fbpx

Hebrew University Tawarkan Jurusan Filsafat Terbaik di Timur Tengah

Dilansir dari QS World University Rankings 2019 by Subject, di deretan 100 universitas yang tawarkan jurusan filsafat terbaik, ada nama The Hebrew University of Jerusalem, Israel. Tentu ini menarik karena itu berarti, jurusan filsafat terbaik di Timur Tengah berada di Israel.

Tentang Jurusan Filsafat di Hebrew University

Hebrew University tawarkan jurusan filsafat terbaik di Timur Tengah.
Sumber: israel21c.org

Pada dasarnya, jurusan filsafat di The Hebrew University of Jerusalem termasuk memiliki sejarah yang panjang. Universitas ini telah memiliki departemen filsafat sejak tahun 1925. Sejak saat itu pula, sudah ada program sarjana, magister, dan juga doktoral untuk jurusan ini.

Staf pengajar senior di universitas ini merupakan para pemikir filsafat terkemuka di Israel dan juga lulusan dari berbagai universitas di Amerika Serikat, Eropa, dan tentu dari Hebrew University sendiri.

Sejak awal berdiri, departemen filsafat dari Hebrew University memang menawarkan program filsafat yang mumpuni. Alhasil, dalam 25 tahun pertama berdirinya jurusan ini, telah ada 4 mahasiswa yang meraih gelar doktoral. Dua di antaranya adalah Nathan Rotenstreich dan Yehoshua Bar-Hillei yang menjadi pengajar di departemen tersebut.

Para lulusan jurusan filsafat Hebrew University banyak yang melanjutkan studi mereka di sejumlah institusi di luar Israel. Bahkan, ada pula yang menjadi staf pengajar di Amerika Serikat, Inggris, dan juga Perancis

Program Sarjana

Sumber: international.huji.ac.il

Ketika kamu menjalani perkuliahan di jurusan filsafat di The Hebrew University, kamu akan menjalani tiga tahun perkuliahan yang berbeda.

Di tahun pertama, kamu akan mempelajari mata kuliah pengantar filsafat yang di dalamnya termasuk pengantar metodologi, seperti pemikiran kritis, logika, dan juga membaca kritis. Kemudian, kamu juga akan mempelajari pengantar sejarah dan sejumlah pengantar yang topikal, seperti etika dan filosofi politik.

Selain itu, kamu juga akan belajar tentang masalah-masalah utama dalam filsafat. Yang pasti, kamu akan dibekali berbagai ilmu untuk mengenal filsafat dari awal.

Kemudian, di tahun kedua, kamu akan diperbolehkan untuk memilih peminatan yang kamu sukai. Kamu bisa memilih antara epistemologi, metafisika, filsafat pemikiran, estetika, filsafat ilmu, dan lainnya. Sembari kamu mengambil sejumlah mata kuliah pengantar historis.

Lalu, di tahun ketiga, kamu bisa memilih mata kuliah pilihan dan juga seminar. Tentu, di tahun ini kamu berkesempatan memperdalam peminatan yang kamu ambil sembari menulis tugas akhir jurusan filsafat di Hebrew University.

Penutup

Sumber: israelhayom.com

Departemen filsafat ini berada di bawah naungan Fakultas Humaniora, The Hebrew University of Jerusalem. Memang ada sejumlah perkuliahan yang menggunakan bahasa Inggris, bahkan hampir semua bahan bacaan yang disediakan menggunakan bahasa Inggris. Akan tetapi, untuk perkuliahan sendiri, bahasa pengantar yang digunakan adalah bahasa Ibrani.

Jadi, persiapkan terlebih dahulu upayamu untuk mempelajari bahasa Ibrani terlebih dahulu.

Demikianlah ulasan tentang jurusan filsafat terbaik di Timur Tengah. Apakah jurusan ini menarik bagimu?

Baca juga tentang universitas di Jerman yang tawarkan jurusan filsafat terbaik.

For Your Information

Apa yang istimewa dari jurusan filsafat di Hebrew University?

Dilansir dari QS World University Rankings 2019 by Subject, di deretan 100 universitas yang tawarkan jurusan filsafat terbaik, ada nama The Hebrew University of Jerusalem, Israel. Tentu ini menarik karena itu berarti, jurusan filsafat terbaik di Timur Tengah berada di Israel.

Apa saja yang akan saya pelajari di jurusan filsafat, Hebrew University?

Ada banyak hal yang bisa kamu pelajari. Untuk detailnya, kamu bisa membacanya di artikel ini.

Apakah saya harus menguasai bahasa Ibrani untuk kuliah di Israel?

Meskipun ada sejumlah perkuliahan yang menggunakan bahasa Inggris, bahasa pengantar perkuliahan utama di Hebrew University menggunakan bahasa ibrani.

Ingin mengetahui cerita lain di Jerusalem?