fbpx

Bertambahnya Jumlah Orang yang Belajar Bahasa Jerman

Berdasarkan hasil survei terbaru, jumlah sekolah atau institusi untuk belajar bahasa Jerman di luar Jerman terus bertambah. Pada tahun 2015, ada 95.000 sekolah yang ada. Jumlah tersebut terus meningkat hingga mencapai 106.000 pada tahun ini dengan jumlah siswa lebih dari 15.4 juta orang.

Hasil survei

Sumber: dw.com

Sekarang ini, jumlah orang yang mempelajari bahasa Jerman diperkirakan sama banyaknya dengan orang yang mempelajari bahasa Spanyol.

Hal tersebut merupakan hasil survei yang dilakukan oleh Federal Foreign Office yang bekerja sama dengan German Academic Exchange Service (DAAD), Goethe Institut, Deutsche Welle, dan Zentralstelle fur das Auslandsschulwesen (ZfA).

Selain hasil yang disinggung di atas, hasil survei tersebut juga mengungkan bahwa terdapat sekitar 11.2 orang yang belajar bahasa Jerman dari negara-negara Eropa. Beberapa di antaranya berasal dari Denmark, Belanda, Republik Ceko, dan Rusia.

Akan tetapi, terdapat pula penurunan jumlah di Hungaria dan Polandia yang mencapai 15%. Meskipun demikian, kedua negara ini masih tetap menjadi negara dengan jumlah orang yang belajar bahasa Jerman tertinggi.

Di luar Eropa, terdapat kenaikan 50%, khususnya di Afrika, yakni di Mesir dan Algeria. Kenaikan lainnya juga terjadi di Kawasan Asia, khususnya di China.

Belajar di sekolah maupun lembaga bahasa Jerman

Sumber: wsimag.com

Berdasarkan hasil survei tersebut, diketahui bahwa kebanyakan para pemelajar ini mempelajari bahasa Jerman di Sekolah. Sekolah tersebut pada dasarnya mitra dari PASCH Initiative yang berupaya untuk mempromosikan bahasa Jerman. Nah, di 100 negara yang ada, terdapat 2.000 sekolah mitra. Jadi, tak heran apabila jumlah pemelajar bahasa Jerman terus meningkat.

Kemudian, ada pula sekitar 309.000 orang yang belajar bahasa Jerman melalui Goethe Institut.

Diperkirakan, imigrasi menjadi motivasi utama bagi meningkatkan jumlah pemelajar bahasa Jerman. Apalagi, memang ada persyaratan menguasai bahasa Jerman minimal tingkat B1 untuk mendapatkan kewarganegaraan di Jerman. Kemudian, untuk bisa berkuliah di Jerman, kemampuan berbahasa Jerman diutamakan.

Pada dasarnya, bahasa Jerman termasuk ke dalam bahasa kedua yang banyak dipelajari. Sekarang, posisi dari bahasa Jerman setara dengan bahasa Spanyol meski masih kalah jauh dari bahasa Perancis.

Berikut merupakan pemeringkatan jumlah pemelajar bahasa selain Bahasa Inggris yang dilansir oleh FluentU.

  1. Perancis (82.000.000)
  2. Mandarin (30.000.000)
  3. Spanyol (14.500.000)
  4. Jerman (14.500.000)
  5. Italia (8.000.000)
  6. Jepang (3.000.000)

Jadi, Kawan Rantau, apakah kamu juga tertarik untuk mempelajari bahasa Jerman lebih jauh. Apabila kamu bisa lancar menguasai bahasa ini, maka kamu bisa sekali mendapat kesempatan untuk mendaftar beasiswa yang tak membutuhkan TOEFL. Menarik, bukan?

For Your Information

Mengapa banyak orang yang tertarik untuk belajar bahasa Jerman?

Selain keinginan untuk melakukan imigrasi, apabila kamu ingin melanjutkan sekolah di Jerman, ada baiknya kamu bisa menguasai bahasa Jerman.

Mengapa jumlah orang yang belajar bahasa Jerman meningkat?

Simak artikel ini untuk tahu penjabarannya.

Ingin mengetahui cerita lain di Berlin?