Beasiswa S1 atau S2 Mitsui Bussan Jepang dan Ajinomoto 2021

Jepang tiada hentinya membuka kesempatan bagi mahasiswa Indonesia untuk menuntut ilmu di negeri sakura tersebut. Awal tahun ini saja sudah ada dua beasiswa S1 atau S2 ke Jepang fully funded yang dibuka untuk masing-masing gelar, yakni Mitsui Bussan dan Ajinomoto. Konon, keduanya merupakan beasiswa untuk sang terpilih karena seleksinya yang kompetitif. Nah, supaya kamu dapat memperbesar peluang, perhatikan baik-baik dokumen yang diperlukan serta tenggat waktunya, ya!

1. Kuliah S1 di Jepang dengan Beasiswa Mitsui Bussan

Beasiswa prestisius yang satu ini cocok diikuti oleh lulusan SMA sederajat yang ingin kuliah sarjana di Jepang. Pendaftarannya telah dibuka hingga 21 Februari 2020. Beasiswa perusahaan Mitsui & Co. Ltd ini bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI). Persaingannya sangat ketat, sebab kuotanya hanya 3 orang dari seluruh dunia. Pelamar yang lolos seleksi akan menerima beasiswa penuh selama 5,5 tahun mulai Oktober 2020 hingga Maret 2026.

Cakupannya pun sangat memikat hati para pelamar untuk saling berkompetisi, yakni tunjangan biaya hidup senilai 145,000 yen (± Rp 18,2 juta) setiap bulan, tiket pesawat kelas ekonomi PP Indonesia – Jepang pada awal dan akhir masa pemberian beasiswa, tunjangan kedatangan senilai 50,000 yen (± Rp 6,2juta) yang diberikan pada saat kedatangan di Jepang, gratis biaya perkuliahan termasuk biaya pendaftaran dan biaya kursus bahasa Jepang dan akomodasi.

Bukan hanya itu, beasiswa juga sudah bisa dimanfaatkan sejak kamu sekolah bahasa Jepang selama 1,5 tahun sebelum kuliah formal. Selain itu, penerima beasiswa juga mendapatkan subsidi tempat tinggal. Pokoknya, penerima beasiswa kuliah dengan tenang tanpa kekurangan biaya.

Nah, supaya kamu semakin yakin dalam mendaftar, coba baca terlebih dahulu persyaratan umum yang wajib dipenuhi. Beasiswa ini memakai batasan usia, yakni kurang dari 20 tahun per 1 April 2020. Berarti, kamu yang kelahiran 1997-1999 sudah tidak bisa mengikuti seleksi, ya!

Kriteria Umum Beasiswa S1 Mitsui Bussan

  • Warga Negara Indonesia.
  • Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama menjalani masa penerimaan beasiswa.
  • Terbuka untuk lulusan SMA/MAN jurusan IPA atau IPS (pelamar dari SMK atau SMA/MAN jurusan Bahasa tidak dapat mendaftar beasiswa ini).
  • Untuk jurusan IPA, nilai Matematika, Fisika, Kimia dan Bahasa Inggris minimal 80. Sementara untuk jurusan IPS, nilai Matematika, Ekonomi, Geografi, dan Bahasa Inggris minimal 80. Nilai minimal tersebut dilihat pada dua semester terakhir.
  • Bersedia untuk belajar bahasa Jepang dan mendapatkan pendidikan di universitas dalam bahasa Jepang.
  • Sehat jasmani dan rohani dan tidak memiliki penyakit menular.
Sumber: Pexels

Dokumen yang perlu disiapkan

  • Satu lembar fotocopy Formulir Pendaftaran setelah mengisi data pada situs resmi (klik pranala) yang menunjukkan nomor registrasi peserta.
  • Dua lembar pasfoto terbaru dalam jangka waktu 6 bulan terakhir berukuran ukuran 4 cm x 3 cm.
  • Satu fotocopy rapor nilai dari tahun pertama, kedua, dan ketiga di SMA yang telah dilegalisir. Jika nilai semester dari semester kedua pada tingkat ketiga di SMA belum keluar, maka dapat menyertakan fotocopy nilai dari semester 1 pada tingkat ketiga
  • Satu lembar fotocopy Nilai Ujian Akhir Nasional yang telah dilegalisir (jika sudah keluar).
  • Satu lembar Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah SMA yang ditulis dalam bahasa Inggris.
  • Selain mengumpulkan data dan formulir secara online, maka pelamar juga harus mengirimkan berkas via pos dalam bentuk hardcopy ke alamat yang tertera di bawah. Tulislah nomor registrasi peserta pada sisi kanan atau kiri amplop coklat.

