fbpx

Mengenal SISGP, Beasiswa S2 Fully-Funded di Swedia

Swedish Institute Scholarships for Global Professionals (SISGP) masih membuka pendaftaran hingga 20 Februari 2020. Program beasiswa yang dberikan oleh pemerintah Swedia ini dikhususkan untuk para pelajar yang menempuh jenjang S2 di Swedia. Ingin tahu lebih lanjut soal beasiswa yang satu ini? Simak informasinya berikut ini.

Apa itu SISGP?

SISGP - Beasiswa S2 Swedia
Sumber: si.se

Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, SISGP merupakan skema beasiswa S2 yang diberikan oleh Pemerintah Swedia dalam rangka mencetak pemimpin global yang mampu berkontribusi pada Agenda Pembangunan Berkelanjutan 2030. Tepatnya, beasiswa ini didanai oleh Kementerian Luar Negeri Swedia dan dikelola oleh Swedish Institute.

Universitas-universitas yang tergabung dalam skema beasiswa ini adalah sebagai berikut:

  1. Blekinge Instite of Technology
  2. Chalmers University of Technology
  3. Dalarna University
  4. Halmstad University
  5. Jonkoping University
  6. Karlstad University
  7. Karolinska Institutet
  8. Kristianstad University
  9. KTH Royal Institute of Technology
  10. Linkoping University
  11. Linnaeus University
  12. Lulea University of Technology
  13. Lund University
  14. Malmo University
  15. Mid Sweden University
  16. Malardaken University
  17. Stockholm School of Economics
  18. Stockholm University
  19. Swedish University of Agricultural Sciences
  20. Sodertorn University
  21. Umea University
  22. University of Arts, Crafts, and Design
  23. University of Boras
  24. University of Gothenburg
  25. University of Gavle
  26. University of Skovde
  27. University of West
  28. Uppsala University
  29. Orebro University

Dari ke-29 universitas tersebut, program studi yang ditawarkan sangatlah beragam. Mulai dari kedokteran, sains, teknik, maupun humaniora tersedia. Jadi, kamu bisa lebih leluasa dalam memilih jurusan yang kamu inginkan.

Apa saja yang didapatkan?

SISGP - Beasiswa S2 Swedia
Lund University. Sumber: lunduniversity,lu,se

Ada beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan apabila mendapat beasiswa yang satu ini. Tentunya, tuition fee akan langsung dibayarkan ke universitas yang kamu daftar. Kemudian, kamu juga akan mendapatkan tunjangan sebesar SEK 10,000 per bulan dan biaya transportasi sebesar SEK 15,000.

Selain mendapatkan tunjangan berupa dana, kamu juga akan otomatis mendapat keanggotaan di SI Network for Future Global Leaders (NFGL). sebuah platform untuk membantu mengembangkan jejaring kamu selama di Swedia, dan SI Alumni Network, platform serupa yang berlaku setelah kamu lulus.

Siapa yang bisa mendaftar?

Berhubung memang beasiswa ini ditujukan untuk profesional, maka persyaratan yang diajukan tidak seperti beasiswa-beasiswa lainnya. Pertama, kamu harus memiliki pengalaman kerja minimal 3,000 jam. Dengan demikian, bagi kamu yang telah mengalami pengalaman kerja akan lebih memiliki peluang dalam mendapatkan beasiswa yang satu ini.

Kedua, memiliki pengalaman kepemimpinan yang mumpuni dari pekerjaan yang kamu lakukan. Ketiga, kamu telah diterima dalam salah satu program studi yang menawarkan skema beasiswa ini.

Maka dari itu, akan ada dua tahapan seleksi yang harus kamu lewati untuk mendaftar beasiswa yang satu ini.

  1. Kamu harus telah mendaftar di salah satu program S2 yang ditawarkan melalui universityadmissions.se pada 16 Oktober 2019-15 Januari 2020. Jadi, kamu harus mempersiapkan aplikasi pendaftaran S2-mu sebaik mungkin.
  2. Selanjutnya, kamu harus mendaftar beasiswa SI pada 10-20 Februari 2020.

Beasiswa SISGP untuk jenjang S2 di Swedia ini tergolong kompetitif. Hanya ada sekitar 2-6% pedaftar yang berhasil menjadi penerima beasiswa ini. Iya, pihak Swedish Institute hanya memberikan sekitar 300 beasiswa saja per tahunnya. Jadi, kamu harus mempersiapkan aplikasmu sebaik-baiknya, Anak Rantau. Tetap, semangat, ya!

Baca juga Weidenfeld-Hoffmann Scholarship, Beasiswa untuk Orang Indonesia di Oxford University 2020


Ingin mengetahui cerita lain di Stockholm?