Beasiswa PhD India-ASEAN Dibuka Hingga 31 Oktober 2019

Halo anak rantau, tidak terasa sudah bulan Oktober dan 2 bulan lagi menuju akhir tahun 2019. Apakah kamu sudah mencapai resolusi untuk mendapatkan beasiswa? Jika belum, maka beasiswa PhD ini wajib kamu coba untuk meraih mimpi kuliah di luar negeri. Beasiswa dari Kementrian Pengembangan Sumber Daya Manusia di India ini membuka kesempatan bagi putera-puteri terbaik negara ASEAN, khususnya Indonesia untuk mengenyam pendidikan S3 di India Institute of Technology (IITS). Bagi kamu yang memiliki minat di bidang teknik dan teknologi dan sedang incar beasiswa, simak ulasannya di bawah ini!

Sekilas tentang Beasiswa

Sumber: qrius.com

Program ini bertujuan untuk menjaga historis hubungan bilateral India dan ASEAN. Maka dari itu, pemerintah India membuka kerjasama dengan negara kawasan ASEAN dalam hal pendidikan di institusi teknik dan teknologi terbaik di India, yaitu IITS. Institusi tersebut siap menyambut 1000 mahasiswa internasional dari ASEAN untuk menerima beasiswa penuh PhD ini. Kesempatan langka ini menawarkan fasilitas berupa biaya hidup dan pembelajaran selama 5 tahun di India kepada pelamar yang lolos seleksi. Para penerima beasiswa akan menerima biaya hidup per bulan sebesar INR 31,000/- di 2 tahun pertama dan INR 35,000/- di tahun ke 3 hingga ke 5. Enak banget, kan kuliah tanpa beban? Selain itu, biaya hidup di India tergolong murah atau hampir sama seperti tinggal di Jakarta.

Sumber: media.glassdoor.com

Selain uang jajan, Pemerintah India juga memberikan dana riset sebesar INR 170,000/- dan biaya tersebut dapat mencukupi segala kebutuhan penelitianmu, seperti perjalanan, buku, dan urusan darurat. Tidak hanya itu, beasiswa ini juga menanggung 24% dari total uang saku bulanan untuk tunjangan sewa rumah jika mahasiswa tidak kebagian asrama kampus. Yakin masih mau menunda dan menolak kesempatan berharga ini? Supaya lolos seleksi, perhatikan dengan seksama ulasan syarat pendaftaran, ya!

Syarat Pendaftaran

The Taj Mahal

Pelamar melakukan pendaftaran secara online melalui situs resmi ASEAN IITD. Secara sekilas, beasiswa ini tidak memiliki syarat spesifik, hanya saja proses penerimaan memakan cukup banyak waktu. Beasiswa ini dibuka hingga 31 Oktober 2019 waktu India. Maka dari itu, mulai cicil dokumen yang harus diunggah supaya tidak terlalu dekat dengan tenggat waktu. Jangan lupa untuk selalu memantau situs resmi untuk informasi tahap-tahap yang lain.

Nah, itulah informasi mengenai beasiswa kuliah di India untuk jenjang PhD dan S3. Belajar di luar negeri untuk setiap jenjang bukanlah hal mustahil untuk saat ini. Beragam beasiswa disebar untuk memfasilitasi kamu yang memiliki mimpi berpetualang dan tinggal di negara lain. Teruslah membuka pintu dan jangan berhenti berjuang. Nantikan informasi beasiswa lainnya di website anak rantau, ya! Semoga berhasil!