fbpx

Mengenal Beasiswa Emile-Boutmy, untuk Kamu yang Ingin Kuliah di Perancis

Perancis merupakan salah satu negara favorit tujuan mahasiswa Indonesia untuk menuntut ilmu. Negara asal para pemikir seperti Rene Descartes, Voltaire, dan juga Jean-Paul Sartre ini memang memiliki daya tarik tersendiri. Apakah kamu salah satunya, Anak Rantau?

Nah, kali ini, kami akan sedikit berbagi mengenai salah satu beasiswa yang dapat kamu manfaatkan apabila kamu ingin melanjutkan studi di negara yang terkenal akan menara Eiffel-nya itu.

Apakah kalian pernah mendengar Beasiswa Emile-Boutmy?

Untuk melanjutkan studi di Perancis, selain kalian bisa mendaftar beasiswa Eiffel, kalian juga bisa memanfaatkan beasiswa yang disediakan oleh universitas-universitas terbaik di negara tersebut. Yap, Beasiswa Emile-Boutmy ini salah satunya.

Sekilas tentang Beasiswa Emile-Boutmy

anakrantau-emile-boutmy.jpg

Emile Boutmy. Sumber: sciencespo.fr

Jadi, beasiswa Emile-Boutmy merupakan beasiswa yang dikeluarkan oleh Sciences Po, salah satu universitas di Perancis yang terkenal akan kajiannya di bidang ilmu politik. Beasiswa Emile-Boutmy sendiri diambil dari nama pendiri Sciences Po yang ditujukan untuk memberikan beasiswa bagi siswa internasional dari luar Uni Eropa. Wah, menarik sekali, bukan?

Tentunya, kamu tidak perlu khawatir dengan jurusan pilihanmu karena beasiswa ini telah terintegrasi dengan departemen-departemen favorit si Sciences Po. Mulai dari Department of Economics, Department of Political Science, Department of Sociology, Department of History, serta Law School. Kalian hanya perlu mengunjungi situs masing-masing departemen untuk memastikan jurusan impian kalian masuk dalam skema beasiswa ini.

Berhubung beasiswa ini diperuntukkan untuk tingkat S1 dan S2, maka akan ada perbedaan besaran biaya pendidikan yang diberikan nih, Anak Rantau.

Untuk S1, rentang besaran biaya pendidikan yang diberikan mulai dari €3.000-€12.300 untuk tiga tahun. Lalu, kalau kamu beruntung, kamu bisa juga mendapatkan bantuan biaya pendidikan sebesar €19.000 untuk tiga tahun.

Sedangkan, untuk S2, terdapat dua skema yang diberikan, yakni mendapatkan bantuan biaya pendidikan sebesar €10.000 per tahun selama dua tahun, atau €5.000 per tahun selama dua tahun. Pastinya semakin membuat kamu menjadi lebih semangat bukan?

Syarat Pendaftar

anakrantau-beasiswa-emile-boutmey-sciences-po.jpg
Gerbang masuk Sciences Po. Sumber: nytimes.com

Lalu, sebetulnya, siapa sih yang berhak untuk mengajukan diri sebagai penerima beasiswa yang satu ini?

Ada beberapa syarat wajib yang harus kamu penuhi apabila ingin mendaftar untuk beasisw Emile-Boutmy ini.

  1. Kamu belum pernah mengajukan diri sebagai penerima beasiswa Emile-Boutmy sebelumnya. Jadi, pastikan kamu memang melamar pertama kali untuk beasiswa ini.
  2. Bukan warga negara Uni Eropa. Bagaimanapun, beasiswa ini memang ditujukan untuk siswa internasional yang sama sekali tidak memiliki keterikatan terhadap negara-negara di Uni Eropa. Kesempatan emas nih, Anak Rantau!
  3. Telah diterima di program sarjana atau pasca sarjana di Sciences Po.

Yang harus kamu ingat, Anak Rantau, apabila kamu menerima beasiswa ini, maka kamu tidak dapat menggabungkan beasiswa yang kamu dapat dengan beasiswa lainnya, kecuali memang sudah mendapatkan izin dari panitia seleksi.

Selain itu, Beasiswa Emile-Boutmy tidak bersifat otomatis. Pastikan kamu memilih skema beasiswa ini ketika mengisi formulir pendaftaran daring dari program sarjana dan pasca sarjana yang kamu pilih.

Lalu, memangnya masih sempat ya, kalau mendaftar sekarang? Tenang, Anak Rantau. Tentu masih sempat. Kamu masih berkesempatan untuk mendaftar beasiswa satu ini sampai 15 Desember 2019 untuk program pasca sarjana. Kalau untuk program sarjana, tenggat waktu pendaftarannya masih menyusul. Jadi, tunggu apa lagi? Perancis dan Sciences Po menunggu kehadiranmu, lho!


Ingin mengetahui cerita lain di Paris?