fbpx

Cara Mahasiswa Indonesia di Italia Hadapi Lockdown Akibat Covid-19

Pandemi Covid-19 membuat kegiatan kuliah harus dilakukan secara online. Banyak negara memberlakukan pembatasan kegiatan di luar rumah, salah satunya di Italia. Simak artikel ini untuk membaca mengenai kisah cara mahasiswa Indonesia di Italia saat lockdown akibat Covid-19.

Berada di dalam rumah

Mahasiswa Indonesia di Italia harus berada di rumah selama masa pandemi
Sumber: https://unsplash.com/@glencarrie

Sejak lockdown diberlakukan, semua masyarakat harus berada dalam rumah dan membatasi kegiatan di luar sesuai aturan pemerintah setempat. 

Toko, tempat umum, dan universitas pun ditutup. Mahasiswa Indonesia yang tinggal di Italia harus melakukan kegiatan perkuliahan secara online. Tentunya, hal ini menjadi tantangan tersendiri karena membutuhkan konsentrasi ekstra.

Tetap belanja kebutuhan pokok

Mahasiswa Indonesia di Italia tetap berbelanja kebutuhan pokok di luar rumah bila perlu
Sumber: https://unsplash.com/@brittaniburns

Walaupun status lockdown telah diberlakukan, namun tak perlu khawatir jika persediaan bahan makanan habis. Toko bahan makanan dan apotek diperbolehkan untuk tetap buka. 

Masyarakat masih diizinkan ke pusat perbelanjaan terdekat dari rumahnya untuk membeli kebutuhan. Namun, ada aturan yang ketat saat berbelanja, yaitu mereka harus menjaga jarak minimal satu meter.

Meskipun sempat terjadi panic buying dan berita kericuhan, namun saat ini kondisi di Italia sudah aman dan terkendali. 

Pemerintah kota Milan bahkan menciptakan sebuah tagline sebagai bagian dari respons terhadap pandemi Covid-19 ini, yaitu Milano non si ferma, yang artinya “Milano tidak berhenti”.

Menjaga kontak

Tetap jaga kontak dengan KBRI dan WNI lainnya selama masa pandemi Covid-19
Sumber: https://unsplash.com/@christianw

KBRI pun bekerja sama dengan PPI Italia dan perwakilan WNI lainnya untuk membuat forum koordinasi. Forum ini berguna untuk meneruskan informasi mengenai himbauan dari pemerintah Indonesia kepada WNI di Italia. 

Di samping itu, penting juga bagi para WNI di luar negeri untuk mengikuti arahan pemerintah setempat dan tetap menjaga kontak dengan KBRI serta para WNI lainnya.

Selain artikel tentang cara mahasiswa Indonesia di Italia hadapi lockdown akibat Covid-19 ini, Kawan Rantau juga bisa membaca tentang kisah 4 seleb Indonesia yang kuliah di luar negeri saat wabah Covid-19.

Semoga para mahasiswa dan WNI yang ada di Italia masih berada dalam keadaan baik dan sehat di tengah pandemi Covid-19 ini. Kawan Rantau yang berada di rumah juga jangan lupa untuk jaga kebersihan, ya!

For Your Information

Apa yang bisa dilakukan selama lockdown akibat Covid-19?

Kamu dapat terus beraktivitas dari rumah menggunakan internet dan ke luar rumah untuk belanja kebutuhan pokok bila perlu.

Ingin mengetahui cerita lain di Milan?