fbpx

Beasiswa Mext S1, D3 dan D2, Kuliah Gratis ke Jepang

Beasiswa terkemuka dari Jepang yaitu Monbukagakusho atau MEXT sudah dibuka! Beasiswa dari pemerintah Jepang ini merupakan beasiswa yang diadakan tahunan oleh Kedutaan Besar Jepang di Indonesia. Cakupan beasiswanya sangat menjanjikan, yakni biaya studi dan biaya hidup. Selain itu, pelamar yang lolos seleksi bebas ikatan dinas.

Beasiswa MEXT untuk jenjang D2, D3 dan S1 sudah dibuka sejak 15 Juni 2020. Pelaksanannya dibagi menjadi dua gelombang, yakni tahap 1 yang dibuka pada 15 Juni – 29 Juni 2020, lalu tahap 2 yang diadakan pada 1 Juli hingga 15 Juli 2020. Kesempatan tersebut ditujukan untuk lulusan SMA dengan memilih salah satu dari tiga program untuk mengikuti seleksi.

1. Program Undergraduate (GAKUBU) 2021

WASEDA University, Tokyo

Jika tertarik untuk sekolah sarjana, maka program undergraduate patut kamu coba. Program ini dibuka untuk lulusan sekolah formal tingkat SMA dan sederajat dengan masa belajar 5 tahun. Khusus mahasiswa kedokteran, maka total masa belajar yakni 7 tahun.

Sebelum kuliah formal di kampus tujuan, penerima beasiswa bidang studi IPS akan belajar seperti bahasa Jepang, Matematika, Bahasa Inggris, dan Ilmu Sosial. Bagi anak IPA, maka akan belajar Bahasa Jepang, Fisika, Kimia, dan Biologi. Seluruh penerima beasiswa akan belajar pengantar selama 1 tahun.

Persyaratan Pelamar Program Undergraduate (S1)

  • Lulusan sekolah formal tingkat SMA dan sederajat
  • Usia maksimal 24 tahun pada tanggal 1 April 2021 (Pelamar yang lahir pada atau setelah 2 April 1996)
  • Bagi peserta yang memilih bidang studi kategori IPA, nilai total rata-rata rapor seluruh semester (dari semester 1 kelas X hingga semester 2 kelas XII) adalah minimal 84 untuk mata pelajaran Matematika, Bahasa Inggris, dan Fisika/ Kimia/ Biologi/ Kejuruan (pilih salah satu). Pelamar tidak bisa mendaftar apabila rata-rata kurang dari 84, meskipun memiliki sertifikat JLPT
  • Bagi peserta yang memilih bidang studi kategori IPS, nilai total rata-rata rapor seluruh semester (dari semester 1 kelas X hingga semester 2 kelas XII) adalah minimal 84 untuk mata pelajaran Matematika, Bahasa Inggris, dan Ekonomi/ Akuntansi/ Bahasa Jepang (pilih salah satu). Pelamar tidak bisa mendaftar apabila rata-rata kurang dari 84, meskipun memiliki sertifikat JLPT
  • Bagi pelamar yang memiliki nilai EJU mata pelajaran apapun akan menjadi poin tambahan
  • Bagi pelamar yang memiliki salah satu kondisi/ situasi khusus, lalu tidak dapat mendaftar beasiswa program ini, maka baca dan cermati ketentuannya di tautan berikut (PDF)

Ketentuan dokumen Program Undergraduate dapat dilihat melalui situs resmi Kedutaan Besar Jepang di Indonesia.

2. Program College of Technology (KOSEN) 2021

Tokyo University
Sumber: Pexels

Beasiswa MEXT juga membuka program Koto Senmon Gakko yang ditawarkan untuk lulusan SMK, SMA, dan sederajat yang minat studi teknik. Masa belajarnya selama 5 tahun dengan pembagian waktu 1 tahun kelas bahasa Jepang dan 4 tahun kuliah teknik. Bagi mahasiswa yang memilih bidang studi maritime engineering, total masa belajar yakni 4,5 tahun.

Program ini memiliki penyetaraan bobot kuliah D3, apabila ingin melanjutkan ke jenjang sarjana, maka penerima beasiswa Manbukagusho akan masuk sebagai mahasiswa tahun ketiga. Periode penerimaan beasiswa dapat diperpanjang tergantung dari prestasi selama di pelatihan dan hasil seleksi.

Program ini bekerja sama dengan 51 universitas teknologi di Jepang, baik swasta maupun negeri.

Persyaratan Pelamar Program KOSEN (D3)

  • Lulusan sekolah formal tingkat SMK, SMA dan sederajat jurusan IPA
  • Usia maksimal 24 tahun pada tanggal 1 April 2021 (Pelamar yang lahir pada atau setelah 2 April 1996)
  • Nilai total rata-rata rapor seluruh semester (dari semester 1 kelas X hingga semester 2 kelas XII) minimal 80 untuk mata pelajaran Matematika, Bahasa Inggris, dan Fisika/Kimia/Biologi/Kejuruan (pilih salah satu)
  • Bagi pelamar yang memiliki nilai EJU mata pelajaran apapun akan menjadi poin tambahan
  • Bagi pelamar yang memiliki salah satu kondisi/ situasi khusus, lalu tidak dapat mendaftar beasiswa program ini, maka baca dan cermati ketentuannya di tautan berikut (PDF)

Ketentuan dokumen Program KOSEN dapat dilihat melalui situs resmi Kedutaan Besar Jepang di Indonesia.

