fbpx

Beasiswa S2 Kedokteran di Prince of Songkla University, Thailand

Thailand bisa menjadi salah satu negara tujuanmu untuk melanjutkan kuliah. Menariknya, apabila kamu ingin kuliah S2 kedokteran deangan beasiswa di Thailand, kamu bisa memanfaatkan Prince of Songkla University-Faculty of Medicine International Student Graduate Scholarship (PSU-Med ISG Scholarships). Beasiswa ini ditujukan bagi pelajar interasional yang ingin melanjutkan kuliah S2 kedokteran di Fakultas Kedokteran, PSU Thailand.

Apa saja program yang ditawarkan?

Beasiswa S2 kedokteran di Thailand
Sumber: asiaexchange.org

Prince of Songkla University merupakan universitas pertama di Thailand selatan dan berdiri sejak tahun 1967. Universitas ini memiliki empat kamus dan kampus utamanya terletak di Hat Yai.

Secara total, ada empat beasiswa yang ditawarkan, Satu beasiswa untuk satu program. Program yang ditawarkan adalah sebagai berikut:

  1. Ilmu biomedis
  2. Teknik biomedis
  3. Epidemiologi
  4. Ilmu Kesehatan

Apa saja yang bisa saya dapatkan?

Beasiswa yang satu ini termasuk sebagai beasiswa fully funded. Jadi kamu tidak perlu khawatir. Rincian hal yang bisa kamu dapatkan adalah sebagai berikut:

  1. Tunjangan bulanan sebesar 10.000 Baht untuk akomodasi dan biaya hidup.
  2. Biaya perkuliahan.
  3. Tiket perjalanan dari dan ke negara asal (tidak lebih dari 15.000 Baht).
  4. Asuransi kesehatan dan kecelakaan di Thailand sebesar USD $90

Apa saja persyaratan untuk mendaftar beasiswa ini?

Beasiswa S2 kedokteran di Thailand
Sumber: aguinternational..com

Pada dasarnya, persyaratan beasiswa ini hampir sama dengan beasiswa lainnya. Berikut informasi lengkapnya:

  1. Pelajar internasional dengan capaian akademik dan pengalaman penelitian yang baik.
  2. Pendaftar haruslah memiliki gelar sarjana (untuk pendaftar S2) dan magister (untuk pendaftar PhD). Setidaknya, jurusan yang diambil masih relevan dengan ilmu kedokteran.
  3. Pendaftar tidak mendapatkan beasiswa lainnya selama periode menerima beasiswa.
  4. Memiliki kecakapan berbahasa Inggris setidak-tidaknya 550 untuk TOEFL PBt atau 79 untuk TOEFL IBt. Kamu juga bisa menggunakan nilai IELTS dengan minimal skor 6.0.
  5. Pendaftar hanya bisa memilih satu program saja saat mendaftar.

Apa saja dokumen yang saya butuhkan?

Untuk mendaftar beasiswa S2 kedokteran di Prince of Songkla University, Thailand, kamu harus menyiapkan sejumlah dokumen. Dokumen-dokumen tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Sertifikat kecakapan berbahasa Inggris
  2. Curriculum Vitae (CV)
  3. Salinan transkrip akademis berbahasa Inggris
  4. Pernyataan personal sepanjang 800 kata
  5. Halaman pertama publikasi yang pernah dihasilkan
  6. Rencana atau deskripsi penelitian
  7. Salinan halaman paspor
  8. Sertifikasi kesehatan dalam bahasa Inggris

Bagaimana cara saya mendaftar?

Calon pendaftar harus mengumpulkan seluruh dokumen secara daring melalui https://grad.psu.ac.th/en/prospective-students/admission.html. Dokumen yang diminta harus diunggah melalui situs PSU Graduate Schoolar supaya pihak panitia dapat mempertimbangkan aplikasi beasiswamu.

Saat mendaftar, kamu harus memilih “Others” untuk Source of Funding dan mengisi “Apply for PSU-Faculty of Medicine International Student Scholarships”.

Tenggat waktu pendaftaran beasiswa ini adalah hingga akhir April mendatang. Apabila kamu ingin mengirimkan pertanyaan lebih lanjut, kamu bisa mengirimkan surel ke knarumol@medicine.psu.ac.th.

Melanjutkan kuliah kedokteran di luar negeri akan selalu memberikan perspektif baru bagimu. Jadi, akan selalu menarik untuk mendapatkan kesempatan mengeksplorasi ilmu yang satu ini.

Baca juga kisah Anggraeni Ayu Rengganis yang melanjutkan kuliah epidemiologi klinis di Chulalongkorn University, Thailand.

For Your Information

Apakah saya bisa lanjut S2 kedokteran di luar negeri?

Ada banyak sekali pilihan program kedokteran di luar negeri. Jadi, tentu saja kamu bisa lanjut kuliah S2 di luar negeri.

Apakah ada beasiswa untuk kuliah S2 kedokteran?

Prince of Songkla University, Thailand sedang membuka beasiswa S2 kedokteran untuk para pelajar internasional. Baca keterangannya di artikel yang satu ini.

Bagaimana cara saya mendaftar beasiswa S2 kedokteran?

Cari tahu jawabannya di artikel ini ya, Kawan Rantau.

Ingin mengetahui cerita lain di Hat Yai?