fbpx

Beasiswa PhD di Singapura dengan Singapore International Graduate Award (SINGA)

Singapore International Graduate Award (SINGA) merupakan hasil kerja sama antara Agency for Science, Technology & Research (A*Star), Nanyang Technological University (NTU), National University of Singapore (NUS), dan Singapore University of Technology and Design (SUTD).

Melalui SINGA, kamu berhak untuk mendapatkan pelatihan PhD di laboratorium yang telah ditentukan. Tenang saja, Kawan Rantau. Pelatihan tersebut akan disampaikan menggunakan bahasa Inggris dan kamu akan diawasi langsung oleh para peneliti terkemuka di laboratorium tersebut.

Tentang Singapore International Graduate Award

Beasiswa PhD di Singapura dengan Singapore International Graduate Award (SINGA)
Sumber: http://www.ntu.edu.sg

Pada dasarnya, Singapura merupakan gerbang terdepan bagi pertumbuhan tercepat dari perekonomian di Kawasan Asia-Pasifik. Melalui SINGA, kamu bisa menempuh pendidikan PhD kamu di Singapura bersama dengan membangun jejaring secara global.

Selain itu, dengan menjadi bagian dari SINGA, maka kamu akan tergabung ke dalam komunitas pelajar internasional yang beragam. Kemudian, kamu juga akan mendapatkan pengalaman untuk bekerja di lingkungan yang multikultur dan dibawahi langsung oleh para peneliti terkemuka.

Apa saja program yang bisa saya daftar?

Untuk kali ini, program PhD yang didukung melalui skema beasiswa ini cukup terbatas. Setidaknya, hanya ada dua kategori yang dikedepankan, yakni:

  1. Ilmu biomedis
  2. Ilmu fisik dan teknik

Siapa yang bisa mendaftar?

Berikut merupakan sejumlah persyaratan yang harus kamu penuhi untuk bisa mendaftar beasiswa SINGA:

  1. Merupakan pelajar internasional yang memiliki minat terhadap pencapaian akademis dan penelitian yang baik.
  2. Memiliki kemampuan berbahasa Inggris baik secara lisan maupun tulisan
  3. Memiliki pencapaian akademis yang baik dan dibuktikan dari rekomendasi

Selain persyaratan di atas, ada juga persyaratan tambahan yang ditentukan oleh A*STAR. Jadi, jangan lupa untuk mengecek situs resmi mereka sebelum mendaftar.

Apa saja yang bisa saya dapatkan?

Beasiswa PhD di Singapura dengan Singapore International Graduate Award (SINGA)
Sumber: tnp.sg

Pada dasarnya, beasiswa ini akan memberikan dukungan lengkap bagimu selama empat tahun menjalani studi PhD di Singapura. Berikut merupakan sejumlah rincian manfaat yang bisa kamu dapatkan:

  1. Pembebasan biaya perkuliahan
  2. Tunjangan bulanan sebesar S$2.000 dan dapat bertambah menjadi $2.500 setelah melewati Qualifying Examination.
  3. Tunjangan transportasi sebesar S$1.500
  4. Tunjangan settling-in sebesar S$1.000

Untuk bisa mendaftar beasiswa ini, maka kamu harus mengumpulkan borang pendaftaran daring yang disertai dokumen yang dibutuhkan seperti ijazah dan transkrip nilai. Kamu bisa langsung mendaftarkan diri melalui tautan berikut ini.

Tenggat waktu pendaftaran sendiri untuk bulan masuk Agustus 2021 jatuh pada 1 Januari 2021 pukul 23.59 GMT+8 waktu SIngapura. 

Beasiswa satu ini cukup kompetitif. Jadi, hanya akan ada beberapa orang saja yang bisa lulus ke tahap selanjutnya.

Baca juga daftar lengkap beasiswa pilihan untuk kuliah di Singapura.

For Your Information

Apa itu SINGA?

Singapore International Graduate Award (SINGA) merupakan hasil kerja sama antara Agency for Science, Technology & Research (A*Star), Nanyang Technological University (NTU), National University of Singapore (NUS), dan Singapore University of Technology and Design (SUTD) berbentuk beasiswa PhD bagi pelajar internasional.

Siapa yang bisa mendaftar SINGA?

Para pelajar internasional yang memiliki ketertarikan terhadap penelitian dan studi bidang ilmu biomedis dan ilmu fisik dan teknik.

Bagaimana cara mendaftar SINGA?

Baca artikel ini dan temukan jawabannya.

Ingin mengetahui cerita lain di Singapore?