fbpx

Beasiswa Meteorologi dengan Chinese Government Scholarship-WMO Program

Chinese Government Scholarship merupakan skema beasiswa yang diberikan oleh pemerintah China. Beasiswa ini berbentuk beasiswa penuh waktu yang diperuntukkan bagi pelajar S1, S2 maupun S3. Kali ini, kami akan membahas mengenai Chinese Government Scholarship-WMO Program, skema beasiswa penuh waktu bagi yang ingin melanjutkan studi meteorologi.

Penasaran lebih lanjut dengan beasiswa ini? Baca lebih lanjut pembahasan kami berikut ini:

Tentang Chinese Government Scholarship-WMO Program

Chinese Government-WMo Scholarship Program
Nanjing University of Science and Technology. Sumber: faithoverseasbd.com

Pada dasarnya, WMO Program merupakan beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Perekonomian China untuk World Meteorological Organization. Tentunya, beasiswa ini ditujukan bagi pelajar internasional yang tertarik melanjutkan studi serta membuat penelitian di bidang meteorologi di China.

Sama seperti Chinese Government Scholarship lainnya, beasiswa ini diberikan untuk para pelajar sarjana, magister, maupun doktoral. Salah satu persyaratan utama untuk mendaftar beasiswa ini adalah, kamu harus mengambil program studi dengan Bahasa Mandarin sebagai pengantar untuk jenjang sarjana. Apabila kamu belum memenuhi syarat kecakapan berbahasa tersebut, maka kamu disilakan untuk mengambil kursus bahasa selama satu tahun.

Sedangkan, untuk jenjang pascasarjana, kamu disilakan untuk mengambil program studi berbahasa Inggris.

Apa program yang bisa saya daftar?

Untuk skema beasiswa ini, program yang tersedia terbatas untuk jurusan meteorologi, hidrologi, dan manajemen dan pengawasan sumber daya air. Kemudian, universitas yang ditunjuk untuk menjalankan program ini hanya terbatas di Nanjing University of Information Science and Technology dan Hohai University.

Apa saja yang bisa saya dapatkan?

Ketika kamu menjadi penerima beasiswa ini, maka kamu berhak mendapatkan pembebasan biaya perkuliahan (tidak keseluruhan), akomodasi, biaya hidup, serta asuransi kesehatan. Informasi lainnya dapat kamu baca langsung di situs CGS.

Siapa yang berhak mendaftar?

Chinese Government-WMo Scholarship Program
Hohai University. Sumber: hhu.admissions.cn

Berhubung beasiswa ini ditujukan bagi pelajar internasional, maka kamu haruslah memiliki kewarganegaraan non China dan berada dalam keadaan sehat.

Lalu, terdapat persyaratan umur maksimal untuk masing-masing jenjang:

  1. 25 tahun untuk program sarjana
  2. 35 tahun untuk program magister
  3. 40 tahun untuk program doktoral

Bagaimana cara mendaftar?

Berikut merupakan langkah-langkah pendaftaran yang dapat kamu ikuti:

  1. Mendaftarkan diri melalui sekretariat WMO
  2. Mendaftar di universitas tujuan untuk mendapatkan pre-admission letter
  3. Melengkapi prosedur pendaftaran daring di CGS Information Management System for International Student
  4. Serahkan seluruh dokumen pendaftaran ke sekretariat WMO sebelum masa pendaftaran berakhir.

Periode pendaftaran ini dibuka mulai pertengahan November 2020 dan ditutup pada Februari 2021. Dengan demikian, kamu masih bisa mempertimbangkan kemungkinan kamu untuk mendaftar beasiswa ini.

Demikianlah pembahasan kami mengenai Chinese Government Scholarship-WMO Program, beasiswa untuk studi meteorologi. Beasiswa ini hanyalah salah satu skema beasiswa yang bisa kamu manfaatkan untuk kuliah di China. Menarik, bukan?

Baca juga panduan lengkap kuliah di China, mulai dari biaya hidup hingga beasiswa.

For Your Information

Apa itu Chinese Government Scholarship?

Chinese Government Scholarship merupakan skema beasiswa yang diberikan oleh pemerintah China. Beasiswa ini berbentuk beasiswa penuh waktu yang diperuntukkan bagi pelajar S1, S2 maupun S3.

Apa itu Chinese Government Scholarship-WMO Program?

Pada dasarnya, WMO Program merupakan beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Perekonomian China untuk World Meteorological Organization. Tentunya, beasiswa ini ditujukan bagi pelajar internasional yang tertarik melanjutkan studi serta membuat penelitian di bidang meteorologi di China.

Bagaimana cara mendaftar Chinese Government Scholarship-WMO Program?

Baca artikel ini untuk tahu jawaban lengkapnya.

Ingin mengetahui cerita lain di Nanjing?