fbpx

Beasiswa S2 Khusus PNS Kuliah Ke Luar Negeri Gratis!

Ada kabar bahagia, nih, bagi anak rantau yang berprofesi sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS). Bekerja sebagai PNS dituntut untuk dapat melayani urusan negara dan masyarakat dengan pengetahuan luas. Nah, supaya PNS dapat memberikan kontribusi terbaiknya kepada negeri, ada baiknya mereka coba mencontoh administrasi negara maju untuk perbaikan implementasi. Goal tersebut dapat dicapai dengan beasiswa S2 Khusus PNS ini, loh! Kapan lagi sekolah keluar negeri gratis?

1. Beasiswa Bappenas (Dalam Negeri, Dibuka Awal Agustus)

Sumber: siedoo.com

Menjadi PNS tidak menutup kesempatan untuk belajar di luar negeri. Kali ini, beasiswa khusus PNS juga tersedia di dalam negeri, yaitu beasiswa Bappenas. Beasiswa favorit ini selalu menyediakan kuota dalam jumlah banyak bagi para PNS yang ingin menuntut ilmu lagi. Dalam setahun, beasiswa ini dapat dibuka hingga 3 gelombang.

Beasiswa Bappenas merupakan full scholarship dan terdiri dari 3 macam, yaitu dalam negeri, luar negeri, dan linkage (beasiswa kerjasama dalam negeri dan luar negeri). Peserta juga dapat memilih beragam kampus sesuai keinginannya. Informasi beasiswa S2 khusus PNS tahun 2020 sudah ada di situs resmi Pusbindiklatren Bappenas.

2. New Zealand Award Scholarship (Selandia Baru, Dibuka Februari-Pertengahan Maret)

Sumber: Pexels

Beasiswa ini dibuka bukan hanya untuk PNS, melainkan juga umum dengan syarat wajib memberikan kontribusi setelah lulus selama 2 tahun kerja. Maka dari itu, penerima beasiswa wajib pulang ke tanah air jika studi sudah selesai. Khusus S2, beasiswa ini memiliki minimal usia yakni di bawah 40 tahun. Informasi mengenai beasiswa penuh ini dapat kamu ikuti di situs resmi beasiswa NZAS.

3. Korea International Cooperation Agency (Korea Selatan,Pendaftaran Dibuka Tergantung Kampus dan Jurusan)

Sumber: Pexels

Kesempatan kuliah ke Korea Selatan sangat terbuka lebar bagi masyarakat Indonesia. Beasiswa KOICA membuka kesempatan bagi PNS dan masyarakat umum untuk meningkatkan kapabilitas di bidang pemerintaham ekonomi, sosial, kebijakan publik, hingga teknologi informasi.

Setiap tahunnya beasiswa ini menerima 10-15 peserta beasiswa dari Indonesia dengan 95% berasal dari kalangan PNS. Setiap kampus tujuan memiliki waktu pendaftaran yang berbeda, maka dari itu daripada ketinggalan informasi, informasi lebih lengkap tertera di situs KOICA.

4. Beasiswa MEXT Young Leader’s Program (Jepang, Dibuka Oktober)

Sumber: Pexels

Jepang juga membuka kesempatan bagi PNS di negara berkembang untuk memperdalam keahlian di bidang sektor publik. Rangkaian beasiswa MEXT memang sangat banyak, akan tetapi jenjang ini khusus S2 jika dilihat dari persyaratannya. Hal tersebut ditunjukkan dari pengalaman kerja minimal 5 tahun di sektor publik.

Beasiswa penuh ini berafiliasi dengan banyak kampus ternama di Jepang dengan jurusan yang berkaitan dengan kebijakan publik, administrasi publik, administrasi sistem kesehatan, dan administrasi bisnis hukum. Supaya kamu dapat mempersiapkan secara matang, pantau dan unduh guideline tahun 2020 di situs resmi Mext.

5. Lee Kuan Yee School of Public Policy (Singapura, Dibuka Oktober-Desember)

Sumber: Pexels

Negara tetangga seperti Singapura juga cocok untuk belajar tentang kebijakan publik. Singapura menjadi negara panutan di Asia Tenggara yang memiliki sistem birokrasi sangat baik dan dapat menyejahterakan warganya. Kamu bisa belajar banyak di kampus-kampus ternama Singapura, seperti kampus yang satu ini.

Sesuai namanya, Lee Kuan Yee School merupakan tempat untuk memperdalam wawasan kebijakan publik. Sekolah ini membuka beasiswa penuh untuk jenjang S2 dan PhD. Kamu juga bisa mendaftar sendiri dengan kategori self funding. Rincian beasiswa dan biaya kuliah dapat kamu cek di situs resminya, ya!

Nah, itulah 5 beasiswa khusus PNS yang dapat kamu ikuti, ya! Kalau kamu rajin googling, pasti kamu akan menemukan banyak beasiswa lainnya yang berkaitan dengan jurusan kebijakan publik. Supaya kamu mengetahui lebih jelas jurusan favorit ini, bacalah artikel anak rantau lainnya mengenai jurusan public policy, jalan menjadi ahli kebijakan.

Ingin mengetahui cerita lain di Auckland?