fbpx

Bersama Beasiswa OKP-Belanda Siap Meningkatkan Karirmu!

Kesempatan untuk melanjutkan studi ke luar negeri adalah milik semua kalangan. Termasuk kamu, kaum professional yang tengah bekerja di sebuah perusahaan dan ingin mengasah kemampuan di bidang tertentu, salah satunya dengan memanfaatkan peluang untuk mendapatkan beasiswa OKP.

Sumber: Jalan Jalan Travel

Orange Knowledge Programme

Atau yang biasa disebut OKP merupakan program lima tahun (2017-2022) yang ditujukan kepada kaum professional karir menengah di 53 negara berkembang-non Eropa-, termasuk Indonesia yang dikelola oleh Kementrian Luar Negeri Belanda bersama Nucffic. OKP menawarkan dua pilihan beasiswa bagi pelamar yaitu kursus singkat dengan durasi 2 minggu hingga 12 bulan dan program S2 dengan durasi 12 hingga 24 bulan.

Sumber: Youth Opportunities

Perbedaan OKP

Setiap negara memiliki prioritas program OKP yang berbeda-besa. Seperti halnya Indonesia, prioritasnya adalah Keamanan dan Penegakan Hukum, Keamanan Pangan dan Nutrisi, serta Sumber Daya Air.

Berbeda dengan beasiswa lainnya, pelamar tidak mendaftar melalui aplikasi di website. Melainkan memilih dan mendaftarkan diri pada salah satu institusi pendidikan di Belanda yang bekerjasama dengan OKP. Institusi inilah yang nantinya akan memberikan nominasi kepada pelamar terpilih dan menyerahkannya kepada pihak kedutaan yang selanjutnya akan memeriksa dan menguji kelayakan aplikasi hingga keputusan untuk publikasi pelamar terpilih. Dilansir dari channel youtube Kaldera News, ada beberapa hal yang kamu persiapkan agar bisa bergabung di OKP ini. Yuk, kita bahas!

Sumber: Evers + Manders
  1. LoA (Letter of Acceptance) dari universitas yang dituju. LoA adalah surat keputusan yang berisi bahwa kamu diterima di universitas pilihan tersebut merupakan salah satu hal penting untuk bisa mengikuti program beasiswa ini. Dalam proses seleksi, kamu harus menjawab beberapa pertanyan dengan singkat dan jelas serta memiliki concern yang sama dengan OKP. Menjelaskan apa yang akan kamu pelajari dan implementasi terhadap organisasi atau perusahaan tempat kamu bekerja.
  2. Letter of Statement dari organisasi atau tempat kerja. Letter of Statement merupakan surat izin yang berisi bahwa organisasi atau perusahaan mengizinkan kamu untuk melanjutkan studi di institusi tersebut. Karena nantinya setelah selesai program ini kamu harus kembali ke negara asal. Perusahaan biasanya akan make sure kepada kamu tentang apa kontribusi yang akan kamu berikan setelah OKP ini selesai. Dua bulan, enam bulan, hingga jangka waktu satu tahun progress kerja kamu akan dipantau.
Sumber: INDBeasiswa

Selain itu, nilai dan prestasi kamu pada jenjang pendidikan sebelumnya juga akan diperhitungkan. Beasiswa OKP tidak hanya mencakup biaya pendidikan tetapi juga biaya perjalanan, biaya visa, asuransi kesehatan, dan biaya tempat tinggal. Kamu tinggal belajar dengan bersungguh-sungguh. Pada akhirnya, melalui program ini diharapkan dapat menyediakan banyak kemungkinan untuk mengubah masa depan melalui pendidikan dan pelatihan pada pertengahan 2022. Subscribe mailing list kita untuk mendapatkan segala sumber informasi untuk belajar dan tinggal di luar negeri.