fbpx

Belajar Diplomasi Lewat AFMAM 2020 di Hanoi, Vietnam

Pada tahun 2020 ini, ASEAN Foundation akan mengadakan ASEAN Foundation Model ASEAN Meeting (AFMAM) 2020 di Hanoi, Vietnam. Simulasi rapat ASEAN ini ditujukan untuk pelajar perguruan tinggi di berbagai kawasan ASEAN untuk memahami diplomasi dan bagaimana suatu kebijakan diambil oleh negara anggota ASEAN untuk menghadapi berbagai isu di kawasan ASEAN.

Tentang AFMAM 2020 di Hanoi, Vietnam

AFMAM 2020 Hanoi, Vietnam
Sumber: afmam.aseanfoundation.org

Untuk tahun ini, tema terfokus untuk simulasi ASEAN+ engagement adalah “Peran Pemuda ASEAN dalam Mempromosikan Jejaring dan Kerja Sama untuk Membangun Komunitas ASEAN yang bersih dan Hijau melalui Penggunaan Sumber Daya Alam yang Berkelanjutan dan Perlindungan Lingkungan”.

Salah satu hal yang ditekankan dalam pertemuan ini adalah, pengurangan penggunaan plastik sekali pakai dan dampaknya terhadap lingkungan. Nantinya, proses diskusi akan berlangsung melalui berbagai bentuk simulasi pertemuan ASEAN.

Kapan AFMAM 2020 dilaksanakan?

Simulasi pertemuan AFMAM 2020 akan diadakan pada 4-6 September 2020 di Hanoi, Vietnam. Berikut linimasa untuk acara yang satu ini

27 Maret 2020: Call for application
8 Mei 2020: Tenggat waktu pendaftaran
9 Mei – 9 Juni 2020: Penilaian dan pemilihan
10 Juni 2020: Pengumunan tim
11 Juni – 11 Agustus 2020: Webinar dan pelatihan untuk tim terpilih
3 September 2020: Kedatangan
4 – 6 September 2020: Simulasi pertemuan
7 September 2020: Kembali

Bagaimana cara saya mendaftar?

Bagi yang tertarik untuk mengikuti AFMAM 2020, silakan bentuk satu tim yang terdiri dari 6 pelajar dan satu pembina. Semua anggota tim harus memiliki kewarganegaraan yang sama.

Tim yang terdiri dari anggota dan pembina dari universitas yang berbeda, latar belakang pendidikan yang beragam, dan mempromosikan kesetaraan gender akan sangat dipertimbangkan.

Berikut sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi:

Anggota tim

  • Terdaftar sebagai mahasiswa diploma atau sarjana dari berbagai disiplin di salah satu perguruan tinggi yang berada di negara anggota ASEAN
  • Memiliki usia 18-25 tahun saat program ini berjalan
  • Cakap berbahasa Inggris secara lisan maupun tulisan

Pembina

  • Dosen atau asisten dosen yang mengajar di pergruan tinggi yang ada di negara anggota ASEAN
  • Berusi 25 tahun atau lebih pada 3 September 2020
  • Cakap berbahsa Inggris secara lisan maupun tulisan
  • Tugas daari pembina: memimpin dan membina tim, memberikan saran dan pelatihan untuk tim mengenai konten yang disampaikan, mengalokasikan waktu untuk mengikuti sesi persiapan daring, serta memberikan masukan yang konstruktif untuk kemajuan AFMAM.

Apa saja dokumen yang dibutuhkan?

Untuk mendaftar program ini, berikut dokumen yang kamu butuhkan:

  1. Data pribadi
  2. Pas foto dalam bentuk file JPG atau JPEG dan berukuran tidak lebih dari 500KBs
  3. Surat rekomendasi dari pihak departemen/fakultas/universitas untuk masing-masing orang (pastikan file berbentuk PDF dan berukuran tidak lebih dari 500KBs).
  4. Daftar lima pencapaian tertinggi untuk masing-masing pendaftar.
  5. Esai tim dengan tema “Peran Pemuda ASEAN dalam Mempromosikan Jejaring dan Kerja Sama untuk Membangun Komunitas ASEAN yang bersih dan Hijau melalui Penggunaan Sumber Daya Alam yang Berkelanjutan dan Perlindungan Lingkungan. Ditulis tidak lebih dari 500 kata.
  6. Selain itu, silakan buat satu video kreatif berdurasi 1.5 menit untuk memperkenalkan masing-masing anggota. Silakan unggah video tersebut di akun YouTube dari salah satu anggota dan bagikan tautannya di kolom yang disediakan.
AFMAM 2020 Hanoi, Vietnam - Alur pendaftaran
Alur pendaftaran AFMAM 2020. Sumber: aseanfoundation.org

Apa yang bisa saya dapatkan?

Seluruh program ini berlaku gratis. Tidak ada biaya pendaftaran yang dikenakan. Kemudian, biaya transportasi menuju Hanoi pun disediakan. Selama di Hanoi, kamu juga tidak perlu mengeluarkan biaya karena akomodasi dan konsumsi telah ditanggung.

Pengalaman yang unik, bukan? Jadi, silakan daftarkan tim kamu sebelum 8 Mei 2020 pukul 23.59. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa mengunjungi tautan berikut ini.

Baca juga tentang kompetisi analisis data tingkat ASEAN, ASEAN DSE.

For Your Information

Apa itu AFMAM?

AFMAM atau ASEAN Foundation Model ASEAN Meeting merupakan program simulasi pertemuan negara-negara anggota ASEAN yang membahas isu-isu khusus di kawasan ASEAN.

Di mana AFMAM 2020 dilaksanakan?

AFMAM 2020 akan dilaksanakan di Hanoi, Vietnam.

Apa saja syarat pendaftaran AFMAM 2020?

Silakan baca artikel ini untuk tahu jawabannya.

Ingin mengetahui cerita lain di Hanoi?