentu dokumen yang kamu butuhkan akan beragam, mulai dari ijazah, transkrip akademik, surat rekomendasi, hingga pernyataan personal. Akan tetapi, sejumlah beasiswa, seperti Beasiswa Pemerintah China (Chinese Government Scholarship), akan memintamu untuk membuat dan melampirkan rencana studi atau proposal penelitian. Nah, Anak Rantau akan membagikan tips dan tricks cara membuat rencana studi.

Yuk, disimak panduan lengkap dan tips and tricks jitu cara membuat Rencana Studi untuk Beasiswa Pemerintah China (Chinese Governement Scholarship):

Apa itu rencana studi?

cara membuat rencana studi
Sumber: blog. busuu.com

Secara singkat, rencana studi merupakan jadwal yang menggambarkan jangka waktu dan tujuan selama kamu menjalani perkuliahan. Pada dasarnya, rencana studi ini mirip dengan jadwal kerja atau jadwal sekolah. Akan tetapi, dalam rencana studi kamu perlu menguraikan setiap jadwal yang kamu susun secara detail.

Membuat rencana studi dapat menjadikan perkuliahanmu menjadi lebih tertata dan merupakan bentuk pertanggung jawabanmu selama perkuliahan. Dalam artian, melalui rencana studi tersebut, kamu memiliki tenggat waktu objektif yang harus kamu tepati.

Tak heran apabila terkadang sejumlah beasiswa meminta kamu untuk melampirkan rencana studi. Pihak panitia seleksi menginginkan kamu untuk menguraikan tujuan dan sasaran kamu selama menjalani perkuliahan ke depannya.

Untuk rencana studi (study plan) Beasiswa Pemerintah China, kamu harus merencanakan baik-baik rencana studi ini karena rencana studi ini adalah kesempatan kamu untuk memperlihatkan keunggulan yang membedakan kamu dari aplikan lainnya!

Apa yang harus saya masukkan dalam rencana studi?

cara membuat rencana studi
Sumber: cnn.com

Ketika kamu akan membuat rencana studi, sebaiknya kamu melampirkan sejumlah hal berikut ini:

  1. Nama lengkap
  2. Pendidikan terakhir
  3. Ringkasan pencapaian
  4. Kerangka tujuan dan jadwal pembelajaran (bila ada)
  5. Tujuan penelitian atau hasil yang diharapkan
  6. Tujuan akademis masa depan
  7. Perubahan kebiasaan belajar
  8. Garis besar kekuatan
  9. Tuliskan kelemahan dan rencana kamu untuk menghadapinya

Bagaimana cara membuat rencana studi?

Berikut sejumlah tahapan yang dapat kamu ikuti untuk membuat rencana studi. Pada dasarnya, tidak ada tahapan yang terlalu memusingkan, kok.

Langkah 1 Tujuan rencana studi

Hal pertama yang harus kamu tentukan dalam membuat rencana studi adalah tujuan dari rencana studi yang kamu buat. Apakah untuk mendaftar beasiswa atau tujuan lainnya? Apabila kamu membuat rencana studi ini untuk mendaftar beasiswa, maka kamu akan membutuhkan riset dan juga waktu lebih banyak. Pastikan kamu membaca informasi mengenai rencana studi yang diminta oleh pihak panitia seleksi.

Langkah 2 Bagan waktu dalam rencana studi

Bagan waktu memampukan kamu dalam menentukan berapa banyak waktu yang kamu butuhkan untuk mengerjakan satu aktivitas. Sebagai contoh, kamu membutuhkan waktu dua bulan untuk melakukan penelitian di laboratorium dan satu bulan untuk menuliskan laporan hasilnya. Dengan demikian, kamu perlu mengetahui berapa waktu yang ideal untuk menyelesaikan seluruh perkuliahanmu dengan durasi waktu yang telah ditentukan.

Langkah 3 Tentukan tujuan pembelajaran

Dalam membuat rencana studi, kamu juga harus menentukan tujuan pembelajaran yang kamu dapatkan selama perkuliahan. Mengapa perkuliahan yang kamu jalani tersebut memiliki korelasi dengan tujuan akademismu ke depan, atau bahkan tujuanmu setelah lulus perkuliahan. Hal tersebutlah yang menjadi poin penilaian panitia seleksi.

Tips membuat rencana studi

cara membuat rencana studi
Sumber: movin925.com

Dalam membuat rencana studi, buatlah bagan waktu yang realistis. Jangan pernah mencoba untuk mencantumkan jangka waktu yang tidak masuk akal di dalam recana studimu. Sebagai contoh, apabila kamu memang membutuhkan waktu tiga bulan untuk melakukan studi etnografi, maka tuliskan apa adanya. Sembari berikan detail apa saja yang akan kamu lakukan selama tiga bulan tersebut.

Pada intinya, kamu harus bisa memanfaatkan waktu perkuliahan secara efektif. Tak perlu terlalu memaksa untuk menyelesaikan suatu hal secara singkat. Belum tentu hasilnya akan memuaskan, bukan?

Demikian sejumlah cara untuk membuat rencana studi untuk mendaftar beasiswa. Apakah kamu siap untuk mendapatkan beasiswa impianmu, Kawan Rantau? Terus semangat, ya.

Nah setelah kamu sudah merencanakan dan menulis rencana studi kamu, yuk simak artikel ini untuk melihat langkah selanjutnya untuk mendapatkaan Beasiswa Pemerintah China.

Baca juga tips berhemat ala mahasiswa luar negeri yang pasti kamu butuhkan nantinya.

For Your Information

Apa itu rencana studi?

Secara singkat, rencana studi merupakan jadwal yang menggambarkan jangka waktu dan tujuan selama kamu menjalani perkuliahan. Pada dasarnya, rencana studi ini mirip dengan jadwal kerja atau jadwal sekolah. Akan tetapi, dalam rencana studi kamu perlu menguraikan setiap jadwal yang kamu susun secara detail.

Mengapa saya harus membuat rencana studi?

Sejumlah beasiswa, seperti Chinese Government Scholarship, mensyaratkan kamu untuk melampirkan rencana studi untuk mendaftar.

Bagaimana cara membuat rencana studi?

Baca artikel ini untuk tahu jawabannya lebih lanjut.

Ingin mengetahui cerita lain di Beijing?