fbpx

Beasiswa Perbankan untuk Meringankan Biaya Kuliah

Beasiswa perbankan di Indonesia membantu banyak pelajar Indonesia yang bermimpi untuk bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang kuliah. Akan tetapi, beberapa dari mereka terhambat oleh keadaan finansial, hingga akhirnya terpaksa menunda kesempatan berharga tersebut. Ingatlah, tidak ada jalan buntu untuk mengenyam pendidikan!

Jika kamu ingin membantu orang tua dalam pembiayaan kuliahmu, maka cobalah beasiswa perbankan. Beragam institusi bank membuka kesempatan bagi putera puteri terbaik bangsa untuk mengenyam bangku perkuliahan. Setiap tahun ada beragam informasi beasiswa di dalam negeri yang dapat kamu kulik, seperti ada 4 program di bawah ini.

1. Beasiswa Perbankan Bank Indonesia (BI)

Sumber: http://www.nusantaratv.com

Beasiswa dalam negeri pertama berasal dari Bank Indonesia. Program bergengsi ini bekerjasama dengan 77 universitas di Indonesia untuk menyaring pelamar sarjana (S1) terbaik setiap tahunnya. Beasiswa ini biasa dibuka sekitar Februari dan memiliki proses seleksi yang ketat.

Bank Indonesia ini tidak hanya memberikan dana bulanan sebesar Rp 1.000.000, tetapi juga pelatihan dari komunitas Generasi Baru Indonesia (Genbi), sehingga sembari kuliah kamu bisa mengasah keahlian. Supaya tidak penasaran lagi, lebih baik langsung telusuri info beasiswa ini di Instagram Generasi Baru Indonesia.

2. Beasiswa Perbankan BCA Finance

Sumber: http://www.bcafinance.co.id

Meraih gelar sarjana memang tidak mudah karena memerlukan usaha dan biaya yang besar. Jika kamu mahasiswa S1 dan sedang khawatir kekurangan dana, maka cobalah melamar beasiswa BCA Finance. Bank swasta tersebut akan memberikan bantuan dana sebesar 3 juta setiap semester hingga lulus kuliah pada semester 8. Ikuti semua persyaratannya supaya kemungkinan lolos semakin besar.

Sebagai perbandingan, beasiswa ini biasa dibuka sekitar pertengahan tahun, yaitu Mei hingga Juni. BCA akan memberikan info melalui situs resmi jika pendaftaran program beasiswa sudah dibuka. Jangan patah semangat, ya!

3. Beasiswa BRI

Sumber: govinsider.asia

Program dari BUMN ini tidak oleh dilewatkan bagi pemburu beasiswa, nih! PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) siap memberikan bantuan selama kuliah S1 (4 tahun) dan D3 (3 tahun) dengan Beasiswa Nusantara Cerdas (BNC). Ini merupakan CSR perusahaan BUMN dalam rangka mencerdaskan bangsa. Mahasiswa tidak perlu khawatir kekurangan dana karena BRI akan memberikan dana bantuan sebesar 5 juta rupiah selama masa pendidikan berlangsung.

BRI sudah bekerjasama dengan beberapa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di pulau Jawa, di antaranya UGM, UNY, UNNES, UNESA, ITB, UI, ITB, IPB, UNM, dan UNPAD. Supaya tidak ketinggalan info, kuliklah informasi ini menjelang dibukanya pendaftaran, yakni Mei hingga Juli. Sebagai perbandingan untuk tahun berikutnya, mampirlah ke situs resminya di sini.

4. Beasiswa BNI

Sumber: cdn.akurat.co

Beasiswa dari BUMN ini akan memberikan bantuan dana kepada mahasiswa D3, D4 dan S1 semester dua hingga delapan. Beasiswa BNI tahun 2019 masih dibuka hingga 23 September 2019. Mumpung masih ada waktu, lebih baik kamu langsung googling atau hubungi pihak akademik kampus untuk mengumpulkan seluruh persyaratan.

Nah, itulah 4 beasiswa perbankan yang dapat meringankan beban finansial kuliahmu. Ikutilah semua persyaratannya agar kamu menjadi “the choosen one” di dalam persaingan yang sengit ini. Gebrak semua pintu beasiswa dengan penuh keyakinan dan doa. Selamat berjuang, ya!


Ingin mengetahui cerita lain di Worldwide?