fbpx

Beasiswa SEARCA, Kuliah Pertanian di ASEAN Gratis

Kuliah di jurusan pertanian merupakan kesempatan prestisius untuk mengabdi pada negara. Tenang saja, kamu tidak salah jurusan, kok! Kali ini ada beasiswa SEARCA untuk belajar ilmu pertanian di lembaga riset kawasan ASEAN. The Southeast Asian Regional Center for Graduate Study and Research in Agriculture (SEARCA) merupakan organisasi nirlaba di Filipina yang didirikan oleh Organisasi Pendidikan Menteri Asia Tenggara (SEAMEO) pada tahun 1966.

Beasiswa pertanian SEARCA untuk jenjang S2 dan PhD selalu berakhir pada 31 Juli setiap tahunnya. Supaya kamu tidak ketinggalan informasi, baca informasinya hingga selesai, ya!

Persyaratan Umum Beasiswa Pertanian SEARCA

Sebelum mendaftar, maka pastikan kamu memenuhi persyaratan umum beasiswa prestisius ini. Pada umumnya, beasiswa ini ditujukan untuk lulusan yang berasal dari negara Asia Tenggara. Syarat lainnya yaitu harus bekerja di lembaga penelitian milik pemerintah.

Sumber: Pexels
  • Terbuka untuk warga negara dari negara anggota SEAMEO, salah satunya Indonesia. Pelamar merupakan karyawan tetap lembaga akademik atau penelitian atau lembaga pemerintah
  • Beasiswa ini memakai batasan usia, yakni pelamar jenjang S2 tidak boleh berusia lebih dari 35 tahun dan tidak boleh lebih dari 40 tahun bagi pelamar jenjang PhD.
  • Spesialisasi yang dipilih oleh pelamar harus berkaitan dengan agrikultur atau ilmu satu rumpun lainnya. Setidaknya, jika tidak fokus kepada agrikultur, maka harus termasuk ke dalam kelompok program berikut: Ilmu Pertanian / Biologi, Teknologi dan Rekayasa Agroindustri, Ekonomi dan Agribisnis, Ilmu Lingkungan, Kehutanan dan Perikanan, Ilmu Sosial
  • Penelitian tesis yang diusulkan harus fokus pada tema menyeluruh SEARCA tentang Akselerasi Transformasi Melalui Inovasi Pertanian dengan bidang-bidang prioritas berikut: Model Agri-Bisnis untuk Meningkatkan Produktivitas dan Penghasilan, Sistem Pertanian Berkelanjutan dan Manajemen Sumber Daya Alam, Keamanan Pangan dan Gizi, Kepemimpinan Transformasional untuk Pembangunan Pertanian dan Pedesaan (ARD), Keterlibatan Gender dan Pemuda dalam ARD, Meningkatkan ARD menuju Ketahanan Iklim, Aplikasi Eco-Health / One-Health ke ARD

Pastikan pelamar memiliki study plan yang jelas, sehingga kemungkinan terpilih akan semakin besar.

Cakupan Beasiswa Pertanian SEARCA

SEARCA menyiapkan beasiswa penuh dengan cakupan biaya yang menjanjikan. Jika terpilih, maka kamu dapat belajar dengan tenang tanpa khawatir kekurangan biaya.

Sumber: Pexels
  • uang sekolah dan biaya sekolah lainnya
  • Tunjangan perjalanan (tiket pesawat pulang pergi dari negara asal ke negara studi dan transportasi lokal)
  • Dukungan tesis / disertasi
  • Tunjangan buku dan persediaan
  • Asuransi kesehatan
  • Imbalan untuk makanan, penginapan dan biaya tak terduga

Insititusi yang Dapat Dipilih

Pada saat mendaftar, pelamar harus memilih 3 institusi atau universitas yang telah ditetapkan di bawah ini:

  • Institut Pertanian Bogor (IPB), Bogor, Indonesia
  • Kasetsart University (KU), Bangkok, Thailand
  • Universitas Brawijaya (UB), Malang, Indonesia
  • Universiti Putra Malaysia (UPM), Malaysia
  • University of Philippines Los Banos, Filipina
  • Universitas Gajah Mada (UGM), Yogyakarta, Indonesia

Pihak beasiswa SEARCA dapat memberikan kebebasan bagi para pelamar jika ingin mendaftar di tempat selain yang ditentukan, akan tetapi institusi tersebut harus memiliki hubungan kerjasama dengan SEARCA. Biasanya, universitas tersebut terdaftar dalam ASEAN University Network (AUN).