3. Program Specialized Training College (Senshu) 2021

Sumber: Pexels

Sadar akan kebutuhan untuk mengembangkan keahlian, pemerintah Jepang membuka program pendidikan ke Specialized Training College untuk lulusan SMK, SMA dan sederajat. Jenjang ini setara dengan D2. Penerima beasiswa akan belajar di Jepang selama 3 tahun dengan pembagian kelas bahasa Jepang selama setahun dan kuliah formal selama 2 tahun.

Terdapat 8 jurusan yang dapat pelamar pilih, yaitu perawatan medis (medical care), teknologi, budaya dan pendidikan umum, bisnis, pendidikan dan kesejahteraan sosial, pertanian, ilmu kesehatan (hygiene), fashion and home economics.

Uniknya, mahasiswa dapat melanjutkan pendidikannya ke jenjang sarjana dengan keahlian yang selintas setelah lulus dari Senshu. Periode penerimaan beasiswa juga dapat diperpanjang tergantung dari prestasi selama di pelatihan dan hasil seleksi.

Persyaratan Pelamar Program Senshu (D2)

  • Lulusan sekolah formal tingkat SMA/K dan sederajat (semua jurusan).
  • Usia maksimal 24 tahun pada tanggal 1 April 2021 (Pelamar yang lahir pada atau setelah 2 April 1996)
  • Nilai total rata-rata rapor seluruh semester (dari semester 1 kelas X hingga semester 2 kelas XII) minimal 80 untuk mata pelajaran
    Matematika, Bahasa Inggris, dan Bahasa Jepang (bila ada)
  • Apabila nilai rata-rata mata pelajaran kurang dari 80, pelamar tetap bisa mendaftar dengan mencantumkan sertifikat kelulusan Japanese Language Proficiency Test (JLPT) minimal level N4.
  • Bagi pelamar yang memiliki nilai EJU akan menjadi poin tambahan.
  • Bagi pelamar yang memiliki salah satu kondisi/ situasi khusus, lalu tidak dapat mendaftar beasiswa program ini, maka baca dan cermati ketentuannya di tautan berikut (PDF)

Ketentuan dokumen Program Senshu dapat dilihat melalui situs resmi Kedutaan Besar Jepang di Indonesia.

Fasilitas Beasiswa MEXT

Sumber: Pexels

Cita-cita lolos beasiswa ini merupakan hal yang diiginkan banyak calon mahasiswa di Indonesia. Hal tersebut disebabkan karena beasiswa MEXT merupakan beasiswa dengan fasilitas prestisius. Inilah yang akan kamu dapatkan ketika lolos seleksi beasiswa:

  1. Tunjangan hidup sebesar kurang lebih ¥117.000/bulan
  2. Biaya kuliah ditanggung sepenuhnya (termasuk biaya sekolah persiapan)
  3. Bebas biaya pengurusan visa pelajar
  4. Tanpa ikatan dinas
  5. Tiket pesawat pergi pulang Indonesia – Jepang

Jadwal Seleksi Beasiswa MEXT

Beasiswa MEXT sempat mengalami kemunduran jadwal karena situasi dan kondisi pandemi Covid-19. Berikut jadwal terbaru seleksi beasiswa MEXT 2020-2021:

1Masa PendaftaranTahap I: 15 – 29 Juni 2020
Bagi pelamar lulusan tahun 2019 dan tahun sebelumnya (tidak untuk lulusan tahun 2020).

Tahap II: 1 – 15 Juli 2020
Bagi pelamar lulusan tahun 2020 saja (tidak untuk lulusan tahun 2019 dan tahun sebelumnya).
2Pengumuman Hasil Seleksi Dokumen12 Agustus 2020
3Ujian Tulis Akhir Agustus 2020*
4Pengumuman Hasil Ujian TulisPertengahan September 2020*
5Ujian WawancaraAkhir September 2020*
6Pengumuman Hasil Ujian Wawancara Awal Oktober 2020*
7Pengumuman Final dari MEXTJanuari 2021*
8Berangkat ke JepangAwal April 2021*

Perlu diperhatikan bahwa jadwal pelaksanaan seleksi dapat berubah sewaktu-waktu, bahkan bisa saja dibatalkan jika situasi pandemi Covid-19 di Indonesia di luar kendali. Jika ingin lolos, maka jangan nongkrong dulu, ya! Gunakan waktu di rumah untuk menyusun rencana belajar sambil berdoa.

Itulah informasi sekilas mengenai Beasiswa MEXT 2020. Perjuangan mendapatkan tempat kuliah di saat pandemi Covid-19 sangat tidak mudah. Mintalah bimbingan kepada yang lebih ahli jika kamu kesulitan menyusun dokumen seleksi beasiswa. Semoga berhasil!

For Your Information

Apa itu beasiswa MEXT?

Beasiswa dari pemerintah Jepang ini merupakan beasiswa yang diadakan tahunan oleh Kedutaan Besar Jepang di Indonesia. Cakupan beasiswanya sangat menjanjikan, yakni biaya studi dan biaya hidup. Selain itu, pelamar yang lolos seleksi bebas ikatan dinas.

Apa saja program beasiswa Mext untuk D2,D3 dan S1?

1. Program Specialized Training College (Senshu) setingkat D2
2. Program College of Technology (KOSEN) setingkat D3
3. Undergraduate Program (S1)

Apakah jenajng D2 & D3 di beasiswa MEXT bisa alih jenjang S1?

Setelah lulus dari program, mahasiswa dapat meneruskan ke jenjang S1 dengan persyaratan tertentu.

Ingin mengetahui cerita lain di Fukuoka?