Alamat: PERSADA c/o Kampus Universitas Darma Persada (UNSADA) Jl. Radin Inten II (Terusan Casablanca), Pondok Kelapa, Jakarta Timur 13450, Indonesia

Kontak yang dapat dihubungi: (021) 8647373 / Facsimile: (021) 86900241

2. Lanjut Kuliah S2 dengan Beasiswa Ajinomoto

Tokyo University
Sumber: Flickr

Jika tadi beasiswa S1 ke Jepang, sekarang giliran calon magister yang unjuk keberanian melamar beasiswa fully funded Ajinomoto 2020. Beasiswa ini hanya menerima 1 Warga Negara Indonesia untuk melanjutkan studi master di Jepang. Pelamar yang lolos seleksi dapat memilih kampus ternama di Jepang mulai dari University of Tokyo, Kyoto University, Nagoya University, Tokyo Institute of Technology, Ochanomizu University, Kagawa Nutrition University atau Waseda University. Wah, benar-benar beasiswa “The Choosen One“, ya!

Beasiswa ini memakai syarat usia, yakni di bawah 35 tahun per 1 April 2020. Selain itu, pelamar juga harus menjadi 5% terbaik akademik di universitas terdahulu (IPK 3.5 atau lebih). Memang ribet, namun inilah perjuangan untuk menjadi orang hebat. Supaya tidak keteteran, beasiswa ini masih dibuka hingga 13 Maret 2020. Selain mengumpulkan dokumen via internet, kali ini peserta wajib pula mengirimkan hard copy via pos. Catat dan unduh dokumen yang dibutuhkan, ya!

Dokumen yang Dibutuhkan


1. Surat pernyataan Post Graduate Scholarship (Unduh)
2. Formulir Aplikasi (Unduh)
3. Formulir Bidang Studi dan Program Studi (Unduh)
4. Formulir Rekomendasi (Unduh)
5. Ijazah dan transkrip akademik universitas/perguruan tinggi
6. Sertifikat keahlian bahasa Jepang dan Inggris ( JPLT, EJU, atau TOEFL jika diminta oleh universitas). Informasi lengkap mengenai jurusan dapat kamu lihat di situs resmi Ajinomoto. Terdapat poster informasi rinci yang akan menjawab kegundahan peserta.

Alamat untuk mengirimkan dokumen

Public Relation Department (Up Jihad Dwidyasa)
PT. AJINOMOTO INDONESIA
Jln. Laksda Yos Sudarso No. 77-78
Sunter – Jakarta Utara 14350

Nah, itulah beasiswa S1 atau S2 Jepang untuk Sang Terpilih! Yuk, wujudkan mimpimu kuliah di luar negeri dengan terus mengembangkan diri dan kemampuan supaya donatur beasiswa semakin yakin untuk membiayai kuliahmu. Supaya lebih semangat, bacalah cerita pelamar yang lolos atau gagal seleksi agar kamu dapat memperbaiki atau menambah persiapan. Tidak ada yang tidak mungkin selama kamu berusaha dan berdoa. Selamat mencoba beasiswa S1 atau S2 Jepang, ya!

Berapa Kuota untuk Beasiswa S2 ke Jepang Ajinomoto?

Beasiswa ini hanya menerima 1 Warga Negara Indonesia untuk melanjutkan studi master di Jepang. Pelamar yang lolos seleksi dapat memilih kampus populer di Jepang.

Apakah Terdapat Batasan Usia untuk Beasiswa Mitsui Bussan atau Ajinomoto?

Ada. Kedua beasiswa ini memakai batasan usia.
Beasiswa S1 Mitsui Bussan: Kurang dari 20 tahun per 1 April 2020
Beasiswa S2 Ajinomoto : Di bawah 35 tahun per 1 April 2020

Apa Saja Dokumen yang Dibutuhkan untuk Beasiswa S2 Ajinomoto?

1. Surat pernyataan Post Graduate Scholarship
2. Formulir Aplikasi
3. Formulir Bidang Studi dan Program Studi
4. Formulir Rekomendasi
5. Ijazah dan transkrip akademik universitas/perguruan tinggi
6. Sertifikat keahlian bahasa Jepang dan Inggris ( JPLT, EJU, atau TOEFL jika diminta oleh universitas).

Semua dokumen dapat diunduh di situs resmi (website) beasiswa Ajinomoto.