Dokumen yang Dibutuhkan

Jika kamu berminat dengan beasiswa ini, maka terdapat banyak dokumen yang harus diunggah melalui situs resmi SEARCA. Selain berkas softcopy, pelamar juga harus mengirimkannya melalui pos ke Kementerian Riset dan Teknologi atau Kementerian Pendidikan di negara asal.

Sumber: Pexels
  • Salinan asli transkrip dengan cap Universitas dan tanda tangandari dekan Universitas. Pelamar untuk gelar Magister harus menyerahkan salinan transkrip saat jenjang Bachelor of Science (BS). Sedangkan, pelamar gelar PhD harus menyerahkan salinan trasnkrip jenjang sarjana dan magister transkrip.
  • Salinan sertifikat kelulusan / diploma atau bersertifikat untuk setiap tingkat yang diselesaikan. Jika mendaftar untuk jenjang S2, maka sertakan salinan ijazah S1. Lalu, jika melamar jenjang S2, maka sertakan salinan ijazah S2 dan S3.
  • Sertifikat pekerjaan
  • Mendapatkan surat izin dari atasan.
  • Daftar riwayat hidup terbaru
  • Deskripsi singkat mengenai tesis/disertasi yang akan dilakukan pelamar. Topik penelitian harus sejalan dengan tema utama SEARCA tentang Akselerasi Transformasi Melalui Inovasi Pertanian dengan bidang-bidang prioritas berikut yang telah disebutkan pada bagian persyaratan umum.
  • Surat dokter atau keterangan rumah sakit yang menyatakan bahwa pelamar dalam kondisi kesehatan fisik dan mental yang baik dan layak untuk melakukan studi pascasarjana atau PhD.
  • Hasil IELTS (6.0) atau hasil TOEFL iBT (75) yang dilakukan dalam dua tahun terakhir.

Usai mengunggah seluruh dokumen tersebut secara daring, maka kirimkan berkasnya melalui pos ke alamat Kementerian Riset dan Teknologi atau Kementerian Pendidikan. Inilah detail kontak yang dapat pelamar Indonesia hubungi:

INDONESIA
Director
Directorate Human Resources Qualification
Ministry of Research, Technology and Higher Education
D Building, 4th Floor, Jalan Pintu Satu Senayan
Jakarta 10270 INDONESIA
E-mail: blndikti@ristekdikti.go.id
Website: http://sumberdaya.ristekdikti.go.id

Linimasa

Sumber: Pexels

Beasiswa pertanian SEARCA selalu dibuka setiap tahun dan selalu berakhir setiap 31 Juli. Linimasa setiap proses perekrutan hampir selalu sama setiap tahun. Bayangan yang dapat kamu perkirakan adalah sebagai berikut:

31 Juli 2020: penutupan pendaftaran beasiswa SEARCA. Harap diperhatikan bahwa setiap negara tujuan memiliki zona waktu yang berbeda. Jangan terlalu mepet ketika mengumpulkan, ya!

1-31 Agustus 2020: penyariangan dan evaluasi dokumen para pelamar

1 September hingga 15 Desember 2020: tahap wawancara bagi pelamar yang dinyatakan lolos berkas.

1-31 Jauari 2021: evaluasi tahap akhir dan penetapan pelamar yang lolos seleksi secara keseluruhan

1 Maret hingga 31 Mei 2021: pemberian dana hibah

1 Februari hingga 30 April 2021: panitia beasiswa mengirimkan surat resmi ke Kementerian Pendidikan, Pertanian, dan Pembangunan Pedesaan; universitas; dan lembaga teknis dan lembaga penelitian terkait lainnya untuk mengadakan kembali pelaksanaan beasiswa SEARCA.

Itulah informasi mengenai beasiswa pertanian SEARCA yang dapat membantu kamu meneruskan pendidikan di bidang agrikultur. Terus perdalam pengetahuan meskipun sudah bekerja. Bagi yang belum lulus dari jenjang sarjana dan belum masuk dunia kerja, informasi ini dapat menjadi sumber untuk rencana belajar. Jangan lupa bagikan ke temanmu!

For Your Information

Apa itu beasiswa SEARCA?

Beasiswa SEARCA merupakan program untuk memperdalam ilmu pertanian di lembaga riset kawasan ASEAN

Kapan beasiswa SEARCA berakhir?

Beasiswa pertanian SEARCA untuk jenjang S2 dan PhD selalu berakhir pada 31 Juli setiap tahunnya

Apa persyaratan umum beasiswa SEARCA?

Pada umumnya, beasiswa ini ditujukan untuk lulusan yang berasal dari negara Asia Tenggara. Syarat lainnya yaitu harus bekerja di lembaga penelitian milik pemerintah dengan durasi yang sudah ditentukan pihak beasiswa.

Ingin mengetahui cerita lain di Bandar Seri Begawan?