fbpx

Beasiswa Pelatihan Guru Ke Luar Negeri. Ikutan, Yuk!

Profesi guru merupakan pekerjaan sulit karena dituntut untuk menjadi teladan bagi anak-anak titipan orang tua. Guru merupakan pekerjaan yang membutuhkan kecerdasan logika, interpersonal, dan emosional untuk membimbing bibit bangsa menjadi orang yang berbudi baik. Demi pengembangan diri guru, maka tidak ada salahnya mengikuti pelatihan hingga ke luar negeri. Terdapat beberapa beasiswa pelatihan guru yang disediakan oleh lembaga prestisius. Apa sajakah?

Program Teacher Training Manbukagakusho

Sumber: Pexels

Monbukagakusho/MEXT membuka program yang ditujukan untuk para guru demi meningkatkan kualitas pengajaran sesuai bidangnya. Program ini biasa dibuka di akhir tahun hingga awal tahun, sekitar Desember hingga Januari. Pelamar yang terpilih akan menjalani pelatihan non gelar dengan durasi belajar 1 tahun 6 bulan.

Beasiswa pelatihan guru ini dibuka untuk lulusan minimal D4 atau S1 serta aktif dan memiliki pengalaman mengajar minimal 5 tahun. Pelamar juga harus melihat batasan usia ketika melamar beasiswa ini, yaitu maksimal 34 tahun. Setelah menyelesaikan pelatihan, alumnus harus melanjutkan kariernya sebagai guru.

Beasiswa penuh ini mencakup beragam fasilitas, seperti penanggungan biaya kuliah, tunjangan hidup sebesar kurang lebih ¥143.000/ bulan atau sekitar Rp 19.313.569,40. Lalu, donatur juga menyediakan satu tiket pesawat pergi-pulang Indonesia-Jepang, bebas biaya pembuatan visa pelajar, dan biaya tunjangan asrama. Jika universitas tidak menyediakan asrama, maka mahasiswa akan dibantu untuk mendapatkan tempat tinggal.

Sumber resmi: Kedutaan Besar Jepang Program Teacher Training 2020 (Program non-gelar)

Beasiswa Pelatihan Guru Fulbright Distinguished

Sumber: Pexels

Fullbright juga membuka program pelatihan guru ke Amerika, loh! Program tersebut ditujukan untuk para pengajar di tingkat sekolah dasar hingga menengah atas di negara-negara yang membuka hubungan diplomasi dengan beasiswa ini, termasuk Indonesia. Beasiswa pelatihan guru ini biasa dibuka saat awal tahun hingga Maret.

Cakupan beasiswa ini sangat menarik, seperti visa J-1 orientasi sebelum keberangkatan diadakan di negara asal peserta, tiket pesawat pulang pergi ke dan di AS, biaya program akademik, dan lainnya hingga 1 tahun masa pelatihan. Kapan lagi pengembangan diri sambil jalan-jalan?

Beasiswa ini wajib menyertakan TOEFL ITP minimal skor 500 atau TOEFL iBT minimal 60/61 atau IELTS. Pelamar dapat melampirkan dokumen dengan memilih salah satu dari dua cara, yaitu via pos atau daring. Supaya tidak kelewatan informasi, langsung lihat ke situs resminya, ya!

Sumber resmi: Fulbright Distinguished Awards in Teaching Program for International Teachers (Fulbright DAI)

Indonesia-Korean Teacher Exchange

Program pelatihan guru ini merupakan kesmepatan yang diberikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Indonesia untuk menambah wawasan di dunia pendidikan. Beasiswa ini biasa dibuka saat awal tahun hingga Maret. Akan tetapi, adanya pandemi Covid-19 membuat Anda yang berminat harus rajin mencari informasi beasiswa tahunan ini secara mandiri

Program ini ditujukan bagi guru yang telah memiliki pengalaman minimal 5 tahun untuk mengajar di sekolah-sekolah Korea Selatan selama 3 bulan. Nantinya, guru-guru Korea Selatan juga akan mengajar di Indonesia dengan durasi yang sama. Kesempatan yang bagus, ya!

Itulah informasi mengenai pelatihan guru ke luar negeri. Teruslah kembangkan dan asah kemampuan berpikir dan kecerdasan lainnya demi pendidikan Indonesia yang lebih baik lagi. Tut wuri handayani!

Jangan lupa bagikan informasi ini ke temanmu!

For Your Information

Apa itu beasiswa pelatihan guru?

Beasiswa pelatihan guru merupakan program untuk para tenaga pendidik di Indonesia untuk mengembangkan kemampuan dan karier menjadi pendidik yang lebih baik. Demi pengembangan diri guru, maka tidak ada salahnya mengikuti pelatihan hingga ke luar negeri.

Apakah beasiswa pelatihan guru bergelar?

Pelatihan ini bersifat pengembangan diri, sehingga seringkali alumnus program ini tidak bergelar.

Kapan program pelatihan guru Monbukagakusho dibuka?

Monbukagakusho/MEXT membuka program yang ditujukan untuk para guru demi meningkatkan kualitas pengajaran sesuai bidangnya. Program ini biasa dibuka di akhir tahun hingga awal tahun, sekitar Desember hingga Januari.

Ingin mengetahui cerita lain di Busan?