Beasiswa Short Course Ini Bawa Kamu Travelling ke ASEAN

Kesempatan untuk merasakan serunya pengalaman studi di luar negeri tidak hanya milik mereka yang berkuliah disana, tetapi juga milik kamu dengan mengikuti beragam program short course. Hmm, kira-kira kamu udah tahu belum nih tentang kegiatan beasiswa fully funded yang satu ini?

Ada banyak program short course yang tersedia dengan beragam negara dan sepaket kegiatan yang padat namun kaya pengalaman. Sebagai langkah awal, tidak ada salahnya kamu mengikuti program short course kerjasama dengan negara tetangga. Salah satunya adalah ASEAN in Today’s World atau yang biasa disingkat dengan AsTW.

Sumber: Swara Tunaiku

AsTW adalah program studi internasional yang dirancang bagi mahasiswa sarjana di seluruh dunia dengan durasi selama dua minggu yang berfokus pada urusan ASEAN dan Asia Timur. Media pengantar yang digunakan selama kegiatan ini berlangsung ialah bahasa Inggris.

Sumber: Hipwee

Semenjak diluncurkan pada tahun 2009 di Thailand, AsTW diikuti oleh 32 universitas di ASEAN dengan penerapan dua kurikulum yang berbeda. Pada ASEAN Studies Courses (ASC) terdapat kelas Current Affairs of ASEAN and East Asia, Food and Environmental Issues in Asia, dan Cross-cultural Communication in Asia.

Sedangkan pada Asian Language & Cultures (ALC) terdapat kelas Bahasa dan Kebudayaan Jepang Dasar, Bahasa dan Kebudayaan (negara tuan rumah) Dasar, dan Bahasa Inggris.

Masing-masing peserta dapat mengambil satu kelas pada ASC dan satu kelas pada ALC. Kegiatan penunjang lainnya adalah study trip yang ditujukan untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap sejarah, budaya, dan kehidupan sosial di negara tuan rumah.

Sumber: Kumparan

Setiap peserta yang berhasil melalui semua kegiatan resmi AsTW akan memperoleh sertifikat dari Kyushu University dan mitra universitasnya. Istimewanya, kredit nilai yang kamu peroleh bisa ditransfer ke universitas asal loh!

Setiap peserta AsTW akan memperoleh beasiswa sebesar 173.200 yen (sekitar 20 juta rupiah) dari Kyushu University yang meliputi biaya kuliah, akomodasi, makan pagi, dan biaya study trip.

Peserta nantinya harus mengeluarkan uang pribadi untuk penerbangan PP, transportasi lokal, dan biaya untuk kebutuhan pribadi. AsTW terbuka bagi seluruh mahasiswa di seluruh dunia tetapi program beasiswanya hanya berlaku untuk mahasiswa dari ASEAN.

Sumber: Liputan6.com

AsTW 2019 telah dilaksanakan pada 21 Februari hingga 6 Maret yang lalu di Universitas Malaya, Malaysia. Kamu yang ingin terlibat jangan bersedih karena program ini tentunya akan dilaksanakan setiap tahun dengan tuan rumah yang berbeda-beda.

Tidak ada salahnya kamu mempersiapkan diri mulai dari sekarang untuk AsTW 2020 dan beberapa persyratan resminya seperti application form, transkrip nilai perkuliahan, recommendation letter dari universitas, sertifikan TOEFL dengan skor minimum 530, dan surat keterangan medis. Selamat belajar sekaligus jalan-jalan!